.

 

Benarkah Oli Mesin itu Cocok-Cocokan?

olicocok-00

Artikel ini berlaku untuk mesin mobil dan motor.

Sudah menjadi suatu hal yang sering ditanyakan pada forum diskusi (milis) berbagai klub mobil atau motor tentang oli merek dan tipe apa yang bagus untuk mesin kita?
Untuk mobil keluaran baru mungkin tidak masalah untuk menentukan oli yang akan kita pakai, hasilnya bisa dapat dikatakan sama dengan mobil teman kita yang menggunakan oli yang sama.

Lantas bagaimana dengan mobil bekas yang umur pakainya sudah lebih dari lima tahun? Tentunya tidak akan sama hasilnya, walaupun jenis mobil dan merek olienya sama persis.

Mengapa demikian?
Sejarah pemakaian oli apa saja yang dimasukkan ke mesin mobil (bekas) tentunya tidaklah sama. Bisa jadi beragam jenis dan merek oli telah digunakan untuk melumasi komponen-komponen mesin tersebut. Karakteristik tiap jenis dan merek oli berbeda sesuai dengan komposisi kimia didalamnya. Perbedaan karateristik inilah yang sedikit banyak berpengaruh pada proses keausan komponen mesin. Akibatnya tiap jenis oli menimbulkan tingkat keausan yang berbeda-beda untuk akumulasi waktu yang cukup lama. Inilah yang membuat kondisi keausan komponen setiap mesin akan berbeda-beda.
Sebagai contoh, Mitsubishi Eterna keluaran 1993 milik si A, akan berbeda kondisi mesinnya dengan mobil yang sama model dan tahun keluarannya milik si B.

Konsekuensi dari keausan komponen mesin adalah pada pemilihan oli yang tepat untuk mesin tersebut. Nah, disinilah yang menjadi tantangan untuk merawat mesin mobil/motor kita dengan tepat.
Untuk pemilik mobil/motor lama, mau tidak mau perlu mencoba-coba oli dari berbagai jenis dan merek untuk mesin mobil/motor kita sampai didapat jenis dan merek yang tepat.
Jadi kita tidak bisa mendengarkan begitu saja pendapat teman yang merekomendasi oli tertentu untuk mobil/motor kita karena toh kondisi mesin kita pastinya berbeda dengan mesin teman kita.

Contoh kasus:
Mitsubishi Eterna DOHC 1993 milik si A memakai oli merek XXX jenis 10w40 dan si A merasakan mesinnya bekerja baik, halus dan responsif, sementara ketika mobil yang sama milik si B diisi oli yang sama malah berbunyi tik-tik-tik-tik yang berasal dari bunyi HLA (Hydraulic Lash Adjuster) dan Rocker-Arm.
Disini menunjukkan tingkat keausan pada komponen HLA dan Rocker-Arm pada mobil si B lebih tinggi ketimbang mobil si A walaupun jenis dan tahun keluarannya sama.

TIPS:
Ketika kita baru membeli mobil bekas yang cukup berumur (5 tahun lebih), yang perlu kita lakukan berkaitan dengan oli (oil) adalah:
1. Engine Oil Flush: Menguras oli dan kotoran-kotoran di dalam mesin dengan cairan khusus (Engine Flush) sebelum mengganti oli.
2. Ganti Filter Oli: Gantilah filter oli dengan filter oli yang orisinil.
3. Ganti Oli: Pilihlah oli yang baik.
4. Transmission Oil Flush: Kuras dan ganti dengan oli transmisi baru yang disarankan pabrik.
5. Powersteering Oil Flush: Kuras dan ganti oli powersteering (misalnya: Dextron III, dst)
6. Brake Oil Flush: Kuras dan ganti oli rem (misalnya: DOT3 atau DOT4)
7. Transmission Clutch Oil Flush: Kuras dan ganti oli kopling (misalnya: DOT3 atau DOT 4).

INFO:
Indikator umum jika oli cocok dengan mesin kita adalah:
1. Suara mesin yang halus
2. Putaran mesin yang ringan dan responsif
3. Suhu mesin stabil
4. Penguapan oli yang minim

Catatan:
Artikel ini pernah dimuat di Majalah Autobild edisi 24 September – 7 Oktober 2005
ditulis oleh F Saftari

159 Responses to Benarkah Oli Mesin itu Cocok-Cocokan?

  1. user says:

    belum ada badan independent yang berani kasih ulasan test oli mesin mobil secara fair dan terbuka untuk merk2 yang ada dipasaran Indonesia.
    karena informasi produk dikemasan tidak jelas dicantumkan selayaknya produk susu/makanan.
    sehingga konsumen dapat membandingkan secara langsung berdasarkan data label gk cuma termakan kemasan dan embel2 bahasa marketing aja.

  2. ciptoo says:

    Saya mau ganti oli suzuki carry 1990 , berapa literkah ukuran yang tepat ?

  3. salam sukses..

    siip om..sebagai pengetahuan buat saya tentang ini…makasih banyak om

    salam sukses

  4. Gani says:

    Om Saft, salam kenal…

    Terkait engine oil flush, saya pernah dapat info bahwa harus hati2 kalau mau melakukan engin oil flush terutama pada mobil tahun tua, karena dikhawatirkan bahan kimia dari flush tersebut dapat melumerkan karet2 gasket di mesin.
    Gimana menurut om Saft?

  5. meitolo hulu says:

    hallo mas..
    numpang tanya nih..
    mobil saya BMW 320i th 95, adjusternya itu bunnyi selama ini saya pake oli FASTRON 10w40. lalu ada teman nyaranin pake yg 20w50, dan ada juga yang bilang biar mesinnya enteng pake yg 5w40.
    saya jadi bingung jadinya bagusnya apa ya mas?

    thanks

    mei,

  6. wanto says:

    kang saft aku mao nanya mobilku opel optima th 1997 kira2 oli mesin yg cocok sae nya berapa.

  7. yono says:

    ikut gabung..mobil saya suzuki sidekick tahun 2000 selama ini saya pakai Prima XP 20w-50, untuk lebih bagus lg pakai oli apa ya…? untuk oli XP agak terdengar suara kemricik sedikit…..terimakasih

  8. fitra says:

    sore kang, saya baru ne…saya cuma mau pencerahan dikit
    saya punya mbil twin cam 1990, kira2 oli yag co2k untk engine thun1990 apa,,karena saya skrg ne pake total,,,mohon pencerahannya kang

  9. azis says:

    Tidak rugi kalau jalan-jalan ke situs ini, selalu nambah ilmu. Thanks

  10. slash says:

    Gabung yah… Saya mau tanya oli elf kenapa berwarna putih transparan dan wangi permen tidak seperti oli lainnya yg hanya kuning warnanya,kata montir2 oli kuning itu paling banyak beredar dipasaran dan diklaim oli daur ulang dan juga palsu, karna saya pernah lihat ditrans tv pembuatan oli palsu semua berwarna kuning beraroma solar… Semoga pertanyaan saya tidak berat trims

  11. mulyana says:

    Siang saya menanyakan oli total quartz 5000 apa benar pengantian olinya tiap 11000 km, biasanyakan cuma 5000km yg disarankan mohon pencerahannya

    • valens says:

      total q5000 memang spec nya hrs ganti tiap 5000km,mas, jadi biar mesin lebih awet hrs ganti di 5000 atau lebih awal kalau mbl dipakai dijalanan yg macet!!!saya pakai q7000

  12. ivan says:

    salam kenal bung shaft…saya baru gabung mau minta saran nih saya baru beli mobil corolla 98 oli yang cocok apa yah..terima kasih.

  13. haka507 says:

    Apa kabar Kang Shaft… minta masukkannya donk… motor saya Suzuki New Smash, dulu2 aku pake Top 1. menurut Kang Shaft oli yang lebih cocok itu apa?
    makasih… *(^_^)*

    • mr hadi says:

      saya dah melakukan beragam uji coba oli di motor saya, mulai dari enduro racing 4t, castrol power 1 racing, shell advance vsx, shell advance ultra, dan shell helix ultra 5w 40, hasilnya sungguh di luar perkiraan, enduro racing yg harganya cuma 39 rb ternyata lebih baik dari shell advance ultra 10w 40. pdhal enduro racing itu cuma semi synthetic, sdgkan shell advance ultra dah full syn harganya 175 rb. kemampuan anti friksi enduro racing mengungguli shell advance ultra dan vsx. sedangkan castrol power 1 racing juga masih lebih baik dr shell advance ultra. shell helix ultra yg diklaim buat mobil ternyata ga masalah di motor, kopling ga pernah slip, performa emang yahud, sedikit lebih baik dr enduro racing, cuma flash pointnya msh dibawah fastron fully syntetic 0w 40. saya menyimpulkan bhw oli produksi pertamina dalam beberapa aspek lebih baik dari oli import.

  14. Fakhri says:

    Hallo Kang Shaft…minta masukannya donk.. mobil saya great corolla 92, kira-kira olie mesin yang cocok pake yang mana ya… (Saya punya pilihan antara Prima XP 20w-50 dengan Shell Helix 20w-50 (red), itu bagus yang mana ya..??) Trims.

    • Bambang says:

      Coba pake shell Helix yang botol kuning.. mobil kita sama,selama ini saya pake olie itu..tarikan mantap, resposif, suara halus, gak ada masalah tuh.. Mudah2an cocok..OK.

  15. yulia_mayrie says:

    kang saft bagusnya pergantian oli itu setelah kilometer berapa dari pemakain.

  16. jackyindo says:

    permisi gabung nih om Saft,
    sy pake twin cam 91 baru pake juga n mau belajr otomotif a little bit.
    pertanyaan saya:
    1. sy telat isi oli pwr steering and sekarang ada bunyi ciit kalo setir digerakkan, kira-kira bisa hilang gak suara itu n pengaruhnya apa ke power steering?
    2. Engine flush:
    bagaimana cara penggunaannya n efek utk boil usia 19 th apa ya/

    mohion petunjuk mr. Saft.
    arrigato gozaimasu

  17. riky.virdiana says:

    Mas Saft & boss2 lainnya, ada yang punya list Vis Index sama Four-Ball Wear Test buat oli2 yang beredar di Indonesia nggak?

    Sama please review :
    1. Fastron 10W40
    2. Agip Formula 2000 10W40
    3. Caltex Havoline 10W40
    4. Conoco Super J 10W40
    5. Elf Competition 10W40
    6. Eneos Molybdenum 10W40
    7. Esso Ultraflo 10W40
    8. Fina Ekofina Turbo 10W40
    9. Fuchs Titan Carat Super DX 15W40
    10. Repsol Multivalvulas 10W40

    Mobil saya Dangan GTi dengan kondisi mesin baik (mesin masih kering). Oli yang saya pernah gunakan adalah Mobil Super S 10W40 (Oke), Catrol Magnatec 10W40 (Tarikan enak tapi HLA bunyi), Shell Helix Plus 10W40 (Tarikan biasa, tapi mesin memang halus). Jadi Helix Plus saya pake terus belakangan ini. Thanks before guys..

    NB : 8 taunan nggak ketemu Mas Saftari ternyata udah jauh lebih ndut sekarang, he5! Masih pake BMW Mas? Eterna yang dulu di siapa? 1 hal, mesin Eterna Mas Saftari dulu kinclong bener.. kayak ngga pernah dipake aja..

  18. adimbul says:

    maaf om..aku baru gabung, di artikel om bilang Indikator umum jika oli cocok dengan mesin kita adalah:
    1. Suara mesin yang halus
    2. Putaran mesin yang ringan dan responsif
    3. Suhu mesin stabil
    4. Penguapan oli yang minim
    mobil ku sidekick 95, pake prim**X**.syarat no4 tidak terpenuhi,katanya semua keluarga VES mengalami penguapan oli. mohon pencerahannya..makasih

    • begini pak. Semua artiket yang menanyakan oli. Semua oli sudah bagus…
      Bapak2 hanya perlu menambahkan produk terbaru. Namanya gmo oli booster. Semua masalah bapak2 akan terpecahkan. Karena gmo oil booster bisa dipakek di semua jenis&level oli apa saja yang beredar di indonesia.

  19. rahmat says:

    saft7..sy mau tanya,utk pergantian oli mesin apakah ikut km atau bulan/waktu?sehubungan mobil sy sdh 7 bln blm ganti oli ,tetapi blm sampai menginjak km 5000.mobil sy sx4 th’08.trims.

    • Riky Virdiana says:

      Mas Rahmat, mumpung mobilnya masih 2 taun.. apalagi kalau Mas Rahmat sering tinggal di daerah macet/mobil jarang dipakai-sering dipanaskan, ganti oli sebelum waktunya aja. Saya biasa ganti di 4000km, padahal mobil lebih sering melahap tol cipularang. Sebaiknya oli jangan dibiarkan lebih dari 1 taun (kalaupun km-nya belum sampai 4000/5000). Demikian

  20. Acil_tea says:

    Salam kenal Kang Saft, saya baru gabung nih. Mohon bantuannya. saya baru beli mobil Mitsubishi dangan th 90, bagusnya pakai oli apa yah?

    • riky.virdiana says:

      Wah sama nih kang Acil.. gunakan oli dengan viscositas 10W40. Oli yang pernah saya gunakan : Mobil Super S, Shell Helix Plus, sama Castrol Magnatec. Ketiga oli yang saya sebut baik. Untuk Castrol memang mesin jadi agak berisik (HLA), tapi performance kerasa naik.

      • riky.virdiana says:

        Yang jelas ganti aja setiap 4000km oli yang saya sebut di atas. Kalo sering kena macet 3500km aja ganti. Insya Allah mesin sehat. Mesin saya sampe sekarang masih kering banget. Penguapan oli hampir ngga pernah saya alami. Oli motor aja saya ganti tiap 1000km :)

  21. thahir arsyad says:

    motor saya suzuki shogun 110cc thn 2001, ada teman mengatakan sebaiknya motor saya pakai oli yg 1 ltr, bagaimana tanggapan mengenai hal ini, kira yg bagus itu bagaimana? dan memakai oli apa yg cocok?

    • sane says:

      memakai oli melebihi batas volume yang dianjurkan, mesin serasa berat, ngeden, suara tdk berisik. pengen responsif mah kurangi

  22. indosamili says:

    Assmlkum kang saft , punten mohon pencerahan , unt kuras oli matic bmw e 39 kira2 berapa liter ya ? apakah benar hrs pakai oli bmw , sejauh pengetahuan saya , setiap oli kan ada spec nya apabila oli original automatic unt bmw tdk ada , apa kira2 merek oili yg setaraf .
    Wass
    Indo RS

  23. Joko says:

    Bung shaft,saya ada masalah dgn kijang 7k thn 96,sblm ganti oli presneling tdk ada masalah,sekarang kalau mobil lg jalan pelan dgn dinjak kopling,ada suara tek..tek..mohon pencerahannya

  24. Yusri says:

    Boss saft…
    saya mau tanya
    oli apa yg cocok untuk mobil twincam taon 88.
    selama ini saya pake merk Helix.
    many thanks atas advise nya…
    yus

  25. Didi says:

    Klo utk bmw 520i e34 thn 91 oli yg cocok apa ya pak?. terima kasih

  26. Desi says:

    Mobil saya juga Hyundai Accent 1997 matic.

    Kapan saya menggunakan transmisi no 2 dan L ? Ketika nanjak saja atau turun saja ?

    Ketika macet atau lampu merah, apakah saya sebaiknya menggunakan transmisi N ?

    Mohon dijawab. TKS.

    • Riky Virdiana says:

      Mbak Desi, transmisi 2 & L digunakan saat dirasa mobil terlalu berat di tanjakan, seperti mobil manual, kita harus turunkan persneling. Saya gunakan nomer 2 di tanjakan sedang-panjang dan L di tanjakan curam/berat ataupun start di tanjakan yang cukup berat. Turun saya di D. Tapi harap diperhatikan kesehatan rem untuk mobil matic, karena Engine brake yang dihasilkan tidak sebesar mobil manual. Demikian, semoga menjawab.

  27. Sugeng says:

    Mobil saya Hyundai Accent 1997. Setiap berapa km saya harus :
    a. Ganti oli mesin, oli matic, oli power steering ?

    b. Merk oli apa yang tepat ? Fastron bagus nggak ?

    Trim.

  28. Penengah says:

    Anak anjing says:
    Woy apaan nihh kerenan pake otak anjing….

    Saftari Jawab:
    Terimakasih masukannya.. salam buat keluarga ya.

    Penengah komentar:
    Jiakakakakakak

  29. joko says:

    apa si itu booster?
    dan booster apa yanmg cocok buat corona 1973

  30. fini says:

    Pak,kl mobil picanto’05 km 80rban. Bagusnya pake oli merk apa ya? G skrg pk top 1,tp suara mesinnya kasar bgt pdhl br jln 2rb km gt stlh dignt olinya kmrn. Thanks..

  31. hanez says:

    Salam pak saft … tolong pencerahannya 2 hari ini mobil saya ngebul ….

    saya pakai accord 87 (baru 5 bulan) sebelumnya oli yang di gunakan she** hell**, sebetulnya tidak pernah ada masalah. Mendapat rekomen dari teman katanya mesin mobil yang sudah tua pakai olinya jangan yang sintetis pake yang mineral yaitu prim* X*, awal-awal bagus, suara mesin halus tetapi 2 minggu kemudian setiap pagi mesin di panaskan mesin kasar (tek tek tek …) dan yang buat saya kaget dari knalpot keluar asap putih (ngebul) ?

    kira-kira om saft bisa menjelaskan apa punya masalah pada mobil saya tsb?
    apakah kesalahan pada oli mesin yang menyebabkan ngebul dan kasar atau ???? tulung dengan sangat om saft pencerahannya …

    Terimakasih sebelumnya,
    salam

    • mbahkung says:

      bantu jawab kali2 bener,menurut saya,mbl anda ada bocor oli di mesinnya apalagi ada suara2 dimesin,knalpot ngebul putih berarti oli bocor,kalau hitam pengapian gak bener,lebihbaik cepet dibawa kebengkel,wass

  32. sans says:

    Hi,

    mitshubishi space wagon th 1997, ada bunyi kletek kletek di mesin, apakah itu juga ada efek dari oli mesin.

    makaseh,

    sans

  33. Leo says:

    Hi, untuk setiap mobil dan Type seharusnja di Manual Handbook nja ada daftar oli mesin jenis dan merek apa jang boleh dipakai.
    Herannja di Indonesia oli mesin hanja dibatasin 5000 KM, dimana di EU/dunia bisa dipakai >30.000 KM dan oli mesin generasi baru akan dibebaskan sampai 100.000 KM. Daftar oli mesin jang dibuku sudah diuji sama pabrik mobil dan lulus untuk mesin mereka.
    Alasan apa jang ada di Indonesia selain takut mesin rusak karena kurangnja Informasi Teknik atau ????

    Leo

  34. tri mulyadi says:

    timor apa yang bagus olinya Pak ? sy biasa pake prima xp

  35. ikawahyu says:

    nanya mas, mobil saya tahun 1994 kalo oli persneling & oli gardan gantinya berapa km? tks

  36. Ubas says:

    Om Saft, saya ma tanya … oli kopling Timor letaknya dimana yah ?
    Maklum nih belum tauk soal mobil.

  37. Saftari says:

    trisna says:
    saya pemilik side kick 1997, mengunakan minyak goreng(palm oil) sebagai pelumas, sekarang sudah berjalan 5000 km, tanpa masalah, mesin halus, temperatutur dibawah spt biasanya, bagaimana tanggapan bung saft. terima kasih]

    Jawab:
    Wah… pas tuh ama judul artikel.
    artinya minyak gorengnya cocok di mesin s9dekicknya tuh..

  38. trisna says:

    saya pemilik side kick 1997, mengunakan minyak goreng(palm oil) sebagai pelumas, sekarang sudah berjalan 5000 km, tanpa masalah, mesin halus, temperatutur dibawah spt biasanya, bagaimana tanggapan bung saft. terima kasih

  39. SBY says:

    bagus sekali artikelnya, bisa lbh paham dlm memakai oli mesin

  40. Saftari says:

    Anak anjing says:
    Woy apaan nihh kerenan pake otak anjing….

    Jawab:
    Terimakasih masukannya.. salam buat keluarga ya.

  41. Anak anjing says:

    Woy apaan nihh kerenan pake otak anjing….

  42. Adam says:

    kesimpulannya, kalau tingkat keausan komponen mobil lebih tingi, maka oli yang dipakai harus SAE brapa? jika multi grade, paling baik untuk tingkat keausan yang sudah tinggi, seperti gejala tik-tiki-tik itu, baiknya pake oli yg apa?
    Makasih Om..

  43. wingoke says:

    Mau tanya Pak Saft atau siapa saja..

    MObil saya escudo nomade 99, katanya oli mesinnya setiap saat di cek, jika berkurang (dilihat dari alat pengecekan) harus di isi lagi.

    apakah semua mobil demikian ? Bahwa oli berkurang perlu disi lagi ?

    Mohon penjelasannya.

    nuwun

    • mbahkung says:

      bantu jawab nih,mas bener,kalau oli kurang hrs diisi sebelum penggantian berikutnya,krn kalau gak krn ada kebocoran,oli mesti kurang karena panas pemakaian,tapi ingat jangan isi diatas batas maksimum,semoga ada manfaatnya,wass

  44. herly says:

    salam kenal…mobil sy tyt twincam’90…sy sering ganti oli dg merk beda..seiring dg kondisi keuangan maka wkt ganti oli jg menyesuaikan dg dana yg ada…
    1. apakah hal tsb diperbolehkan dg sering ganti oli lain merk..?
    2. bila iya apakah ada pengaruh thd mesin mobil sy..

    trims.

  45. fachry says:

    Om, Lancer GTi CB5 4G93 th 1993 cocok-nya oli apa ? tks

  46. andika says:

    Bos, kalau bmw 1997 limited edition oli mesin pakai apa ? trims

  47. nirvana2005 says:

    hi semua
    gw punya eterna 89, pake oli synthi 15-50, suara mesin seperti orkestra, ada saran gak untuk olie yang cocok dengan mesin yg pake HLA???

  48. herman says:

    Mas Ubai….
    untuk beberapa engine dengan teknologi yang berbeda, ada filter yang memakai ‘safety valve’ atau ‘by pass valve’…
    dimana apabila suatu saat filter mengalami penyumbatan (buntu),oli langsung dilewati ke sistem (tanpa di filter).
    sehingga engine masih bisa terlumasi. Nah masalahnya kemudian,
    “amankah untuk engine kalo olinya tidak di filter?”, jawabannya jelas “sangat tidak aman” .
    tapi kita jangan khawatir..biasanya kendaraan dengan teknologi seperti itu dilengkapi dengan “filter sensor” yang nantinya akan memberi tanda kepada kita bahwa filter sudah buntu…sehingga kita bisa melakukan tindakan yang sesegera mungkin. apakah membersihkan filter untuk sementara, atau kita ganti langsung filternya…
    Terimakasih-just sharing

  49. ubai says:

    aq ingin tanya apakah selamanya oli melewati filter???

  50. DeanJR says:

    Motor gw smash 05 beli 2nd. Pertama kali ganti oli pake SuperXXX trus SGO koq sama tarikan lemot n suara mesin kasar. Da rekomendasi dari bengkel kawan untuk sekir klep, perubahan dikit. Ampe suatu hari ada yg masukan dari kakak yg pake Vega 04 coba oli Caltex. Mgkn harga lebih mahal tapi kualitas jelas beda utk mesin. Sekarang jd enteng untuk masuk 80 kpj.

  51. Wawan says:

    Rekan2 netter, utk merawat atau menyelamatkan mesin mobil/motor, kita tdk bisa coba2 sembarang oli, harus ada ilmunya dulu mengenai dunia oli yg hrs Anda ketahui. Utk mengenal lebih jauh tentang ilmu oli, bs Anda dptkan di RCI ( Riders Club Indonesia ) yg bermarkas di Surabaya.

  52. Akbar says:

    Oli 2 tak merk apa yg co2k untuk kawasaki rr

  53. Aam_cuy says:

    Gini maz.,,
    motorQ jupe-z dan oli-nya aq pke shell advance vsx 10w-40?Untuk motorQ gmn?Baguz ato tidak?,,,slam knal jg soalnya aq bru pertma jg.,

  54. rizal says:

    Saya menggunakan oli produk shell untuk penggunaan engine diesel diantaranya:
    oli rimulla 15w 40, shell tellus 68, oli 140. Kami membeli dalam bentuk drum. Pada suatu hari tanpa sengaja saya membandingkan oli 68 produk shell akan tetapi warna dari produk tersebut berbeda. Pertanyaan , bagaimana membedakan produk palsu oli shell?
    Diatas drum ada produk malaysia dan ada jg singapura.
    Terima kasih.

  55. bondol says:

    Mas Mardi, oli dgn tehnologi nano tidak ada bos..oli nya hanya sebagai media pembawa si nano nya itu.
    Saya juga udh pake itu nano di mobil sm motor, memang terasa ada perubahan. Performa mesin jadi kembali seperti baru, karena kompresi mesin bagus. Wah pokoknya larinya enak, suara mesin juga halus..gitu bos.

  56. Mardi says:

    Bung Saftari dan rekan2 netter, baru-baru ini saya menggunakan oli dengan teknologi nano. Apakah Bung Saftari atau rekan2 bisa menjelaskan tentang pelumas dengan teknologi tersebut ? Di mesin ada banyak perbedaan yg saya rasakan. Tks sebelumnya

  57. dix says:

    pernah pake STP 10w-30, hasilnya emang ok. tarikan jd lbh enteng.
    cuma mesti liat manual book, dng temperatur udara di atas 30′C g semua pabrikan meyarankan penggunaan oli 10w-30. kebanyakan pabrikan menyarankan 10w-40 atau lebih kental untuk iklim indo.

    saya setuju dng kang dadang, g perlu engine flush. kalo pake oli yg bagus mesin akan selalu bersih kok.

    biar g salah, oli kalo semakin panas akan semakin encer. maksud oli multigrade, misalkan SAE 10w-40, pada suhu dingin (g mesti winter) akan setara SAE 10 sedangkan kalo panas akan setara SAE 40. pada suhu 30′C oli multigrade SAE 10w-40 msh lebih encer drpd oli monograde SAE 40.

    semua pabrikan menyarankan pakai oli multigrade krn pada saat start oli encer lbh mudah naik drpd oli kental dan pd saat panas msh cukup kental.

  58. dadang says:

    banyaklah membaca manual mobil anda…
    liat KLASIFIKASI OIL tuh sepertiyang di bilang mister SUHERMAN di atas.
    trus jangan pake Engine Flush..nanti seal2 ente kena…kalo mo coba silahkan….test sendiri.
    10W atau 20W..itu untuk designasi (penunjuk) bahwa oli itu cucuk untuk iklim dan temp winter tertentu…
    Klasifikasi Oil itu untuk tingkat kerenggangan pasangan pada parts mesin..(parts clearance).
    gitu aja ko repot….salam..dadang

  59. ficforlife says:

    BTW, rekan di Indo ada yang pake 10W-30 gak?
    Gimana hasilnya? OK gak?

  60. John says:

    Really cool site! Keep going on!

  61. dayan says:

    Mohon masukannya tentang penggunaan Oli
    Mobil saya genio matic thn 92
    Kenapa penguapan olinya sangat tinggi, terutama ketika digunakan untuk luar kota
    saya menggunakan oli mobile s 10 – 40
    mohon masukannya
    rgrds

  62. Sonny says:

    Pak, tanya dong, motor saya Binter Merzy tahun 82, akan lebih baik menggunakan oli diesel (Pertamina) atau Shell Helix (Kuning), terutama dilihat keawetan mesin.
    Trims ya Pak

  63. Perri says:

    Pak, mohon informasi persamaan oli merk lain dengan oli yang di produksi oleh Pertamina.

    khusus yang saya cari saat ini, Oli Shell Omala T320, sebanding denga Oli Pertamina yang mana ya Pak..

    Mohon bantuannya..

    Tks..

    Perri

  64. motol says:

    Mas Saft numpang tanya dong.. kopling pada avanza ku bunyi keerrrr terus klo di injak kompling kada ilang.. terdengar saat idle .. kenapa ya mas terus solusi nya apa ya thanks banget

  65. sofyan says:

    Mau Nanya Nih ..! Mobil saya Galant V6 tahun 95, oli apa ya yang cocok ? terima kasih sebelumnya

  66. Torry says:

    Om Saft… motorku Pulsar 200 cc, di manualnya direkomendasikan oli mesin 20W50 API SJ… Pertanyaanku :
    1) Kata para penjual oli, untuk mesin2 baru, lebih baik pake oli sintetik 10W40… Lha apakah mesin Pulsar 200 ku (beli baru bulan Februari 08) termasuk mesin kuno, kok direkomendasikank oli 20W50 ?
    2) Oli mesin motor 4 tak merk/type apa yang bagus, sintetik 20W50 untuk Pulsar 200 cc ?

  67. mbenk says:

    Salam,
    Cuma mau negesin aja.. Sejauh pengetahuan gw oli yang baik itu gak perlu mahal yang penting oli itu memenuhi standar yang ditetapkan untuk kekentalan (SAE) atau mutu (API service). Pemilihan SAE sebaiknya didasarkan pada spesifikasi pabrik tapi harus juga dipertimbangkan suhu lingkungan dan umur mesin. Makin tinggi angka SAE menunjukkan kekentalan pada suhu tertentu makin kental. contoh untuk mesin2 baru komponennya masih presisi gunakan oli 15w-40 mungkin untuk mobil tua gunakan 20w-50 demikian juga untuk suhu lingkungan kondisi tropis seperti kita bisa pake 10w-30 tapi biasanya 15w-40, makin panas ya pake 20w-50 gitu.. Untuk oli bensin API service (Sx..) dan Diesel (Cx..) makin besar abjad dibelakangnya makin baik mutunya. sebaiknya tidak menggunakan oli bensin untuk diesel atau sebaliknya karena adanya TBN yang bersifat basa pada oli diesel (inget kondisi basa cenderung untuk mengendap) yang digunakan untuk menetralkan sulfur pada solar. sulfur bersifat melunakkan logam sehingga mudah aus. Kondisi sering mengganti oli mesin tidak disarankan karena addtive oli tidak sama yang akan mempengaruhi oli yang ditambahkan kemudian. jadi gunakan 1 merek yang kita yakin baik saja atau bersihkan sebersih-bersihnya (flasing) baru kita ganti dengan oli merek lain.

  68. faie says:

    lam brothers,..
    Introduce my self, gw dari KQI ( Komunitas Quasar P2 Indonesia ) suatu komunitas pemakai oli Quasar, motor gw Yamaha Vega R ’05 dulunya gw pakai oli standar pabrikan memang sih awalnya gw nyari safetynya tapi setelah gw rasakan selama hampir 1 1/2 thn, biasa2 aja justru setiap bulan harus diganti meski km belum sampai pd km yang dianjurkan tapi motor gw suara mesin kurang halus, kemudian gw ganti oli pake Motul, Repsol Moto, sampe akhirnya gw diperkenalkan oli sama sobat gw sendiri Oli Quasar P2 yang katanye sih pemakaiannya lebih hemat bisa u/ 3 bln / 5000-7000km ( oli motor ) klo oli mobil ( 10000-12000km ) ya..saving money lah..trus suara mesin jadi lebih halus dan lebih dingin, tarikan enteng, dan yg paling extremenya lagi itu oli bisa didemonstrasikan motor bisa “Jalan Tanpa Oli” bagi gw sih itu ga mungkin. Memang oli itu harganya lebih mahal dr harga pasaran sekitar 57 rb-an. gw lihat sih SAEnya agak encer 15W 40, API Servicenya “SL”. Trus lagi oli ini lebih terasa pada saat RPM tinggi, krn “NANO TECH-nya ” akhirnya gw coba juga saking penasarannya sama itu oli, setelah gw rasakan memang luar biasa bgt manfaatnya buat motor gw dan juga bagi gw sendiri lebih hemat bgt, btw krg lebih km motor gw sdh 40 rb-an gw check silinder headnya ternyata tidak menimbulkan kerak di mesin biarpun ada tapi hanya sedikit dan mudah dibersihkan. So, sampe skrg motor gw sudah di coba u/ demo sampai 5 x dan ga ada efeknya sama sekali. Bro..lw coba rasakan bedanya…u/ lebih jelasnya kirim aja ke e-mail KQI…

  69. Mas Olis says:

    Kenapa beberapa kali saya lihat komentar negatif soal Oli Artis ya….
    Belum pernah pakai sih, yang belum tahu cuma kenapa begitu?

  70. Domang says:

    Gue beli mobil kijang super th 95, udah 8 bulan kemaren. Oli mesin udah diganti 2 kali pake Mesran Pertamina. Tapi untuk ol-oli yang laen belon pernah.
    Saat ini sepertinya boil gue sepertinya tarikannya kurang. Apakah harus diganti semua olinya.
    tERAKHIR OLI gue baru ganti 1 minguu yg lalu, dan pengguanaan mobil gue paling 1 minggu sekali.

  71. yusak says:

    hello bro saft7.
    gue sutuju dengan statment diatas,
    tapi gue masih da pertanyaan yang ganjal nich…
    gimana klo pas ganti oli engine, g mesti harus ganti filter oli,
    kenapa sics mesti ganti,
    tolong donk jelasin knp mesti ganti filter oli, setiap ganti oli engine?
    tkhans

  72. komang says:

    lam knal,
    “oli sama dengan darah manusai”
    pemilihan oli yang bagus.. ya paling baik mengacu ke buku manualnya.
    jadi pilih yang sesuai
    viscositynya –> SAE, misal : 20W-50, 10W-40, dll
    dan
    mutunya –> API service, misal : SJ, SL , SM

    semoga informasi ini bisa membantu, terima kasih
    “Harga tidak selalu mencerminkan kualitas pelumas”

  73. fredy says:

    pren, mau tanya neh…

    temen g beli mobil bekas Land Cruiser tahun 2003 klo ga salah. yang jelas ud model Cygnus.
    yang g heran, dia beli tuh mobil, trus ga lama turun mesin, katanya gara2 waktu sebelum dibeli, tuh mobil kurang oli n akhirnya kena piston….setelah selesai semua, dia pake oli Caltex Multigrade n ga ada masalah setelah ganti 2-3kali.

    Setelah itu, penggantian oli yang ke 4, dia pake ELF 15w 40, alhasil setelah jalan kurang lbh 1000KM, indikator olinya nyala2 n akhirnya dicek olinya kurang hampir 1 liter.

    kemudian dia ganti pake MOBIL Delvac. dan alhasil sekarang ini tuh mobil mesinnya geter n ngebul asep warna putih.
    kira2 gara2 apa yah?
    bisakah gara2 oli ELF?

  74. Roni says:

    > er… bang itu meditran sx bukannya disel??
    > gpp neh sx buat mesing bensin??
    > ato emang bisa ya…. abis penasaran, oli disel di masukin ke bensin

    Oli bensin ama diesel pada dasarnya sami mawon. Kalaupun ada perbedaan, cuma di besaran TBN (Total Base Number, atau basa), oli diesel besar. Tujuannya supaya bisa menetralisir sulfur dari solar yang merembes ke ruang pelumasan, sehingga bisa lebih mencegah korosi internal. Kalau yang mau nyari oli encer (15w-40) yang murah untuk mesin bensin/diesel, oli Meditran SX ini bisa jadi pilihan. Saya juga udah pake kok di 318i. Performanya hampir sama dengan oli 10w-40 lah. Lebih jauh liat di websitenya pertamina, http://www.pertamina.com/pelumas/app/FAQ/faq_list_detail.asp?faqid=13

  75. rahmat says:

    Perkenalkan saya Rahmat, jurnalis Majalah Motor (www.majalahmotor.com)
    Pak saftari, saya lagi butuh narasumber yang mau bicara tentang desain bodi mobil. Utamanya berkaitan tentang modifikasi mobil yang berkembang saat ini. Kontak saya: 08161180017

  76. Zamzami H. says:

    Saya pengin jawab dear Arya nih.
    Ada dua indikator mengenai oli di dasboard disetiap mobil. Satu berupa logo “cerek” atau apalah namanya, yang jelas seperti teko pakai moncong. Ini memberitahu isi oli di crankcase/carter. Begitu kunci kontak ON dia menyala. Kalau oli cukup, hanya menyala sebentar lalu mati.
    Satu lagi logo seperti wadah cairan yangmenggambarkan filter. Begitu konci kontak ON dia menyala, tapi lamanya menyala relativ lebih lama dari logo isi oli di karter. Kalau Anda sedikit cermat perhatikan lamanya logo filter menyala pada dua kondisi berbeda. Pertama ketika oli sudah dipakai selama 4800 jam atau 5000 jam dan kedua ketika Anda baru saja mengganti oli mesin. Bisa dipastikan ketika umur oli sudah 5000 jam logo filter lebih lama menyala dari pada ketika oli baru saja diganti.
    Menyalanya logo filter menandakan filter tidak dilalui oleh aliran oli alias di-bypass.
    Filter akan di-bypass pada dua kondisi. Pertama ketika Filter sudah mampat atau oli sudah kotor. Kedua ketika pagi hari, disaat oli masih dingin ( pada puncak kekentalan) Bypass valve biasanya berada didalam “Base Filter”. Bandingkan juga lamanya logo filter menyala ketika mesin masih “dingin” seperti pertama kalistart dipagi hari dengan coolant temperature masih diposo C dengan lamanya logo filter menyala ketika Anda start dengan coolant temperature sudah setengah range-nya. Sepersekian detik oli mengalir tanpa melewati filter berarti ada deposit carbon sangat halus yang lewat. Pada mesin diesel particle carbon ini lumayan banyak. Untuk memahami dampak oli kotor ada baiknya kita mengetahui “clearance”/celah antara Main Bearing atau metal duduk dengan “Crankshaft” atau kruas hanya antar 0.003 mm – 0.005 mm. Celah yang kecil inilah yang ditempati oil film. Makanya kita perlu oli tidak hanya dengan kekentalan yang pas tapi juga bersih.
    Salah satu cara mempercepat oli melewati filter adalah dengan menaikkan putaran mesin (rpm) sampai kira-kira 2000 .
    Pada mobil keluaran baru sudah ada kontrol ataomatis yang menaikkan putaran mesin sampai pada rpm tertentu ketika pertama start. Setelah oli lewat filter rpm mesin turun sendiri.

  77. aris says:

    Bos,
    tolong bantu cari klasifikasi oli trasmisi, garda, power steering.
    Apa itu GL-1s/d GL-6, EP-A, HD-A, Dextron, dll
    thx

  78. koko says:

    kalo mobil keluaran anyar sih gak usah bingung pake’ rekom pabrik…g pusing, trus kalo buat motor aku dulu ngetesnya gini : Waktu baru beli motor ( kondisi baru) , tentukan mau pake’ oli apa trus jangan pernah ganti oli lagi. Udah aku terapkan di Yamaha F1Z ’95 dari anyar pakai Penzoil 20-50 sampai sekarang 12 tahun silinder gak cacat dan belum pernah turun mesin. masih tokcer digeber 110km/jam dulu buat pulang pergi kuliah di luarkota blitar-malang . dan yang aku senang pakai Penzoil otor dipakai jalan sekitar 15 menit masih anget biasa. pernah aku coba pakai TOPXX pakai 5 menit langsung panas. Kapok deh. Sorry bukan Promosi cuma pengalaman dan untuk share aja.Semoga bermanfa’at.thx

  79. koko says:

    kalo mobil keluaran anyar sih gak usah bingung pake’ rekom pabrik…g pusing, trus kalo buat motor aku dulu ngetesnya gini : Waktu baru beli motor 9 kondisi baru, tentukan mau pake’ oli apa trus jangan pernah ganti oli lagi. Udah aku terapkan di Yamaha F1Z ’95 dari anyar pakai Penzoil 20-50 sampai sekarang 12 tahun silinder gak cacat dan belum pernah turun mesin. masih tokcer digeber 110km/jam dulu buat pulang pergi kuliah di luarkota blitar-malang . dan yang aku senang pakai Penzoil otor dipakai jalan sekitar 15 menit masih anget biasa. pernah aku coba pakai TOPXX pakai 5 menit langsung panas. Kapok deh. Sorry bukan Promosi cuma pengalaman dan untuk share aja.Semoga bermanfa’at.thx

  80. aris says:

    Karena saya penggemar mobil lawas keluaran eropa, pengalaman saya paling cocok pake’ mesran B40 mesin halus dan adem…kan mobil eropa paling syirik di negara tropis, habis pake’ B40 siip!
    udah coba di : mercedes dan peugeot th 85 kebawah, thx bravo saft7

  81. arya says:

    saya ingin tau mas zamzami tentang kalimat terakhir anda.
    salam kenal.

    dan 1 lagi bagaimana tentang oli yang bersertifikat JASO MA apakah itu juga perlu? sebenarnya apa itu.

  82. arya says:

    saya ingin tau mas zamzami tentang kalimat terakhir anda.
    salam kenal

  83. darmawan says:

    Ok Mas ZAMZAMI H.Thanks berat penjelasannya mengenai oli, jadi bila filter ngeblock,akan ngebypass begitu( seperti mengutip dari TIDAK SELAMANYA OLI MELEWATI FILTER).mengenai eng oil flush memang bagus tuk mesin2 lawas,dan anjuran pabrik penggantian 10 ribu, ya mana ada kecap no 2 n no 3.ADAM AIR / Aircraft Maintenance n Engineering Control

  84. Zamzami H. says:

    OLI MESIN ( Engine Oil)
    Semoga paparan saya dibawah ini bisa bermanfaat buat DEARs Suherman – T Ahmad Danial – Ardy Primawan.
    Kalau menyeleksi oli jangan terpengaruh merk dan iklannya. Yang perlu diperhatikan ialah grade oli yang dinyatakan oleh API SERVICE. Ini terdiri dari dua huruf. Untuk mesin Diesel dimulai dengan huruf C. Misalnya CF, CG, CH dst. Untuk mesin bensin dimulai dengan huruf S seperti SG-SH-SF dst. Makin tinggi huruf kedua makin tinggi grde-nya. CH lebih tinggi dari CF dan SF lebih tinggi dari SG.
    Oli multi grade adalah oli yang “viscosity” ( kekentalannya) relativ tidak terlalu terpengaruh oleh suhu.
    Ada dua unsur yang mempengaruhi kualitas oli. Yaitu 1) kekentalan 2) kebersihan . Kekentalan diset dari pabrik oli. Sementara kebersihan dipengaruhi oleh packaging( kemasan) , storage ( penyimpanan) dan kondisi engine mobil anda sendiri serta perawatan berkala. Taroklah kekentalan urusan pabrik, tetapi bagaimana dengan carbon sisa pembakaran yang larut dalam oli ??
    Kalau direkomendasikan ganti oli 10rb kilometer, itu hanya merujuk kepada kekentalan yang tahan sampai 10rb Km. Carbon yang larut dalam oli setelah 10rb Km bagaimana ?
    Oleh karena itu jangan terpengaruh anjuran produsen oli. Mereka tidak salah, hanya kita yang perlu bijaksana merawat milik kita. Memang ada filter. Tetapi AWAS, TIDAK SELAMANYA OLI MELEWATI FILTER. Ingin tahu ? …. saya tunggu kalau ada yang bertanya baru saya jelaskan di media ini.

  85. Zamzami H. says:

    Saya baru pertama kali masuk web ini. Bagus juga untuk share pengetahuan. Bolehkan, ikut ngomong soal oli.
    1. ENGINE OIL FLUSH
    Banyak yang ragu menggunakannya. Takut kalau kotoran yang dirontokkan menyumbat saluran pelumas mesin.Padahal treatment ini bekerja secara kimiawi. Sludge atau “lumpur oli” yang sudah lama melekat didinding blok dicairkan sehingga ikut terbawa aliran oli. Bukan rontok seperti karat yang dikupas dengan ujung obeng. Saya buktikan pada pertama kali menggunakan oil flush, pada Isuzu Panther High Sporty 1997. Oli buangan dari engine yang biasanya berwarna hitam, ketika menggunakan oil flush menjadi berwarna abu-abu. Yang penting diingat adalah cara menggunakan engine oil flush. Gunakan ketika akan mengganti oli mesin. Start engine, tunggu engine mencapai “operating temperature”, lalu masukkan engine oil flush. Engine low idle- 15 menit. Lalu barulah oli dibuang. Oili baru dimasukkan ketika tidak ada lagi tetesan oli yang keluar dari drain plug. Ganti saringan oli.

  86. WASESA says:

    utk informasi oli TIMOR emang sebaiknya pake 10/40,bagusnya pake sintetik.dari sononya dah
    pake begitu repsol 10.40,kecian HLA nya.saya sih pake repsol 10/40,ampe 5000 km paling penguapan
    nambah gak lebih 0,25 l.bensin irit 1:10 dlm kota pake premium,1:12 pake pertamax,oli trnsmisi top one sae 90,bagusnya sih 80/90 sesuai spek.

  87. andy says:

    motor saya ninja bagusnya pake oli apa mas?sekarang saya pake motul ester 10-40

    tanggapin ya mas

    tks

  88. arya says:

    mas, untuk motor Satria FU 150 (CKD) saya gunakan Oli Shell Advance VSX 10-40 bagus gak?
    apa dampaknya?

    ada rekomendasi gak oli yang bagus untuk motor saya tapi mantap dan aman.

    tolong di tanggapin ya mas Saft

    tks

  89. Indra Thomas Kurniawan says:

    Motor saya Gl-max neotech 1996, baru-baru ini busi sering rusak padahal baru, ciri-cirinya kepala busi hitam (langes), sudah saya bawa ke bengkel katanya karburator saya kurang normal dan harus diganti, dengan alasan spuyer angin-angin sudah tidak bisa dimainkan/distel, pernah saya coba dengan mengiritkan control gas (jarum gas kearah yang paling irit) busi bisa lebih lama tetapi motor saya tidak bisa maksimal tenaganya, jika dibuat kearah bawah (jarum gas) diboroskan busi sering mati dan jika jalan pelan stabil sering mbrebet/nyendal-nyendal tidak lancar.
    Kira-kira apa yang harus dilakukan…..Thanks

  90. masyustin says:

    lam kenal semua,
    Kemaren saya mau beli oli Petro**s ada 2 pilihan yg harganya sama yaitu 10-40 dan 10-30, mobil saya KIA Picanto 2005, biasanya pakai yg 10-40, sebenernya secara spesifikasi bedanya apa yah antara yg 10-30 dan 10-40 ?

  91. Anthony says:

    saya mu nanya nih, kl vios baru pake oli mesin apa y? kl accent apa?
    merek yg bagus apa n brp harganya?? thanks…

  92. christina says:

    Humm..sebenernya klo mo pilih oli yg bagus buat mesin qt..bukan di lihat dari harga!!Mungkin beberapa produk luar punya harga lebih mahal dari oli qt..tapi belum tentu kualitasnya better drpd produk dlm negri..paling mentok jg..ntu produk punya kualitas yg sama dgn oli qt (red: oli produksi dalam negri)..Emang klo mo liat ntu oli berkualitas ato ga..bisa di lyt dr API SErvice nya..
    Yg gw tau c..oli PERTAMINA ntu ga cuma mesran aja..mereka ntu selalu buat pembaharuan sama oli yg mereka punya..Coba d xan cek d pasaran jenis oli PERTAMINA yg ada d pasaran..ga cuma mesran..ada Prima XP, Fastron Series, Meditran SX (diesel), ATF Pertamina buat matic..Enduro n Enduro Racing bwt motor dsb..so far setau g itu d produk2 ok yg di punyai PERTAMINA slaen produk2 lainnya.
    moga2 lil tips from me makes a great benefit 4u…

  93. Rendy says:

    Ada yang tau gak engine oil Shell helix ultra dan Shell Helix Super, viscosity index nya masing2 berapa ya?? bantuin gw dung….. makacihhh yaaaaaa

  94. widodo says:

    Salam kenal buat semua,
    saya mao tanya nih oli yang cocok buat motor honda supra x 125cc apa yah, saat ini saya masih pake oli FEDERAL Supreme XX SAE 20-50 rasanya enak motor enteng tarikannya tapi tidak ada sertifikasi JASO MA, kalo saya pake oli SAE 15-50 seperti yang punya shell advance atau repsol moto bisa gak?
    Thank’s

    • riky.virdiana says:

      Mas Widodo, motor saya sama sama Mas Widodo.. Saya udah malang melintang nyoba2 Oli. Yang saya recommen ada 3.

      Shell Advance VSX atau Pertamina Enduro Racing (Yang Enduro performanya enak banget, cocok buat jarak jauh, tapi kalo Mas Widodo lebih sering kena macet 30 menit ke atas, pake aja Shell VSX) Harganya di kisaran 40rb.
      Tapi kalo Mas Widodo rela merogoh 80-90rb per ganti oli, pakai Motul 5100 Ester.

  95. yulius says:

    mo nanya nih mobil saya carry 1300 tahun 1993 di ruang oli ada kerak untuk ngebersihinnya pake apa ya,sebelumnya saya pakai oli Top One sekarang pakai petronas shintium 10/40

  96. Anto says:

    pertamina itu sebenarnya oli yang bagus kok, munkin karena harga yang termasuk murah meriah orang jadi kepikiran bahwa pertamina oli yang biasa biasa aja. tapi disitulah keunggulannya, dengan harga yang murah, bisa setara bahkan ada yang lebih bagus dari harga yang sama. tinggal kita mengikuti kemauan mesin seperti apa spek yang diinginkan.

    suara mesin yang agak kasar, oli cepat menguap, atau cepat menghitam, itu sebagian besar berasal dari setingan mesin yang ada, dan setingan mesin ini tentu sangat berkaitan dengan bahan bakar yang dipakai, karena mesin dan setingannya mengikuti spek dan banyaknya bahan bakar yang terpakai.

    untuk kendaraan yang sudah tua desain mesinnya, tentu tidak bisa disamakan dengan desain mesin era tahun 95 keatas, karena mesin – mesin itu masih mengaplikasi clearence / toleransi yang lebih besar dari mesin – mesin baru, ya jelas saja oli dengan spek wah kurang cocok dengan spek mesin tersebut alias mubazir, contohnya paling banyak masalah kekentalan yang dipakai, mesin lama ada yang pakai produk pertamina baru cocok setelah pakai B40, sedangkan produk lainnya pakai 20w-50 baru cocok. itu berarti ada kemungkinan produk pertamina B40 setara kekentalanya dengan produk lain yang 20w-50, karena kekentalan 40 itu nggak mutlak di 40 tok, ada batas – batas toleransi beberapa persen, dan memang masih masuk range 20w-50.

  97. TheOwner says:

    # Rakaryan Says:
    Kang Saft.
    Mobil saya pernah harus ganti lash adjuster karena udah rusak, hal ini terdengar dari bunyi ketukan mesin yang sangat keras pada saat starter awal di pagi hari. Pada saat itu disarankan ke 8-8 lash adjuster-nya diganti semua karena kata orang bengkelnya susah secara visual menentukan yang mana yang udah rusak dan yang mana yang masih baik. Jadi biar cepet ganti aja semuanya. Yang saya tanyakan adalah, apakah memang seperti itu cara kerja yang bener? Rusak beberapa ganti semua?

    Jawab:
    umumnya bengkel yang males ya gitu.. kekekke.. ganti semua.. ga ambil resiko, memperkecil keluhan pelanggan selanjutnya.

  98. Rakaryan says:

    Kang Saft.
    Mobil saya pernah harus ganti lash adjuster karena udah rusak, hal ini terdengar dari bunyi ketukan mesin yang sangat keras pada saat starter awal di pagi hari. Pada saat itu disarankan ke 8-8 lash adjuster-nya diganti semua karena kata orang bengkelnya susah secara visual menentukan yang mana yang udah rusak dan yang mana yang masih baik. Jadi biar cepet ganti aja semuanya. Yang saya tanyakan adalah, apakah memang seperti itu cara kerja yang bener? Rusak beberapa ganti semua?

  99. Denny says:

    Mas saya mau tanya, saya mempunyai Suzuki Shogun 110 tahun 1997, ketika saya menggunakan oli dengan ukuran 15-40w, akselerasi motor saya enteng tetapi suara ketika panas sangat terdengar, dan ketika saya menggunakan oli dengan ukuran 20-50w mesin berat tetapi suara mesin agak halus. Yang mau saya tanyakan manakah oli yang cocok buat motor saya? dan pastinya harus membuat awet mesin mengingat saya orang yang suka jalan jauh dengan menggunakan sepeda motor. Oli merk apakah yang cocok buat motor saya? Atas jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih.

  100. nopy says:

    Bukan mobil sih, tapi motor. Ada ngak oli yang cocok buat motor Shogun R. Sejak pindah kerja ke Salatiga, aku harus nglaju Solo Salatiga pakai motor. Oli yang aku pakai sekarang agaknya mulai tdk cocok buat keperluan ini deh. Soalnya suara mesin tambah kasar plus jadi boros BBm nih. Trimz

  101. Wardoyo says:

    Kalau yang saya alami dengan mobil berumur 10 tahun adalah bila olienya mahal seperti shell atau petronas, mesinnya enak, tapi kalau mesran memang kurang yaa. Castrol/penzoil saya alami kok kurang juga yaa (ini pengalaman pribadi lho). Inijuga ngga tahu dampak jangka panjang terhadap mesin. Untuk sae kan rata2 olie sudah membuat range 15/50 atau 20/50 (untuk mesin lama). Jadi patokan pemilihan olie juga berlaku slogan money talks kali yaa, makin mahal memang makin enak,,,

  102. Bona P Pohan says:

    Tolongin dong saya bagaimana tanda-tanda campas kopling habis.mobil saya Timor sohc thn 96.Dan berapa harga partnya.apakah bisa sohc dirubah menjadi dohc.dan apa saja yang harus diganti .thanks saft7.com

  103. Ogi says:

    Fastron 10/40 is the best value for money. :D

  104. Rangga says:

    Buat bung Dimas Adhitya, saya juga pernah pakai motul untuk datsun 160J SSS tapi lupa tipe-nya, yang jelas 20/50 mineral. jadwal ganti oli seharusnya setiap 6.000km, tapi pernah kelupaan sampai hampir 13.000km..! dan alhamdulillah tidak timbul masalah sedikitpun pada mesin. viskositas oli pun tidak terlalu encer pada saat itu (boleh percaya boleh tidak).

    Untuk bung Made, suzuki vitara ataupun sidekick, memang kelemahannya oli selalu “menghilang” entah kemana. penyebabnya jarak antara piston dan dinding silinder terlalu renggang. ini juga terjadi pada kijang kapsul (mesin 7K).

  105. saya pemakai honda city thn 2005. honda menyarankan memakai kekentalan 10w/40, dan bila di honda service centre di sediakan berbagai macam merk, dari mulai top 1 hingga yg mahal mobil 1. haganya pun brbagai macam antara honda yang satu dengan yang lainya berbeda, dan menurut hasil survey saya harganya bisa di markup hingga 10%! itu sekedar inf saja, hingga saat ini bila saya ingin service di hnda saya membawa sendiri oli yang saya inginkan.beli di toda, harga lebih murah ke-aslian terjamin.
    saya pake motul 6100 synergie 10w/40. memang tergolong mahal, seliter bisa ,mencapai 65.000 IDR, tapi kualitas sangat menjanjikan, ini menurut hasil observasi say di website2 luarnegeri dan beberapa mntir lokal yang say tanyain, bahkan mobil 1 saja kualitasnya kalah.
    begitu juga teman2 say di luar negeri, mereka mengklaim motul tidak menggores dinding silinder dan mesin menjadi halus.
    saya bukan prmosi tapi ini kenyataan yang ingin saya share kepada teman2.
    makasih.

  106. Guntur Wonosobo says:

    kalo untuk motor sebaiknya ga lebih dari 1000km harus dah ganti oli, bisa dilihat dari perubahan warnanya yg jadi hitam .. itu berarti tugasnya yg berat akibat kerja mesin yg hrs melumasi gearbox-kopling-seher. sarannya pake oli yg sdh JASO MA dan mmg dianjurkan utk motor (biar ga slip kopling), ENDURO Racing yg 10W-40 bagus tuh

  107. Made says:

    Mas, Mau nanya,
    Saya punya Sidekick tahun 1995, sekarang ini saya selalu pake Oli Prima XP, dan saya perhatikan oli nya selalu berkurang, kalau dilihat dari tongkat penunjuk, bisa sampai setengah diantara posisi full.
    Mohon saran oli apa sebaiknya yang di pakai, dan/atau mengatasi masalah ini.

    Terimakasih

  108. Rangga says:

    dulu saya pakai renault 18 TL, pernah mencoba macam2 oli dari yang paling murah sampai yang import. pernah pakai mesran super 20w-50, bisa bertahan 1500km saja..!! lewat dari itu temperatur mesin lebih dari setengah, terkadang overheat waktu jalanan macet, suara mesin kasar seperti stelan klep renggang. pakai prima xp yang lebih mahal juga setali tiga uang (menurut iklan bisa lebih dari 5000km). kemudian saya coba mesran B40, dan bisa bertahan 5000km. suara mesin halus, temperatur stabil sepertiga walaupun macet total, akselerasi enak. pernah juga coba merk fina, mobil1, shell, pennzoil import, tapi mengingat harganya, saya beralih ke pennzoil sae 20w-50 yang lokal saja. menurut saya oli ini cukup murah meriah. kurang dari rp90rb bisa untuk 7500km… sampai sekarang saya masih pakai pennzoil untuk peugeot 505 saya dan tidak ada masalah (asalkan filter oli rajin diganti sesuai saran pabrik). tapi semua kembali kepada si empunya mobil, terserah mau pakai oli merk apa.

  109. Kalo masalahnya ada di RPM tertentu, namanya telah terjadi vibrasi pada Natural frekuensinya. Biasanya terjadi karena proses redaman yang kurang bagus lagi. Silakan cek pada bagian KARET engine mountingnya, barangkali sudah mengeras atau mungkin pecah. Silakan ganti, tidak mahal kok.

  110. lingling says:

    Bantuin saya dong bang ,
    saya baru pake taruna tahun 2004, oli yang cocok untuk tahun segitu merek apayah?
    terus persaan saya kok suara mesin pada RPM 3000 terasa banget masuk kekabin tapi kalau diatas atau dibawah 3000 tidak begitu besar, untuk bang Saft atau siapa aja yang tahu tolong dong sharing nya
    Trims,
    Lingling

  111. bagus says:

    Bang Saft,

    saya perlu informasi tentang Oli mesin yang cocok utk Boxer 220E tahun 1993 dan juga oli utk Differential, Transmission & cluth, Brake fluid.
    Saya tunggu jawabannya.

    Terima kasih,
    Bagus

  112. Oel-C says:

    Oom.. bingung nih, Pliz bantu donk.. Motor saya honda-megapro dgn spec 20W-50 API service SE,SF,SG multigrade. Apa ya oli yang bagus di kelas ini?? Atas recommend dari AHASS, saya pake oli sintetik federal supreme XX untuk mesin DOHC, sementara Honda-megapro kan SOHC. Selama ini sih ga da masalah, tapi apa ya pengaruhnya dalam jangka panjang??
    Mungkin Temen2 ada yang bisa bantu??? Ato ada ga saran alamat website.,Trim’s

  113. Rendhi says:

    Kang Saft, mau nanya, apa ada akibat buruk kalo kita pake oli SAE rendah seperti SAE 0 – 30W untuk kendaraan taun 2006 (umumnya saya gunakan SAE 10-40W ?)

  114. faisol says:

    ohhh yaaa plesae jawab ya

  115. faisol says:

    produk apa saja yanag make oli sintetik berbahan polyol ester

  116. HYDRI says:

    MAU NANYA AJA NIH.. NGEBEDAIN OLIE PALSU AMA OLIE ASELI GIMANA??
    PEGANTIAN OLIE GINI, PADA SAAT MESIIN DINGIN, ATO PANAS HABIS JALAN,,.

  117. Agi says:

    Kalau menurut saya untuk masalah oli gak perlu yang mahal-mahal dan dipusingin, cukup mesran prima xp pertamina aja dah bagus kok, asal rutin gantinya+ saringan oli setiap 2 kali ganti oli. Ada yang bilang kalo pake oli mahal bikin awet mesinlah, trus bikin iritlah, bikin larinya tambah enak,dll itu semua hanya sugesti aja. Kecuali kalo rekan-rekan semua mau pake kendaraannya untuk balap semacam reli, drag race, slalom, dll itu semua butuh oli kualitas baik, karena waktu sepersekian detik diitung banget, jadi oli bisa menunjang performance disini.

  118. Dicky says:

    Iqbal Zulkarnain Says:

    3 January, 2006 at 11:19 am
    Kalo mau aman..ya pake olie rekomendasi pabrik ajah la…..kalo mobil dibawah taun 90′an, ya pake olie mineral SAE 20W/50 dah cukup lah….nah kalo yang dah canggih…(injeksi,DOHC,VTEC,VVTI) ya pake minimal semi sintetis15W/50 atau 10W/40, pa lagi yang pake sistem HLA (Hidraulic Lash Adjuster), kualitas olie sangat mempengaruhi….., dan yang terpenting adalah…JANGAN PAKE OLIE PALSU…….

    —————————–

    Kalo di buku manual mobil saya direkomen SAE 10W-30.
    Tapi ada yang bilang untuk di Indo keenceran, baiknya pakai 10W-40 atau 20W-50 aja, betul gak?
    Kalo betul kenapa pabrik rekomen 10W-30, padahal mobilnya dipasarin/edisi Indonesia?

    BTW, rekan di Indo ada yang pake 10W-30 gak?
    Gimana hasilnya? OK gak?

    Dicky

  119. Dicky says:

    Pren, mau nanya nih

    Ada yang pernah tahu olie gearbox manual, diisi ATF gak?
    Katanya biar ringan, jadi tidak mengambil tenaga mesin banyak.
    Ada efek samping jelek gak ya?

    Kalo dilogika masuk juga sih, kan gearbox manual isinya gear dan bearing juga sama seperti matic?

    Dicky

  120. Dicky says:

    Oom Saft,

    Salut buat websitenya!
    Designnya OK, isinya OK, foto2nya juga okeh bgt!
    Bravo! Bravo!
    Hasil karya anak bangsa gak kalah dengan kelas dunia!

    Terus berkembang…
    Jangan mau kalah sama orang lain
    Buktikan bangsa kita juga banyak orang pinter dan kreatif!

    Salam maju terus!
    Dicky

  121. Dicky says:

    R. Siahaan Says:

    16 July, 2006 at 1:16 pm
    Oli merek Shell helix SAE 20-50 katanya cocok buat mobil berumur diatas 5 tahun. Untuk mobil Civic Wonder apakah benar oli mesinnya sama dengan oli perseneling ?

    —————–
    Setahu saya sih begitu. Tapi saya belum pernah baca sendiri di manualnya. Makanya di sini saya pengin konfirmasi sama yang punya buku manual Honda, apa betul oli gearboxnya sama dengan olie mesin (SAE 20W-50)?

    Dicky

  122. thing says:

    Saya mau tanya bagaimana kalau oli yang sisa2 dicampurkan dengan oli merek lain . Cthnya : Oli Mesran 20w-50 dicampurkan ke oli Prima XP 20w-50 . Apakah ada resikonya ?
    Dan bagaimana kalau misalnya oli yang kita isi itu 5 liter , 4 liter pakai oli Mobil dan sisa 1 liter lagi pakai merek oli lain yang kekentalannya sama apa pengaruh terhadap mesin ?

  123. thing says:

    saya mau tanya bagaimana kalau oli yg sisa2 di campurkan dgn oli merek lain contohnya oli a di campur dgn oli b dan di pakai di mobil ???

  124. R. Siahaan says:

    Oli merek Shell helix SAE 20-50 katanya cocok buat mobil berumur diatas 5 tahun. Untuk mobil Civic Wonder apakah benar oli mesinnya sama dengan oli perseneling ?

  125. R. Hutasoit says:

    Bos masih bingung ni,kalo engine oil flush setelah dituang ke dalem mesin sewajarnya berapa lama Dia di dalam mesin yang bekerja? thanx bos

  126. ardy primawan says:

    Toyota Avanza menurut buku servisnya baru ganti oli setelah 10ribu km, dan ganti oli seterusnya setiap kelipatan 10ribu km. Aneh ya. Waktu gw ngotot minta ganti pas 5ribu km, SA di A2K bilang gak usah ganti karena jaminan/gawaransi Avanza kan sampai 100ribu km, jadi istilahnya dijamin gak akan ada apa2. Sampai sekarang masih tetap ragu2, masa ada mobil ganti oli tiap 10ribu km. Enteng di kantong memang, tapi kok rasanya tetap aneh . . .

  127. Rudy says:

    mengutip dari abng rony….

    Oli murah? Saya tau dari salah satu perusahaan taxi yang punya armada taxi dan bus, cuma make oli Pertamina Meditrans SX (mineral) yang seliternya belasan ribu rupiah sajah

    er… bang itu meditran sx bukannya disel??
    gpp neh sx buat mesing bensin??
    ato emang bisa ya…. abis penasaran, oli disel di masukin ke bensin

  128. Johannes says:

    Please, saya mau nanya, oli yang cocok buat Suzuki Baleno tahun 2000 (1500cc) apa (sae berapa)?
    thanks

  129. Evi Soviana says:

    Om Mau nanya neh..
    saya punya suzuki carry tahun 2004, paling bagus pake oli apa yah, selama ini saya pake produk pertamina, terus kalau mau ganti oli gardan sama perseneling setiap brapa kali ganti oli mesin…

  130. Roni says:

    Sebetulnya masalah per-olian, menurut saya gak perlu yang mahal-mahal lah, yang penting 1) Jangan kena oli palsu; 2) Jangan sampai kurang; 3) Jangan terlalu lama tidak diganti (Indonesia punya kelembaban tinggi, uap air bisa masuk dari lubang “nafas” oli); 4) Kekentalan cocok; 5) Ganti oli teratur (5000km untuk mobil, 2500km untuk motor)

    Oli murah? Saya tau dari salah satu perusahaan taxi yang punya armada taxi dan bus, cuma make oli Pertamina Meditrans SX (mineral) yang seliternya belasan ribu rupiah sajah. Untuk taxinya diganti tiap 5000km dan bus tiap 10000km. Hasilnya? Rata-rata taxi-nya baru turun mesin stlh 350.000km!!!

  131. Merah Hitam says:

    Friends, untuk penggantian oli motor yang paling baik, dilakukan dipagi hari sebelum motor tersebut beraktivitas, tidak perlu Engine Flush, tidak perlu pake kompresor, cukup sediakan tempat oli bekas lalu buang oli mesinnya, dan isi dengan oli yang baru, selesai kan! Dijamin Aman!

    kalo dirasa kurang sreg karena tidak pake kompresor coba lakukan pompaan secara perlahan dengan menggunakan kick starter, pastikan sudah tidak ada oli keluar dari bak mesin.

  132. AhliBongkar says:

    kang Iqbal, klo mobil tua th 80an pake oli sintetis bagus gak? apa malah bisa jebol?
    mestinya yg plg ptg adalah ganti oli teratur, ga telat dan jgn gonta2 oli. 3 hal ini menjamin mesin gak cepet rusak (meski lama2 mesin jg pasti rusaklah…namanya aja buatan manusia, ga ada yg abadi) :)

  133. federick says:

    om……flush oli mesin tiap brp km? trus oli transmisi bknnya ganti tiap 50rb ?? lgsg di flush ato ga usahh?

  134. Hendri says:

    Om Saft,

    Setaun yll saya membeli mobil bekas umur 5 tahun.
    sampai skr udah ganta ganti jenis oli karena belum merasa ada yang “pas”.
    Kata orang gonta ganti merk oli ga bagus yah karena sisa-sisa bahan kimianya kalo bereaksi bisa ga cocok.
    bener gak sih ?

    Kalo tiap ganti jenis oli, perlu gak sih di engine flush ?

    Thks yah

  135. engine flush untuk di speda motor sebenarnya tidak dianjurkan karena unit transmisi dan girboks menyatu kompak dan tidak terpisah seperti di mobil yang mana oli transmisi dan mesin berbeda, sehingga jika di terapkan di motor bisa berakibat fatal terutama pada unit transmisi dan girboknya. sering jg saya lihat produk2 engine flush dimana kemasan nya ditulis hanya untuk mobil dan tidak diperuntukkan ke sepeda motor.

  136. Jocky says:

    Kalo kita pake engine flush, ada kemungkinan rontokan kerak-kerak olinya malah bikin mampet saluran oli nggak sih. Mobil gw ada kerak-kerak olinya tapi masih ragu mo nge-flushnya. Tolong sharing yg udah pernah ngebersihin kerak pake engine flush ……

  137. Amin Taufik says:

    Om Saft, untuk kendaraan lawas yang berumur lebih dari 5 tahun apakah masih harus mengikuti buku spec oli sesuai buku petunjuknya? Peugeot 505 recommended oleh pabrikan menggunakan oli semi synt SAE 10/40. Sementara ada pendapat rekan-rekan saya kalau di paksa menggunakan oli dengan SAE 10/40 akan cepat merusak mesin karena oli terlalu encer sehingga kurang bekerja baik dalam hal melumasi mesin-mesin lawas. Menurut Om Saft gimana?

  138. asta says:

    Oooom Saft mo nanya neh.
    kalo flushing oli transmisi matic, kudu berapa kilo sekali ya?, trus kalo dextron II ganti Dextron III boleh gak? (crown’91), itu flushing harus ya?… terima kasih.

  139. Iqbal Zulkarnain says:

    Kalo mau aman..ya pake olie rekomendasi pabrik ajah la…..kalo mobil dibawah taun 90′an, ya pake olie mineral SAE 20W/50 dah cukup lah….nah kalo yang dah canggih…(injeksi,DOHC,VTEC,VVTI) ya pake minimal semi sintetis15W/50 atau 10W/40, pa lagi yang pake sistem HLA (Hidraulic Lash Adjuster), kualitas olie sangat mempengaruhi….., dan yang terpenting adalah…JANGAN PAKE OLIE PALSU…….

  140. Suherman says:

    Sebetulnya ada dua hal yang mesti diperhatikan untukmenentukan pemakaian oli mesin:
    - kekentalan oli dengan acuan SAE….?
    - Klasifikasi oli, dengan melihat code S nya..apakak SH SL SM dst.

    Kalau kekentalan oli sangat tergatung dari clearance pada mesin, makin besar keausan makin besar clearance, ini bisanya membutuhkan oli yang sedikit lebih kental. sebetulnya oli yang baik adalah oli multigrade yang range cukup kecil contoh 10w-20, sayang saya belum pernah lihat di indonesia, umumnya 10W-40.

    Sedangkan klasifikasi oli S berarti Spark ignited, sedangkan huruf belakangnya makin kebelakang makin baik, kalau nggak salah sekarang paling bagus SM punya petronas.

    Nah kalisifikasi oli dan jenis oli (syn atau mineral) kita harus bijaksana memilihnya , extremnya jangan anda punya suzuki carry atau kijang doyok anda pake oli mobil oil syn yang harganya 150 rb /liter, pemilihan ini snagat tergantung dari berapa besar tenaga output dari mesin dibandingkan dengan kapasitas mesin (CC), makin besar perbandingannya harus memakai oli yang baik, kenapa?, karena suhu dari mesin/ruang bakar semakin meningkat, hal inilah yang mesin tsb butuh oli yang lebih bagus.

  141. T. Ahmad Danial says:

    Mau nanya nih. Sebenarnya lebih bagus mana oli sintetik atau yang tidak sintetik. Denger² oli sintetik lebih tahan lama. Tapi saya rasa ada dampak nggak bagus buat kendaraan dan lingkungan (namanya aja sintetik, contohny pewarna makanan sintetik kalo masuk tubuh kan nggak bagus, meskipun warna yang dihasilkan lebih bagus). Mohon pencerahannya.

  142. TheOwner says:

    Dear Oom Addin Farkhan, tujuan Engine Flush adalah menumpas lendir atau sludge yang bisa menyumbat jalur oli (oil passage) di mesin.. Jika Oil Film tergerus,.. tidak masalah, asalkan sesudahnya dimasukkan lagi oli yang kualitasnya bagus, sehingga membentuk kembali lapisan oil film yang lebih FRESH.

  143. Addin Farkhan says:

    Pernah baca di satu artikel bahwa oli pada motor disamping buat pelumas mesin juga pelumas transmisi, dikhawatirkan kalau engine oil flush ini akan menggerus bagian kopling yang terbuat dari asbes CMIIW

  144. rahmanrr says:

    flushing mesin dgn memakai engine oil flush berfungsi untuk membuang lumpur oli yang biasanya terbentuk, dengan pemakaian oil flush sebetulnya fungsi oli sbg pelumasan menjadi berkurang dan diganti menjadi fungsi pembersihan, hal ini maksudnya supaya lumpur oli bisa bercampur dan bisa terbuang nantinya ke lubang pembuangan, utk itu tidak disarankan pd saat anda lakukan flush mesin dalam keadan jalan, hanya disarankan idle saja (diam di tempat selama 15menit), dengan pemakaian oild flush ga akan menggerus bagian mesin anda selama dipakai dengan benar.

  145. Asep says:

    Kang Saft untuk sepeda motor pernah baca (lupa lagi di mana) tidak dianjurkan menguras oli meisn dengan menggunakan Engine Oil Flush, dikhawatirkan lapisan film di blok mesin ikut tergerus. Nah CMIIW yah mana yg bener :)

Leave a Reply





Switch to our mobile site

Tips Otomotif saft7.com