Menu

Lampu Headlight ..apaan sih?

16/05/2006 - Apaan sih?, Articles, Mobil, Motor
Lampu Headlight ..apaan sih?

Lampu headlight adalah lampu penerangan utama pada kendaraan, baik mobil, motor, truk, bus, dan sebagainya. Pada artikel ini akan dibahas mengenai lampu headlight untuk mobil, khususnya untuk jenis Lampu Halogen.

Lampu kendaraan dengan kualitas rendah banyak dijumpai di toko-toko partshop, yang bisa dilihat dari bentuk fisik maupun merek yang tidak populer. Umumnya produk ini menawarkan besaran watt yang tinggi dan sinar yang lebih terang. Pada prakteknya produk tersebut menghasilkan intensitas cahaya awal yang memang sangat terang, namun umur pakainya sangatlah pendek. Hal ini disebabkan karena kualitas material dan teknologi produksi yang kurang baik. Lebih parah lagi, dikarenakan besaran watt yang sangat tinggi, lampu tersebut mengeluarkan emisi panas yang berlebihan sehingga akan membuat reflektor pada headlight unit menguning, bahkan meleleh dan terbakar.

Untuk mencegah hal tersebut di atas, gunakanlah selalu besaran watt yang dianjurkan pabrik mobil Anda.

Lampu yang baik, adalah yang mempunyai besaran watt standard sesuai ukuran yang dianjurkan pabrik, namun menghasilkan intensitas cahaya yang lebih tinggi dan nyaman untuk berkendara.

Pada artikel yang lain akan dibahas mengenai warna, intensitas yang baik untuk lampu headlight.

Jenis-jenis lampu yang digunakan untuk headlight bermacam-macam tergantung pada desain kendaraan tersebut, namun umumnya sekarang hampir seluruh mobil menggunakan lampu berjenis Halogen karena berumur lebih panjang dan lebih terang ketimbang lampu non halogen.

Macam-Macam Lampu untuk Headlight:

Lampu Headlight halogen jenis H1, umumnya digunakan untuk headlight dengan sistem 4 lampu. Dapat digunakan untuk lampu jauh maupun lampu jarak dekat dan lampu kabut (foglamp).

Lampu Headlight Halogen jenis H4, umumnya digunakan untuk sistem 2 lampu. Dalam satu lampu tersebut terdapat dua filamen untuk lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat.

Lampu Headlight jenis H7, umumnya digunakan untuk sistem headlight modern complex-shape. Bisa digunakan untuk lampu jarak jauh maupun untuk lampu jarak dekat.

 

Lampu Headlight jenis H3, umumnya digunakan untuk lampu jauh dan lampu kabut.

 

Lampu Headlight jenis HB3, HB4, H10 dan H12 umumnya mempunyai umur pakai lebih lama ketimbang jenis lampu yang lain, karena lebih tahan goncangan dan tahan terhadap pengaruh kelembaban dikarenakan oleh adanya O-ring karet sebagai penyekat/seal.
Selain itu, hasil cahayanya konsisten karena proses produksi lampu tersebut berdasarkan Quality Control ISO 9001 – QS9000.

Lampu Headlight jenis H8, H9 dan H11 hampir sama penjelasannya dengan jenis HB di atas.

Semoga uraian di atas bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Sumber: www.flosser.com , osram.

22 thoughts on “Lampu Headlight ..apaan sih?

Leo

Oum kalo buat di E34 bisa nggak pake lampu H7..??…bosen neh pake H1…cuma kalo modif nya gimana yaa oum???……………

Reply
Andri

Mau tanya juga kalau lampu H4 dimasukin ke H7 punya lobang bisa masuk ngak ya ?

Reply
Suwandi

Mas, mau nanya donk…kalo untuk Honda Jazz, bagusnya pakai yang mana?
Kalo standartnya agak kurang terang.

Reply
Yudi

Boss Saft,

Kalo untuk motor itu Jenis bohlamnya H berapa yak ?

Reply
Yudo

Katanya ada lampu yang ukuran watt-nya std. tapi cahaya yang dipancarkan lebih terang dar ukuran watt yang tertera di lampu tsb.

Bagaimana dengan lampu ini ? Aman & baguskah ?

Reply
Alex

Lampu di motor bukan halogen, tipenya H6M, cuma di beberapa motor besar seperti Suzuki Thunder 250, Kymco Spike 120 (bebek), dan Kawasaki Ninja KRR sudah memakai bohlam H4, jadi bisa terang layaknya lampu mobil :-)

Reply
Andri

Apa kabare bos Saft?

Ikutan komentar.. kok gw pake Philips yg harga 300rban ga terang juga yah.. udah ditambah kabel relay ga beda… terangnya ga jauh beda ama yg harga 60rban.. cuma putih nya aja lebih bagusan..

Reply
Duleh

gw juga pake lampu halogen..tapi lupa typenya..yang sering kalah justru sekringnya cepat terbakar kenapa yah… tolong kasih informasi donk…trims.

Reply
amir

oom saya punya motor jupiter kalo mou di modif lampu Xenon gimanayah… ooom

Reply
iwank

kalo untuk motor thunder cocoknya pake jenis yang mana nich?
maunya sich yang terang gitu.

Reply
oisam

oom.. kalo buat NSR kan pake 35w (kaki 3), kalo mau ganti halogen sebaiknya pake type yang berapa oom?? trimaksi

Reply
saftibelt

hualah.. lagi2 page tak terurus… :(

Reply
TheOwner

# saftibelt Says:
hualah.. lagi2 page tak terurus… :(

Jawab:
Wah dia lagi..
Anda tanya apa ya?… sudah dijelaskan, bahwa tidak semua pertanyaan bisa saya jawab atas segala keterbatasan dan kemampuan saya. Semoga maklum.
Pertanyaan ANda apa nih yang HARUS saya jawab? Thanks untuk perhatiannya.

Reply
samsul

lu lu pade pnya informasi ga jenis2 lampu standr d indonesia

Reply
  • Pingback: Lampu Headlight ..apaan sih? | nSearchz

  • AGUS SETYO

    Kami membutuhkan Lampu dan ornamen untuk karoseri apa bapak bisa membantu

    Reply
    ibadi

    Saya punya mogil katana th 96.
    tapi lamunya kurang terang. padahal sudah pakai relai. Apa perlu lampu tambahan (lampu kabut)atau hanya perlu mangganti bohlamnya aja dengan yang seperti apa yach….

    Reply
    satrio

    Om tanya donk. klo untuk motor varioku 25 watt cocoknya pakai yang mana ya? n klo mau beli dimana tuch!

    Reply
    kenon

    Bung Saft
    Saya mau ganti lampu depan rendah bmw 530 th 94 karena sudah buram, saya pingin ganti dengan lampu lain (yang bukan bawaan) agar lebih terang cahayanya, karena lampu bawaan tidak terang. mungkin Bung saft bisa beri masukan.
    tks

    Reply
    Cendy Owen

    Om,Saya py KRR 150,HeadLamp nya H4 55/60W,kalo saya mau ganti XENON 100/120W reflektornya leleh gak ya??kalo bisa ,Xenon yang baik merk apa dan harganya berapa??

    Reply
    yosi

    pa kabar Om Saft.. mga ttp n slalu jaya.., mw nanya saya punya truck yang lampu kerjanya pake H7 .24v/70w kok sering putus? apakah ada alat yang kiranya bisa bikin awet lampu H7..??, mohon pencerahanya terimakasih.

    Reply
      danibilabibah

      sebelumnya, punten kang Saft ikut nimbrung,
      biasanya lampu sering putus itu disebabkan beberapa hal, diantaranya tegangan yang terlalu besar atau kualitas lampu yang kurang bagus, coba teliti apa sudah benar lampu yang digunakan 24v? (karena setau saya truck memang pake 24V). kedua, coba ukur tegangan keluaran dari soket lampu juga 24V (+ – 10%), kalau ternyata keluaran dari soket lampu lebih dari tegangan normal ditambah 10% apalagi ketika di gas, berarti lampunya over voltage makanya cepet putus. solusinya, coba ambil tegangan dari aki (pake rellay).
      CMIIW, mudah2an membantu,…

      Reply

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>