Menu

Bersih-bersih Carbon Deposit di Mesin

07/02/2005 - Ide-Ide, Mac Gyver, Mobil, Motor
Bersih-bersih Carbon Deposit di Mesin


Buat yang mau Bersih2 Kerak Carbon, hingga bener2 ok….
Termasuk untuk bersih2 injector tentunya…
…. kira2 butuh teman2 pembersih seperti di bawah..

Brighton 015 Carburetor Cleaner:
ini termurah dari seluruh carburetor cleaner, dipakai untuk membilas dan membersihkan kotoran2 tipis.
harga 15ribu/kaleng di Jayapura ITC Dutamas. (habis 2 kaleng)

GZOX Engine Conditioner:
mirip dengan DCS Engine Conditioner, berupa foam untuk membongkar habis kerak atau deposit Carbon yang bandel dan ngeyel… tentunya dibantu sikat kuningan jika diperlukan.
Ini juga termurah dari seluruh Foam Cleaner, @40ribu/kaleng di toko yang sama (habis 2 kaleng)

GZOX Electric Contact Cleaner:
Untuk membersihkan socket2 electrical sehingga bebas dari gum, kotoran, sampai upil..
harga @59.500/kaleng di Ace Hardware

Pages: 1 2

27 thoughts on “Bersih-bersih Carbon Deposit di Mesin

SLijo'81

kang,

kalo gambar dan cara2 ccarbon cleaning bisa ditampilkan gak??
trutama buat mobil tua yg kayak saya pake nih..
Thanks.

Reply
BenjoL

Om Cara bersihinnya gimane … untuk mesin DOHC ? beli pembersihnya ..kok tau-tau bisa kinclong .. di sulap yah OM … ajarin dong … :))

Reply
TheOwner

Sorry oom… waktu dibuatnya foto2 itu… lupa untuk bikin liputan lengkap.. sehingga tau2 dah kinclong… hehehe.
Bisa kinclong gitu, caranya pertama disemprot dulu dengan Carburator Cleaner, setelah itu kalau Carbon nya tebal dan buandel… di sikat dengan sikat atau kuas kuningan.
Oh ya.. pastikan valve dalam kondisi menutup ya… biar kotoran bisa disemprot atau dihisap keluar.

Sikaaat terus hingga kinclong…

saft

Reply
DJ ALiT

Ga jelas nih ngajarinnya :( itu dari intake manifold dibongkar ya bro? step by step donk bro… hikz.. :(

Reply
budi santoso

penyemprotannya apa via lubang carbu atau gimana masih kurang jelas
sehingga tidak salah semprot. trims. atas benatuannya.

Reply
m@tigan

Bisa untuk bersihin karburator motor juga nggak ????

Reply
budi santoso

tolong dijelasin (skema gitu loh) cara pasang water injection jadi para pembaca pun bisa jelas jika ingin coba bikin sendiri karena gue juga senang utak atik tuh mobil, trima kasih brur. salam buat pembaca semua

Reply
arydanrekan et telkom.net

Bos tolong diperjelas cara cara membersihkan menggunakan carb cleaner untuk motor.
engine off atau engine on kaya mobil di autobild.

Please bikin dong tutorialnya..

Reply
chandra INTECH

Oia nambahin nie, Merk “KARBU JET” nya ko’ ga ada…, Tu bagus banget benget banget buat semua jenis mesin karburator…,apalagi buat mobil DRAG RACE yang pake “karbu” ; ceuk aa epheur…, tinggal semprotin ke “four”nye sambil di gas2 aj…,dah deh tinggal di geber.

Reply
palmer

minta alamat distributor GZOX di jkt

Reply
Abi

Siang Bos,

Tolong doong informasiin ttg cara ngebersihin kerak/ karbon di ruang bakar mesin dan injector mesin (DOHC), trus ada rekomendasi gak menggunakan apa atau service bengkel dimana?

Reply
budi santoso

Boos tolong yang terbaik merk apa? dan sudah banyak yang membuktikan bahwa cleaner pembersih itu benar-benar bisa membersihkan ruang bakar, klep isap/buang seperti gambar tsb. diatas, sehingga kita tidak ragu untuk membeli dan membuktikkannya, trims dan salam semua buat pembaca milis ini.

Reply
budi santoso

Numpang tanya lagi tuh, setelan klep isap & buang untuk feroza agar tidak boros bensin berapa sih, mungkin bisa terjawab disini, terima kasih.

Reply
bangdoel

Bisa ga buat motor ? Berapa banyak ? Apa pengaruhnya buat mesin ?

Reply
budi santoso

Boss pertanyaan gue tgl.16 Juni 2006 sd. sekarang kok tdk dijawab atau mungkin difolder lain ya tks.

Reply
MIFTAHUL CULLUM

mumang membersihkan mesin mobil tidak gampang kalau belum bisa untuk menggunakan tetepi sebaliknya
kalau sudah mengerti gimana cara kerjanya menggunakan crab cliner untuk member sihkan mesin contohnya: carburator, injector ,lubang busi ,salain itu crab cliner juga bisa digunakan untuk tune up
yang sering saya gunakan obat crab cliner ini sagunakan untuk tune up mesin mobil maupun motor.

Reply
MIFTAHUL CULLUM

slain itu yang belum menggunakan obat yang saya maksud diatas coba yang belum pakai untuk mencobanya garugi pasti mobil anda akan lebih enak enteng tidak ngempos digasnya enteng.

Reply
adi

tolong minta skema Water injection (WAI) untuk mobil kijang rover 1988,
terim kasih

Reply
Mr. Gacule

mas

ne produk bsa 100% terjamin g kualitasnya ?

Reply
budi santoso

Bang tolong agar feroza tdk boros bbm bagaimana stel karbunya atau klep isap buangnya, dan ukuran klep dibuat berapa tuh agar irit, soalnya borosnya minta ampun 1: 7 dlm kota, luar kota 1:9. Saya udah coba bersihkan itu klep2nya (lepas selinder head) kinclong seperti gambar diatas, tapi untuk ukuran klep saya yang belum tahu. Mohon dijawab secepatnya ya Bang Terima kasih

Reply
farid

bung saya mau tanya nich.
katanya feroza boros, untuk 1 liter bbm bisa untuk berapa Km? dalam kota berapa dan luar kota berapa?

apa sih yg membuta feroza itu boros?

ada saran untuk supaya gak boros bbm??

kira kira apa aja yg perlu di benanhi, pengapian atau apa?

trimkasih… mohon pencerahan…..

januart@pln.co.id

Reply
budi santoso

Bank Saft7 kapan pertanyaan saya dijawab, saya tunggu sd. sekarang kok nggak jelas, emangnya tidak dibaca ya mas, tolong buat pembaca yang kebetulan baca milis ini dan ngerti ttg feroza yang boros itu sering ke saya dan agar milis yang lain yg belum ngerti biar ngerti juga gitu loh. Terima kasih.

Reply
Saftari

budi santoso Says:
Bank Saft7 kapan pertanyaan saya dijawab, saya tunggu sd. sekarang kok nggak jelas, emangnya tidak dibaca ya mas, tolong buat pembaca yang kebetulan baca milis ini dan ngerti ttg feroza yang boros itu sering ke saya dan agar milis yang lain yg belum ngerti biar ngerti juga gitu loh. Terima kasih.

Jawab:
Om Budi, bukannya tidak di baca… tapi saya ga ngerti mobil tersebut,.. mungkin nanti ada teman yang bantu jawab. thanks

Reply
    Fandy DK

    Dear Mas Budi, saya ingin menyumbang pengalaman mengenai ferozza, klo untuk konsumsi bahan bakar tergantung kondisi jalan,cara berkendara dan kondisi mesin itu sendiri mas. Namun kebanyakan perbandingan konsumsi bahan bakar tersebut utk feroza 1:6 / 1:7 (dalam kota + AC) dan 1:8 /1:10 (luar kota+AC). Awal saya menggunakan feroza konsumsinya 1 liter cuma dapet 6 km, begitupun tenaga dan performanya bener2 ga bs diajak kompromi,setelah membenahi beberapa komponen pengapian (distributor,Koil,Busi+kabel dll) dengan yang sama2 standard design mulai ada perubahan yg cukup signifikan. Setelah Itu saya mencoba Inject “Nano Energizer” satu bungkus,belum sampai 1000km perubahan dahsyat pun terjadi pada feroza saya. Akselerasi meningkat,tenaga pun ga habis2 layaknya mesin baru.Karena Nano Energizer mengcoating seluruh komponen yg aus dengan nano keramik tanpa perlu turun mesin..Bahkan sewaktu saya mampir kesalah satu bengkel resmi daihatsu dikota saya (pekanbaru) sang mekanik sempet berujar “Baru kali ini aq dengar mesin feroza yang halus suaranya bang” Bener2 luar biasa efek dari Nano Energizer,bukan iklan lho tapi saya udah merasakan sendir,skrg konsumsi bahan bakar saya 1:8 utk dlm kota dan 1:11 utk luar kota,udah ama AC nyala lho mas,double blower lagi AC saya karna saya seri Feroza SL. Semoga tulisan saya bisa membantu sampeyan.

    Reply
      denny

      nano energizer dapate dimana gan, jadi tertarik nih pake nano energizer, fero ku dalam kota 1:9 (plus AC) sapa tau kalo dikasi nano energizer isa tamah irit lagi,

      Reply
dek

karb cleaner tidak akan bisa membersihkan piston dalam ruang bakar yang keraknya sudah tebal tanpa ada intervensi dari sikat kawat..hehe. kalau mau bener2 bersih piston harus dibersihkan secara manual setelah itu penyemprotan dilakukan rutin 1-2minggu sekali karena rentang tersebut kerak piston belum terbentuk. Kalau tidak percaya coba ambil piston yang penuh kerak lalu semprotkan karb cleaner. Biar sampai habis sebotol juga tidak akan rontok semua…..

Reply
Ruler

mo nanya om…. klo untuk digunakan untuk mesin Mobil F1 BMW saya bisa gak ya…? tolong infonya, skalian cara penggunaan pada mesin mobil F1 saya, soalnya mau saya pake balap ni…..

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>