Menu

Cegah Kebakaran Mobil !!

02/03/2009 - Mobil, Safety
Cegah Kebakaran Mobil !!

Mencegah lebih baik daripada menanggulangi kebakaran pada mobil. Terjadinya kebakaran pada mobil bisa disebabkan hal-hal sepele akibat keteledoran ataupun permasalahan teknis pada komponen mobil. Perawatan yang kurang baik dan tepat pada mobil juga bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran.

Umumnya kebakaran pada mobil disebabkan dari bocornya saluran bensin, terjadi hubungan arus pendek (short circuit / korslet) pada pelistrikan mobil, api rokok pada interior mobil, tabrakan dan lain-lain.

NYARIS TERBAKAR…

Musibah dapat terjadi pada siapa saja, ternyata saya sendiri mengalaminya pada mobil saya. Kejadiannya ketika saya selesai melepas-pasang injector pada injector rail. Biasanya saya selalu cek ulang untuk mencegah adanya kebocoran, namun saya harus menunggu semua busi yang sedang dilepas untuk dibersihkan. Tiba-tiba saja saya harus memindahkan parkir mobil saya segera. Busi sudah dipasang, saya langsung menyalakan mesin dan memundurkan mobil. Saya lupa untuk cek ulang pemasangan injector tadi karena permintaan pindah parkir tersebut.
Sekitar 1 menit kemudian, terdengar bunyi “BLUBH” dari dalam kabin. Pegawai saya lari ke arah mobil sambil berteriak “Api.. Api.. Api..”.
Segera saya buka kap mesin, dan lidah api terlihat menjulang ke atas dari mesin bagian depan… segera saya matikan mesin.
Sementara orang di sekitar mobil saya sigap mengambil air dan mengguyur mesin saya, namun api masih berkobar deras.

Pasti masih ada tekanan bensin dari Fuel Line, segera saya buka tutup bensin, dan menutupnya kembali untuk menurunkan tekanan yang ada di Fuel Line. Benar saja, api langsung mengecil dan padam dibantu semprotan air.

Alhamdulillah kurang dari 60 detik api padam, setelah diperiksa kembali, tidak ada yang sempat terbakar oleh api tadi. Nyala api yang besar masih murni dari bensin yang bocor keluar dari injector yang tidak pas pemasangannya.

Sungguh merupakan pelajaran yang berharga bagi saya, untuk lebih cermat, berhati-hati dan teliti setiap kali memperbaiki sesuatu.
Bagaimana apabila kebakaran terjadi di jalan dan saya telat mengetahuinya.., mungkin ruang mesin akan seperti ini..

SEDIA ALAT PEMADAM API RINGAN

Setelah mengalami sendiri kejadian yang menakutkan tersebut, saya perlu untuk menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di mobil saya. Dan ternyata, ketika saya cari, harganya tidaklah mahal. Hanya 60 ribu rupiah hingga 120 ribu rupiah.

MEMILIH APAR

Produk APAR yang beredar di pasaran umumnya ada 2 macam, yaitu yang WaterBase-Foam (air berbusa) dan Powder (bubuk).

Kita perlu mengenal kategori/kelas yang dapat ditangani oleh APAR tersebut.
APAR yang digunakan untuk Otomotif ada 3 kelas, yaitu Kelas A, Kelas B dan Kelas C.

Pada bagian belakang APAR biasanya ada gambar dari kelas atau peruntukannya.

APAR kelas A & B – Berbahan WaterBase Foam bertekanan

APAR kelas A , B & C – Berbahan Powder bertekanan

APAR kelas A , B & C – Berbahan Powder bertekanan

CARA PAKAI

Cara pakai APAR berbeda-beda tergantung pada desain produknya.
Sempatkan untuk membaca cara pakai sesaat setelah membeli produk itu, sebab jika ditunda, akan terlambat untuk membacanya saat musibah itu muncul tiba-tiba.

Ada APAR yang dioperasikan dengan cara menekan tombol bagian atas seperti menyemprot kaleng aerosol biasa.

Ada juga APAR yang dioperasikan dengan menarik klip pengunci kemudian menekan/ menarik knop-nya hingga isi APAR tersembur keluar.

SANGAT SINGKAT!

Yang perlu diingat, bahwa isi tabung yang kecil itu (sekitar 400gram) hanya menyemprot kurang lebih 10 hingga 20 detik saja.
Jadi pastikan untuk menyemprot dengan benar.

Arahkan semprotan langsung ke Pangkal Api, bukan ke lidah apinya.
Gerakkan seperti menyapu untuk memutuskan / mematikan sumber api.
Jangan terlalu dekat dengan sumber api, tetapi juga jangan terlalu jauh yang membuat semprotan menjadi tidak efektif.

Jika api tidak dapat dilumpuhkan, segera minta bantuan Pemadam Kebakaran di nomor telepon 113 atau 1131

KESIMPULAN

  1. Berhati-hatilah selalu dalam bekerja
  2. Cek ulang pemasangan / instalasi pada mesin maupun pelistrikan mobil.
  3. Selalu cabut kabel accu ketika melakukan perbaikan mesin dan pelistrikan
  4. Hindari Pemasangan asesoris yg menggunakan energy listrik secara berlebihan dan selalu lengkapi dengan sikring pengaman.
  5. Periksa ulang sambungan kabel, gunakan kabel yang berkualitas dan sesuaikan ukuran kabel dengan daya yang akan digunakan.
  6. Hati-hati pada pemasangan alat tambahan (penghemat BBM, Magnet, dll) pada saluran bahan bakar, terlebih yang disertai pemotongan selang bahan bakar. Periksa juga klem dan kondisi selang bahan bakar.
  7. Periksa kembali instalasi audio yang menggunakan daya besar, mulai dari sambungan kabel hingga ukuran kabel dan ukuran sikring yang digunakan.
  8. Sediakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan / Fire Extinguisher) di tempat yang mudah dijangkau.
  9. Membuka tutup bensin sesaat, dapat membantu menurunkan tekanan pada fuel line (jalur bahan bakar).
  10. Umumnya masa pakai APAR otomotif adalah 2-5 tahun (lihat pada kemasan)
  11. Saat membeli APAR, tanyakan pada penjual, tanggal produksinya.
  12. Umumnya APAR untuk otomotif tidak bisa di TEST, jadi sekali pakai langsung habis dan kemasannya dibuang.
  13. Selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan apapun.
  14. Penyimpanan/Penempatan APAR tidak boleh terkena sinar matahari langsung
  15. Pada kemasan APAR umumnya tidak boleh disimpan lebih dari 55°Celcius, perlu dipikirkan lokasi penyimpanannya sebab tiap mobil berbeda konstruksinya.

VIDEO: (sumber : http://www.yidio.com)

Mercy Terbakar di Dalam Garasi Rumah Mobil Mercy terbakar di dalam garasi rumah di Kebayoran Baru, Jakarta. Untuk menjinakkan api, 1 Unit mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan.

.

[ www.saft7.com – automotive tips and sharing ]

Special Thanks to:
Jayapura Motor (susanto)
Menjual: Pemadam Api, Lampu dan Asesoris
Pusat Onderdil – ITC Dutamas Fatmawati Lt.Dasar
Phone: 021.72793675

sumber referensi:
Fire – extinguisher
Fire Extinguisher : 101
FIRE BLOCK – SMALL FIRE Extinguishing (WATER BASE)
Space Center X-T Fire Extinguisher

28 thoughts on “Cegah Kebakaran Mobil !!

Suyandi Liyis

foto mobil oom yg biru kah? mantaf…

Reply
Dias

Nice info bro…

Mantap…

makasi yaaa…

😀 😀 😀

Reply
Martin Teiseran

Penjelasan dan pengalaman yang berharga. Pernah saya lepas sender gaude bensin DX yang di tangki tu, tanpa melepas aki, saya sempat melihat cipratan bunga api. Wahhhh perasaan saya seperti hilang sesaat dan fisik menjadi lemas. Bayangkan kalau cipratan itu kena ke bensin yang jaraknya sangat dekat….

Reply
santo

oom saft, APAR ini apakah untuk ditaro di mobil? setau saya, alat inipun ga aman kalo ditaro di mobil (lain kalo mobil balap), karna ada kemungkinan meledak kalo terexpose matahari (misalnya diparkir di bawah sinar matahari) cmiiw.
mungkin perlu dikasih tips cara naro yg aman juga oom :)

Reply
Mr.C

wah.. makasih yah..

jadi takut deh gw mo bersihin injector…
coz rencananya gw mau bersihin injector….

biar lebih pasti… apa2 om yang harus saya perhatikan pada saat mekanik membuka dan memasang kembali injector.. biar lebih safe aja..

Reply
saft7com

Mr.C says:
wah.. makasih yah..
jadi takut deh gw mo bersihin injector…
coz rencananya gw mau bersihin injector….
biar lebih pasti… apa2 om yang harus saya perhatikan pada saat mekanik membuka dan memasang kembali injector.. biar lebih safe aja..

Jawab:
Pastikan periksa ulang pemasangan.. O-Ring sebaiknya diganti tiap kali injector dilepas dari mesin dan fuel rail. Nyalakan mesin, periksa dan biarkan mesin menyala 20-30menit untuk memastikan tidak ada kebocoran sambil terus diperiksa.

Reply
Yoppi

Makasih Kang Saft atas info berharga ini……
Ternyata…. dan sebagian besar rekan pengemudi mobil di sekitar kita pastinya hampir tidak ada yang membawa APAR. Entah kenapa… sayapun juga…
Pastinya mulai sekarang sepertinya sudah harus menyediakan deh dikendaraan kita…

Thanks….

Reply
irwin

Satu hal yang paling saya takutkan di mobil yaoitu kalau mencium bau asap, apalagi kalau benaran ada asapnya. Utk mobil seperti tipe dan seusia yg saya miliki tentunya kabel2 sudah mulai rentan tetas. Pernah kejadian dari dashboard keluar asap, padahal hanya dari lampu asesoris tape tapi rasanya jantung mau copot, apalagi sdg jalan sama keluarga, terpaksa buru2 evakuasi mereka. Memang di mobil saya selalui sedia APRAR dan tempatnya di set dibawah laci dasboard depan jadi cepat meraihnya kalau ada apa-apa. Juga sediakan kunci inggris di laci console box utk cepat membuka kepala batre utk memutus arus kalau ada koslet, sebelum merembet ke kabel2 lainnya. Yah bisa juga buat jadi alat jaga diri kalau dibutuhkan.

Reply
FHM

mau tanya, untuk APAR, ada resiko ngga jika ditaruh didalam mobil sementara mobil sering diparkir terbuka di siang hari, apa pengaruh suhu panas dalam kabin bisa mempengaruhi APAR itu sendiri? bisa meledak misalnya..

mohon infonya thanks

Reply
saft7com

FHM says:
mau tanya, untuk APAR, ada resiko ngga jika ditaruh didalam mobil sementara mobil sering diparkir terbuka di siang hari, apa pengaruh suhu panas dalam kabin bisa mempengaruhi APAR itu sendiri? bisa meledak misalnya..
mohon infonya thanks

Jawab:
Penyimpanan/Penempatan APAR tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

Pada kemasan APAR umumnya tidak boleh disimpan lebih dari 55°Celcius, perlu dipikirkan lokasi penyimpanannya sebab tiap mobil berbeda konstruksinya.

Reply
d1mazz

saat hendak memadamkan, pastikan posisi kita upwind.. (serius, ini yang biasanya orang lupa)

tapi juga jangan kelamaan dalam menentukan arah angin, ntar keburu gede apinya.

makanya sebelum melakukan kegiatan yang rentan bahaya api, selalu pastikan arah angin terlebih dahulu.. gak lama kok, nanti juga lama-lama jadi kebiasaan.

Reply
lestari

mercy terbakar?
kenapa Mercy jadi sering kebakar gitu yak?
Produk gagalkah?
but…
Nice Info…
makasih ya Om Saftari…

Reply
Jacob

European car biasanya di desain tidak memasukkan variabel iklim indonesia (tropis) yang udaranya memiliki tingkat kelembapan tinggi (humidity).
..Kalau untuk mesin sih udara lembab malah bagus, tapi untuk piranti elektronik malah dapat menyebabkan hubungan singkat apalagi ketika udara lembab bercampur udara jakarta yang berdebu… wah makin parah.

Reply
alris

Panduan yang lengkap. Sayang saya belum punya mobil. Salam kenal, main yuk ke blog saya.

Reply
Gunadi

Oom Saft,
thanks artikelnya. Siang tadi di Discovery Channel baru saja ditayangkan soal HP dan elektrostatik dalam hubungannya dgn pemicu kebakaran di pom bensin. HP ternyata busted alias tidak benar. Tapi elektrostatik ternyata bisa memercikkan api. Jadi itu sebabnya memang harus mematikan mesin sebelum mengisi bensin. Sentuhan tangan ke besi di sekeliling starter menyebabkan tubuh discharged. Kalo kurang yakin, sentuh lagi satu kali lagi ke bodi mobil.

Boleh tuh Oom Saft dibahas lagi soal elektrostatik dan bahayanya. Discovery bilang, kasus mobil terbakar di pom bensin terbanyak wanita daripada laki2. Saya kurang paham tapi dengar ada hubungannya dengan jenis pakaian wanita, lebih banyak yang memicu elektrostatik.

Reply
desy anggarani

APAR yg jenis apa untuk alat berat

Reply
Tian

Kang saft maap aga ngelantur, tp saya bnr2 butuh bantuan kang saft nih..

lampu belakang sblh kiri saya kemasukan air yg saya jg kg tw msk dr mana,prtmnya dr berembun dl lama kelamaan seiring dgn keujanan ma mobilnya dicuci skg da ky aquarium ikan kang..lampunya si da konslet jd mati pdhl air blm merendam bohlam..

yg saya mw tanya bs nda ya dikuras airnya da gt dibersihin lumut2nya gt??kl bs, ada rekomendasi tmpt yg bs bnrn nda kang??saya tinggal di daerah joglo, srengseng, jkt brt..

oo iya mbl saya toyota vios 2006..

soalnya kan kl ganti ma rumah2nya itu mahal n msti beli sepasang,wong ini yg rusak cm sblh kiri yg kanan ma msh bgs..

makasih bgt yaa kang saft…

Reply
yudi

Saya pernah nyimpan APAR di mobil. Karena takut meletus kena suhu panas, tidak simpan di kabin, tapi di bagasi shg respon utk menjangkaunya agak lambat. Kalau meletus di bagasi lebih safe kayaknya.
Saya pernah lihat akibat APAR yg metelus di kabin mobil yg diparkir lama, jebol di penyemprotnya & mengotori langit-langit.

Reply
Agus Ramdani

Saya pernah mengalami kebakaran pada corrona th.82.
Habis overhoule top side,tinggal pasang karburator,kebeneran jatuh waktu istirahat kap mesin saya tutup.
Baru cuci tangan,eh temen saya yang punya mobil datang,dan langsung starter mesin.Disangkanya sudah selesai karena kap ditutup.Api keluar dari inlet manifold,didudukan karburator yang belum dipasang.
Jadi api muncul dari bensin bekas cuci2 komponen di cylinder head dan kepala piston,terpercik busi dan meledak dari dalam cylinder.
Pesan :
1.Jangan menutup kap mobil sebelum kerjaan selesai yang mengesankan sudah selesai rapi.
2.Buatlah tag yang mudah dilihat yang mengesankan”sedang dalam perbaikan”
3.Lepaskan kabel Aki selama dalam perbaikan.
4.Jangan biarkan kunci kontak menggantung distarter selama perbaikan.
salam

Reply
teguh

Tes…

Reply
teguh

maaf ya om numpang terkenal… :)
bagi yang membutuhkan alat pemadam api ringan, fire safety, fire equipment, hydrant+jockey pump, smart alrm, smoke detector, dll.
Kirim kan email ke: teguh622@yahoo.com
sekali lagi maaf ya om kalo kurang sopan…
Thanks.
Wasalam.

Reply
udji

wah hal ini saya alami pada hari pertama puasa, akibat keteledoran sehingga kabin terbakar habis, sedangkan engine compartement ,masih mulus, mohon bantuanya kang saft kalau mau rebuil eterna91 ae ini apa ada yg jual wiring set+harnes+ecu soa;nya sayang engine masih bagus makasih sebelonya

Reply
Iman

informasi ini sangat berguna, thanks saftari..

Reply
Andri Lee

oke ngomongin APAR buat mobil yah.
pertanyaan saya :

1. Apakah APAR itu sudah di rancang tidak menyebabkan konsleting ?

2. Apakah APAR itu sudah di rancang tidak menyebabkan korosif ?

3. Bahaya penggunaan APAR jenis bubuk & Foam apakah anda sudah tau ?

kalau belum mari kita bahas …..
krn mobil yang terbakan biasanya mobil eropa,
satu lagi pertanyaan :

* Apa yakin mobil harganya selangit, pake apar cuma harga gk sampe 200 ribu ?

after ejection bakalan banyak PR yang harus dikerjakan.

Reply
Andri Lee

ups sorry. lupa cantumin detail.

Andri Lee

YM : pokokeoke2001

gw bukan mau promosi product ataupun apapun. cuma mau sharing penggunaan APAR jenis foam & bubuk pada Mesin mobil itu Gk COCOk.

alias berdampak hal hal lain. ( karat, kerak, reaksi panas terhadap foam & bubuk itu sendiri, dll )

Reply
Andri Lee

view this video.
gud for our car right ?

http://www.youtube.com/watch?v=Y175vnnyOCI

Reply
mebelanda.com

tips nya bermanfaat. thanks

Reply
    dani s

    sampai saat ini saya masih bingung dgn kejadian di tempat kerja saya, yakni salah satu mobil box (mitsubishi L300) mengeluarkan api saat mobil tsb dlm keadaan mesin mati dan diparkir 2 hari.Kejadiannya sktr jam 3.00 pagi
    sekuriti yg kebetulan lagi patroli awalnya melihat lampu sen menyala & di didalam kabin terang, ternyata ada api. Beberapa hari sblmnya seorang driver mengganti lampu depan, dan dia pastikan lampu tidak hidup
    pertanyaannya :
    – koq bisa timbul api dan dari mana sumber api tsb (dari sisi elektrikal at mekanik)?
    – kemungkinan penyebabnya apa saja berkaitan kejadian tsb?

    mohon sharingnya dan terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>