Menu

Lampu Halogen …apaan sih?

07/02/2006 - Apaan sih?, Lain-Lain, Mac Gyver, Mobil, Motor
Lampu Halogen …apaan sih?

Hampir seluruh produk otomotif baik mobil maupun motor sudah memakai lampu Halogen sebagai lampu penerangan utama. Dengan konsumsi daya yang sama, cahaya yang dihasilkan lampu halogen lebih terang dan lebih awet dibanding lampu biasa. Produk lampu halogen untuk otomotif yang banyak dikenal adalah jenis H1, H3, H4, H7, H8, H9, H10, H11, H12, H13, 9004, 9005, 9006, 9007, 880, 881, 884, 885, 896 dan sebagainya.

Apa sih lampu halogen itu?

Lampu pijar biasa berisi filamen tungsten, dibungkus dengan kaca dan disertakan di dalamnya campuran gas (umumnya Nitrogen, Argon dan Krypton). Ketika listrik disalurkan, maka filamen akan menjadi panas (bisa mencapai 2.000°C) dan kemudian terlihat membara. Bara terang tersebut kemudian menjadi sumber cahaya.

Lihat gambar di bawah ini..

Keterangan gambar:

  1. Daya listrik membuat filamen membara. Pada saat filamen membara, tungsten akan menguap.
  2. Tungsten yang menguap, kemudian terkondensasi pada dinding kaca yang lebih dingin.
  3. Hal ini terjadi terus menerus selama lampu menyala, sehingga semakin lama kaca lampu akan terlihat menghitam, kemudian hingga suatu saat filamen tungsten akan terus menipis dan akhirnya putus, lampu mati.

Lampu halogen termasuk dalam jenis lampu pijar. Lampu halogen diciptakan dengan memperbaiki proses lampu pijar biasa di atas, yaitu dengan mengurangi masalah menguapnya tungsten. Kaca lampu dibuat dari kaca kuarsa yang tipis dan tahan panas, kemudian gas yang diisikan ditambahkan sedikit gas halogen.
Pada tahun 1959 lampu halogen diperkenalkan untuk kepentingan komersil.

Lihat gambar di bawah..

Keterangan Gambar:

  1. Terlihat gas halogen diantara gas-gas lainnya dalam lampu halogen. Secara kimia, gas halogen (butir merah) akan bereaksi dengan uap tungsten(butir hitam) yang kemudian menghasilkan halida tungsten.
  2. Pada saat filamen tungsten membara, tungsten akan menguap.
  3. Gas halogen mengikat uap tungsten tadi menjadi tungsten halida. Ketika halida tersebut menyentuh tungsten filamen yang sedang membara, senyawa tersebut kembali terpecah dimana gas halogen kembali terlepas sementara tungsten kembali melekat pada filamen.
  4. Siklus ini berulang terus menerus yang menghasilkan cahaya lampu yang stabil dan umur lampu yang panjang.

Siklus tersebut di atas disebut dengan siklus halogen atau Halogen-Cycle.
Namun syarat utama untuk terjadinya siklus halogen adalah suhu permukaan kaca lampu harus sangat panas. Suhu harus minimal sekitar 250°C hingga 900°C (tergantung besar daya lampu). Jika suhu kaca lampu berada di bawah itu, maka halogen tidak akan mampu mengikat uap tungsten, akibatnya tungsten akan melekat pada dinding kaca bagian dalam, hingga lama kelamaan kaca lampu akan menghitam, dan lampu halogen lebih cepat putus.

Nah!… rupanya proses di atas adalah alasan mengapa lampu halogen tidak boleh dipegang pada bagian kacanya.

Mengapa demikian?
Mari kita lihat gambar di bawah..

Keterangan Gambar:

  1. Jari tangan kita selalu meninggalkan sidik jari berupa lapisan lemak tipis.
  2. Lapisan lemak yang menempel pada kaca lampu halogen membuat suhu permukaan kaca lebih dingin dibanding permukaan kaca yang lain. Hal ini karena lemak tadi pada suhu yang sangat tinggi akan melebur menyatu dengan kaca yang berbahan dasar Quartz sehingga koefisien muainya menjadi berbeda dengan bagian yang bersih. Jika perbedaan koefisien muainya sangat besar, bisa menyebabkan kaca pecah.
  3. Akibat perbedaan suhu kaca di atas, proses siklus halogen tidak dapat bekerja sempurna.
  4. Semakin banyak uap tungsten yang terkondensasi pada kaca lampu, tepatnya pada bagian kaca yang lebih dingin (ada lemak). Bagian tersebut biasanya akan menjadi berkabut hitam, abu-abu atau putih.
  5. Akhirnya lampu menjadi cepat putus, akibat filamen tungsten yang cepat menipis karena menguap.

Umumnya umur lampu pijar biasa hanya sekitar 750 hingga 1.500jam, sementara umur lampu halogen bisa mencapai 2.000 hingga 4.000jam.

Dikarenakan suhu kerja lampu halogen yang sangat tinggi, beberapa negara mewajibkan perusahaan otomotif maupun perusahaan perlengkapan keluarga yang menggunakan lampu halogen untuk mematuhi persyaratan keamanan untuk menghindari kebakaran, luka bakar dan sebagainya.

Faktor yang mempengaruhi pendeknya umur lampu halogen adalah:

  1. Kaca lampu disentuh
  2. Kaca lampu terkena tetesan air akibat kebocoran box lampu
  3. Tegangan listrik yang kurang (membuat filamen tidak menyala maksimal).
  4. Banyak getaran / vibrasi

Saya coba tekankan lagi, bahwa lampu halogen harus menyala sempurna sesuai dengan tegangan dan daya yang dibutuhkannya.
Jika daya atau tegangan lampu kurang, maka lampu akan menyala redup.
Menyala redup menyebabkan Halogen Cycle tidak akan terjadi karena suhu kerja yang rendah.
Dipastikan umur lampu halogen tersebut tidak akan panjang.

Pengalaman pribadi:
Motorku belum menggunakan lampu halogen, kemudian saya ganti dan pasang lampu halogen, dimana sistem pelistrikan untuk lampu pada motor saya menggunakan arus AC. Sebagaimana umumnya pelistrikan motor untuk lampu yang menggunakan arus AC biasanya pada saat mesin idle, lampu akan redup, dan ketika putaran mesin tinggi lampu akan menyala terang.
Setelah 4 bulan kemudian, saya lihat kaca lampu halogen tersebut agak kehitaman. Ini membuktikan teori Halogen Cycle di atas, yang artinya akibat dari tegangan yang tidak stabil membuat halogen cycle tidak terwujud konstan.
Pada saat putaran mesin idle (langsam), tegangan yang masuk ke lampu lebih kecil dari yang dibutuhkan, saya pernah ukur sekitar 10.2volt. Sementara lampu halogen yang saya gunakan baru akan optimal jika di beri arus minimal 12 volt.
Beruntung sekali yang sistem pelistrikan lampu motornya menggunakan arus DC, pasti jika menggunakan lampu halogen akan lebih awet ketimbang motor yang menggunakan arus AC.


Sumber referensi:
Klipstein, Donald.The Great Internet Light Bulb Book. 1996.

73 thoughts on “Lampu Halogen …apaan sih?

** GusSur **

Thanks for the sharing ya Om…

Reply
Bagus

Articlenya bagus om…jadi ngerti ane…

Masih ada pertanyaan nih…jadi yang jenis H1, H3, H4,…dst, perbedaannya dimana yah?…aplikasinya gimana tuh om…?

Anyway thank you ya om…

Reply
DONNY DANARDONO

Mas Saftari, Pengetahuan yang sangat bagus bagi kami orang awam di bidang automotive. Thanks!

Reply
Andrean

Kalo yg msh pake arus dc (motor) lebih baik ngambil arus lgs ke accu dg tambahan relay………dijamin terang terus, terus terang ………

Reply
Hamlet

Jadi
1) berapa harga halogen 35,50,100 watt & yg mana yg aman buat motor?
2) apa bedanya dengan xenon (atau sama saja?)

Reply
Wiko

Info yang berguna banget nih Bos…
Saya ada pertanyaan, lampu standar motor tiger kan basisnya halogen jg ya? Trus kenapa kadar panasnya beda dgn tipe H4 ya?

Reply
TheOwner

Bagus Says:
Articlenya bagus om…jadi ngerti ane…
Masih ada pertanyaan nih…jadi yang jenis H1, H3, H4,…dst, perbedaannya dimana yah?…aplikasinya gimana tuh om…?

Jawab:
H1, H3, H4, dst.. beda pada desain konstruksi lampu, bentuk/model socket dan terminalnya.
Umumnya lampu utama mobil jepang menggunakan model H4, walau ada juga yang pakai H1 atau H7 untuk lampu utama.

Reply
TheOwner

Hamlet Says:
Jadi
1) berapa harga halogen 35,50,100 watt & yg mana yg aman buat motor?
2) apa bedanya dengan xenon (atau sama saja?)

Jawab:
1) sebaiknya gunakan besar daya yang dianjurkan oleh pabrik motor tersebut (sesuaikan dengan ukuran standardnya). Lampu yang baik adalah yang berdaya standard (tidak lebih besar), namun dengan sinar yang lebih terang dan awet.
2) beda pada isi gasnya saja, klaimnya lebih terang.

Reply
TheOwner

Wiko Says:
Info yang berguna banget nih Bos…
Saya ada pertanyaan, lampu standar motor tiger kan basisnya halogen jg ya? Trus kenapa kadar panasnya beda dgn tipe H4 ya?

untuk lampu standard bawaan motor Tiger saya kurang paham.
Tapi yang pasti watt nya tidak sebesar watt tipe H4 (50/65watt).
Jelas panas H4 tadi lebih besar daripada yang berwatt lebih kecil.

Reply
andi

mas saftari, bagaimana dengan pemilihan yang ideal/sesuai dengan daya kelistrikan mobil? apa kalo salah bisa bikin tekor aki kita mas? thanks

Reply
zonny

beda Kang Saft, yang halogen untuk tiger cuma 35/36.5 watt, beda lumayan dari yg 55/60, panas-nya juga beda jadinya

Reply
Asep

Tanya dong Kang kalo lampu yg Xenon-xenonan buat motor masuk kategori mana tuh?

Reply
boni

Saya pakai Halogen buatan taiwan H6 HID Halogen 6000K ( Warna putih Neon ) 60/55watt di Honda Supra X. Warnanya terang, tapi koq saya merasa cahayanya kurang maksimal yah ? apa harus ditambah pakai relay ? Karena setahu saya daya yang dihasilkan spool mesin hanya 35 watt aja yah ? CMIIW… kira-kira dimana saya bisa mendapatkan relay yang kualitasnya bagus ? mohon solusinya. thank’s a lot

Reply
sandie

dengan daya yang sama, apakah lampu xenon lebih panas daripada lampu halogen ?

Reply
Alek

Info yang bagus banget. Kadang kita di boongin sama penjual.
Mo tanya:
1. Klo utk mtr Supra X, Halogennya berkaki standar pabrik ato berkaki seperti punya mobil?
2. Untuk cabeling, lebih baik langsung dari aki dgn relay ato pake kabel yg sdh (bawaan) plus relay?
3. Idealnya pake brapa watt (35, 55, 100 W)?

Reply
fauzie

info yg sangat berguna bgt…

mo tanya dong omm… mungkin pertanyaannya typical….

1. lampu halogen xenon bagusnya dipasang langsung ke aki pake relay?..
atau dipasang langsung ke spool pake relay?… atau gak pasang relay sama sekali….(motor megapro)
klo pake relay cara pasangnya gimana???
2.apa untung ruginya klo dipasang langsung ke spool atau ke aki….

mohon penjelasannya…

Reply
Dee Doubt (dibaca : didap)

Saya sangat tertarik untuk memasang lampu halogen, tapi ada yang ingin saya tanyakan :
1. Kelistrikan Honda Karisma seperti apa?termasuk AC ato DC
2. Apakah bisa memakai lampu halogen?
2. Kalau tidak bisa, bisa tidak pakai relay?
3. Apa akibatnya kalau kabel lampunya disambungkan langsung ke accu
pada motor Honda Karisma?

Reply
fauzie

allo..allo… kok… blom dijawab…..
sibuk yaa.. omm :-)

Reply
TheOwner

fauzie Says:
info yg sangat berguna bgt…
mo tanya dong omm… mungkin pertanyaannya typical….
1. lampu halogen xenon bagusnya dipasang langsung ke aki pake relay?..
atau dipasang langsung ke spool pake relay?… atau gak pasang relay sama sekali….(motor megapro)
klo pake relay cara pasangnya gimana???
2.apa untung ruginya klo dipasang langsung ke spool atau ke aki….

Jawab:
1. Menambah relay sebenarnya untuk membuat listrik dapat dialirkan lebih baik. Ujung-ujungnya juga lampu lebih terang, saklar lampu lebih awet.
2. Ruginya tanpa relay, saklar menjadi sangat terbebani oleh daya yang terjadi oleh lampu tersebut.

Reply
Devil

1. Berapa harga lampu helogen H4 xenon yang terang benderang kayak siang hari..??
2. bahaya ga sih jika dinyalakan terus2an…?

Reply
Soti

ini baru info…
tapi mo nanya kalo pasang di shogun 125 bisa ngga ya..?
kalo bisa yg cocok yg bagaimana ??

thank’s Om

Reply
nugie

well..
okeh tuh artikelnye..
cuma, pengalaman saya memakai lampu jenis halogen ini batok lampu di thunder 125 saya menjadi mlentung2/pecah2 dan kabel bawaannya menjadi meleleh..
kira2, lampu halogen jenis apa yang cocok buat thunder 125 agar batok dan kabel2nya gak jadi korban lagih…

Reply
azulle

share dari pengalaman saya pake lampu xenon untuk motor :
untuk batok lampu yang jadi pecah2 kemungkinan disebabkan karena kualitas dari kap/batok lampu tersebut yang kurang bagus dikarenakan tidak tahan panas suhu tinggi dari lampu.

for owner thanks 4 all…. indonesia we share…

Reply
djaya

Artikelnya oke, tp ada yang mau ane tanyain, rumus dasar pembuatan lampu halogen ini diambil dari rumus apa

Reply
Tanto

kalau H4 yang merek Osram awet gak ya, pls dong

Reply
^^

numpang tanya dunk..
klo honda civic 2005 pake tipe lampunya yang mana ya? h4 bukan?
di bagian gambar terakhir, ada gambar lampu yang bagian bawahnya hitam dan rada melengkung.. itu apa bedanya dengan lampu yang bawahnya besi dengan palang 3?
makasi ya ^^

Reply
Andreas

Om…
mau nanya nich…
cara aplikasiin ke motornya gimana yah?
apa perlu rumah lampunya alias reflektornya di ganti?
apa hanya tinggal pasang bohlam lampu halogen tersebut?
dan bisa didapatkan dimana yah lampu halogen itu?
biasanya motor bebek memakai yang jenis apa?

nb: kalau bisa jawabannya dikirimkan ke email juga yah om… makasih…

Reply
mr_leo

hai bro….
lam kenal buat yg dah kasih info

gw pengen tanya nih….
gw punya kuda besi Thunder 125….
motor thunder kan pencahayaannya bukan kaya motor be2k…
yang nyala kl mesin nyala n pencahayaanya ngikutin irama motor…
motor laki kan dia punya saklar sendiri n gak bergantung pada mesin…
meurut lo motor thunde 125 bgs-y pake tipe lampu apa….
yang bisa ngasih pencahayaan yg maksimal…
tolong saranya. soalnya gw sering bulak balik bandung Cikampek naik motor malam2 nih jadi penting bgt tuk lampu supaya terang…..

mohon sarannya
thank’s

Reply
Jeffrey

Artikel Nya bagus!

tapi saya mau nanya ni bro!
-Kalo Supra x 125 kan pakai h6,
bisa ga di ganti pakai H4?
-Sama Kalo ga bisa, ada ga HID motor yang terangnya sama seperti
HID yang dipakai di mobil-mobil?

Thank’s atas perhatiannya?

Reply
fytho

apa sebabnya,kalau motor thunder uda jalan terus tiba-tiba mati sendiri dan kalau di gas tidak ada tarikannya trus mati???

Reply
putra

kalo gw rada mencong neeeh bis gw gak tau mesti nanya ke mana lg
gw punya rpm auto gauge kenapa gk bisa di pasang di mio yaaaa pls doong bantu gw thxxxxx:) kalo bisa gmn caranya

Reply
tiro

ow ya mau tanya tentang cara kerja lampu neon/lampu TL?
penasaran gimana ya?dari dapat daya dari saklar.thanx

Reply
si ansol

hmmm…. ada cara nga biar motor grand aku arusnya diganti jadi dc

Reply
Sugie

Mau tanya dong, gw br beli GE Gold Rally, tapi nyalanya yg sebelah kuning, sebelah lagi putih. Apa emang begitu?

Reply
royson

thanks atas infonya bos…btw klo di pasang di motor shogun 125 bisa gak…? arusnya apa yah ac or dc..?

Reply
bagues

bos gimana cara memasang relay nya ajarin dong thanks

Reply
irwin (yogya)

apa ada lampu HID untuk yamaha nouvo (2 buah lampu)? harganya? pemasangannya apa perlu perubahan pada system kelistrikan (kabel, aki, dll)?

Reply
buddy

Pada lampu sering tertulis 55/60W atau 90/100W. Angka kedua (dalam hal ini 60W dan 100W) saya yakin adalah menunjukkan “Watt”.

Namun apakah arti dari angka pertama (dalam hal ini 55 dan 90) ?

teimakasih

Reply
TheOwner

buddy Says:
Pada lampu sering tertulis 55/60W atau 90/100W. Angka kedua (dalam hal ini 60W dan 100W) saya yakin adalah menunjukkan “Watt”.
Namun apakah arti dari angka pertama (dalam hal ini 55 dan 90) ?

Jawab:
jika ada dua angka spt itu artinya si lampu punya 2 filamen, yang satu untuk Low Beam, yang satu untuk High Beam. Angka yang lebih kecil adalah untuk Low Beam, yang angka besar adalah High Beam.

Reply
ofa khoir

kemaren aku cari lampu halogen merk xenon disurabaya, tapi ko ga ada yang punya ya, aku muter2 tanya di toko variasi tapi dikasih yang harganya 15.000, trus tak coba di honda karismaku, tapi nyalanya ga bisa terang. aku pengenya lampu karismaku bisa terang kayak honda tiger atau megapro, kira2 bisa ga ya..?

Reply
ardeeee

alooo omm saft mohon maaf lair batin.

begini om saft.. motor saya yamaha scorpio Z 2006 kelistrikan dah pake sistem DC, pake reflector hella, relay hella juga. yang aku mau tanyakan, kenapa lampu saya kok masih kurang terang, saya udah bolak-balik ganti lampu H4 dah 3 kali, philips biasa(clear) 55/60, biru nyala putih55/60, nyala kuning90/100.

mohon solusinya… soalnya saya sering pulang malam dan lampu peneranggan di jalan kurang.
terima kasih.

Reply
TheOwner

ardeeee Says:
begini om saft.. motor saya yamaha scorpio Z 2006 kelistrikan dah pake sistem DC, pake reflector hella, relay hella juga. yang aku mau tanyakan, kenapa lampu saya kok masih kurang terang, saya udah bolak-balik ganti lampu H4 dah 3 kali, philips biasa(clear) 55/60, biru nyala putih55/60, nyala kuning90/100.mohon solusinya… soalnya saya sering pulang malam dan lampu peneranggan di jalan kurang.

Jawab:
Om Ardeeee, mungkin perlu disesuaikan juga besar ampere accu nya… pastikan memenuhi daya yang dibutuhkan lampu. jadi misalnya lampu 60 watt/12volt membutuhkan accu minimal 5 Ampere. jika dibawah itu, nyala lampu akan menjadi tidak optimal, bahkan lebih cepat putus.

Reply
achin

sebenarnya nama unsurnya apa????
unsur-unsur terperincinya itu apa???
yang paling banyak mengandung unsur apa????

Reply
achin

thanx yach…..
mohon dijawab secepatnya……

Reply
ludi

ngomong2 tentang halogen….
saya mau nanya.
saya pernah dengar katanya lampu halogen tidak tembus air hujan & tidak terang waktu hujan.kenapa gtu ya???
mohon dijawab ya biar tambah2 ilmu,,
thanks b4…

Reply
ardeeee

wooowww terang banget pake 90/100 watt

Reply
paijo

memang lampu halogen bagus banget tapi apa kagak bisa kalau seandainya dibuat kalau dipegang kaca luarnya gak berpengaruh apa2 , gak cepet putus, seperti lampu2 biasa gitu loh!!
soalnye motor saya tu kepalanya tak potong jadinya ya kelihatan lampunya dari bawah, kan kalo ada tangan2 jail kan dipegang yah jadinya kan cepet putus.
Gimana solusinya padahal saya pengen bamget pakai lampu halogen, tapi ya….gimana kalo dipegang putus, mendingan pake lampu yang biasa aja!!!
mohon solusinya dari pembuat lampu halogen!!!!

terima kasih
paijo cs

Reply
Adi nugroho

Sebenernya brapa sih arus yg dihasilkan motor mega pro dari kiprok k aki? krn ak pernah ngukur penggunaan lampu (35watt 12volt) dpan 3ampere tu aj lom lampu blakang n lampu kota, rem dan riting. misalnya dinyalakan smua bisa tekor tuh aki. tolong kirim juga k email ak ya.

Reply
adi nugroho

Aloww kok gk di update

Reply
adi nugroho

Sebenernya brapa sih arus ygdihasilkan motor mega pro darikiprok k aki? krn ak pernah ngukurpenggunaan lampu (35watt12volt) dpan 3ampere tu aj lomlampu blakang n lampu kota,rem dan riting. misalnyadinyalakan smua bisa tekor tuhaki. tolong kirim juga k email akya.

Reply
ihsan

Makasih ya bang artikelnya..

Buat tugas kuliah niy..

Reply
Xin

Hamlet Says:
Jadi
1) berapa harga halogen 35,50,100 watt & yg mana yg aman buat motor?
2) apa bedanya dengan xenon (atau sama saja?)

Jawab:
1) sebaiknya gunakan besar daya yang dianjurkan oleh pabrik motor tersebut (sesuaikan dengan ukuran standardnya). Lampu yang baik adalah yang berdaya standard (tidak lebih besar), namun dengan sinar yang lebih terang dan awet.
2) beda pada isi gasnya saja, klaimnya lebih terang.

Nambah komen tentang xenon:
Lampu xenon atau yang biasa disebut HID (High Intensity Discharge) memiliki prinsip kerja yang sangat berbeda dengan halogen biasa. Pada halogen biasa, sinar lampu didapat dari pemanasan filamen seperti yang dijelaskan di atas, tetapi pada lampu HID tidak ada filamen, yang ada hanyalah bohlam yang berisi gas xenon dan dua kutub di kedua ujungnya.
Secara sederhana prinsip kerja lampu HID adalah listrik yang masuk dialirkan melalui ballast yang berguna untuk menaikkan voltase dari yang semula hanya 12V menjadi ribuan bahkan puluhan ribu volt. Listrik tegangan tinggi ini diperlukan agar dapat terjadi loncatan listrik antara kedua kutub di dalam bohlam yang pada akhirnya akan bereaksi dengan gas dan menghasilkan sinar. Tetapi listrik dari ballast saja tidak cukup untuk memulai loncatan itu, karena itu dibutuhkan komponen lain bernama starter. Starter ini hanya menyala sekali saja, pada saat pertama kali lampu dinyalakan, kemudian akan berkerja lagi bila lampu dimatikan kemudian dinyalakan lagi. Starter akan menghasilkan listrik dengan tegangan yang jauh melebihi listrik yang dihasilkan ballast, sehingga listrik tersebut dapat melompat dari kutub yang satu ke kutub lainnya, kemudian diikuti oleh listrik bertegangan yang lebih rendah yang berasal dari ballast. Karena itu, pada saat dinyalakan, lampu HID terlihat berkedip sangat terang hanya dalam sepersekian detik saja. Secara sederhana, prinsip kerja lampu HID hampir sama dengan lampu neon yang biasa digunakan di rumah, hanya berbeda gas pengisinya saja.
Kelebihan utama dari lampu HID adalah sinar yang sangat terang, berwarna putih, biru, merah dan ungu, hemat listrik (hanya menggunakan 35 watt tapi sinar yang dihasilkan melebihi sinar yang bisa dihasilkan oleh halogen 150 watt ke atas), tidak panas (sekali lagi dibandingkan dengan halogen), dsb.

O ya, yang dijelaskan di atas adalah prinsip kerja lampu HID yang beneran, bukan lampu xenon-xenonan yang berupa halogen yang dicat biru. Lampu HID beneran terdiri dari ballast, starter dan dop lampu, tetapi pada model-model terbaru starter telah dijadikan satu dengan ballast. Harga lampu HID ini sangat bervariasi dimulai dari 1,5 jutaan sampai lebih dari 10 juta.

Reply
Soeng

Om, klo motor(thunder250) saya pake lampu 100/80 kok nyalanya redup2 aja mirip dengan 55/60.
cara naikin tegangannya gimana yah?udaha ada repotnya blm ya di saft7.com…

Thx!

Reply
Pangeran Accountingâ„¢

Weleh,…….. begitu baca commentnya si “Xin”, lsg kaget nih sy, lampu doang harganya bisa 1,5 juta – 10 juta keatas. gile bener !! kalah nih harga mobil sy ama harga lampunya….. (kmrn baru beli mobil cuma 8 juta-an doang)….. :)

Peace…..

Reply
Xin

He he… Ya memang begitulah teknologi. Tapi lama kelamaan pasti turun koq… !,5jt itu uda murah, padahal dulu waktu pertama kali ada yang jual di Indonesia harganya sekitar 10 jutaan… ;p

Reply
gunadi

setahu saya kawasaki ninja RR menggunakan lampu halogen H4 60/55 dan menggunakan arus AC (bawaan pabrik). sampai sekarang bohlamny tidak bermasalah, sudah 1 tahun. kenapa bisa begini y mohon penjelasnya.. trim’s

Reply
ary

kalo buat satria f 150 bagusnya pake lampu halogen jenis apa biar cahayanya putih kebiruan ? socketnya H6.
thanks jawabannya om..

Reply
mr. sam

De Saft, tolong dibaca lagi umur bohlam h4 yg menurut tulisan ente adalah 2000 hingga 4000 jam. Yg bener adalah kira-kira 200 jam, kalau bahasa dewanya aprox 200 hours. Kalau mau lebih yakin lagi tanyakan saja ke pabriknye.

Reply
mr. sam

Oh iya umur bohlam tsb untuk tipe H4 100/90w. Kalau bohlam standard lebih lama lagi.

Reply
WonK

Kalo mobil, gmn tuh? saya pake H7 50Watt.. Halogen jg… Pake relay ga?? Relay merk apa yg bagus? brpaan?
Thx

Reply
mr. sam

Dear Wonk, untuk H7 50 watt tidak usah pakai relay. Harganya bisa langsung ditanyakan ke toko2 atau bengkel terdekat.

Reply
marco

bos, mau tanya jual lampu halogen philps 18w gak bwt jupi z..
thx

Reply
IMAM ZAKIUDIN

pak..lampu halogen untuk rumah ( lampu down light) yang dipasaran ada ga yang watt nya kecil\l…seperti 15watt, 20watt, atau 25watt. terima kasih bos informasinya sebelumnya.

Reply
robby

bagaimana cara pasang lampu halogen yang benar?

Reply
adriel

om mau nanya..
kijang krista depan atas H4 ama bawah pake halogen yang apa ya enaknya?
n harganya kira – kira brapa nan?
Pengennya putih n kebiru2an .. pas ujan kliatan.thx

Reply
dadan

om saya mo tanya…….
lampu yang halogen/HID yang cocok untuk motor saya suprax 125 pke tipe dan jenis apa? trus merk nya yg bagus apa? trims yach om….bravo saf7.com

Reply
dion

salam bro, d mbl sy pake halogen 100/90W trus apa benar pengaruh panas yg timbul menyebabkan reflektor jadi cepat terkelupas/rusak? trims.

Reply
M3UZ

sy mau tanya kalau buat ty say dgr2 lampu H4..itu brp an yah hrg nya? thanx

Reply
M3UZ

sorry maksudnya buat thunder 125

Reply
ciwir

informasi yg menarik dan bagus bangetzz..
omong2 sampeyan ki jurusan elektro atau jurusan marketing? 😀

Reply
ethan

kalo buat mau paasng 60-55w, 5000k warna biru putih pake apa ya biar ga tekor aki, kalo paksa malah yang lain klakson ma lampu sein ga nedip sempurna

Reply
destian

om,,,lw
merk lmpu yg hrgax rtusan ribu za da ga???lw da pha merkx?

Reply
Steven

Slam kang shaft.
Sy yg awam ini (newbie) minta tlng pencerahan dan penerangan nya untuk penerangan honda grand 96 sy. Mslh dan topik nya msh sama,lampu nya krang terang,sy coba ubek2 info untk case ini di blog nya akang tp msh lom ngerti . Sy mau pasang H4 mbil di mtr sy,dan sy jg beli boster mbil untk mendongkrak power na. Yg msh sy bngung nya gmn cara untuk menyuplai arus boster untuk lampu menjadi Direct Current (DC),krn arus bebek sy msh Alternative Current (AC). Tlng di bantu cara2 nya apakah yg hrs sy lakukan,plus skema nya kl bisa…Nanti stlh expriment n sukses, sy akan posting kembali. ^¤^
.Kl da broe yg sdh pernah xprimen n berhasil mhon info nya jg plz,bs mail ke b57eve@gmail.com

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>