Menu

LED Berdaya Besar

09/10/2006 - Elektronik, Ide-Ide, Lain-Lain, Mac Gyver
LED Berdaya Besar

LED (Light Emitting Diode) digunakan hampir pada sebagian besar perangkat elektronik seperti televisi, radio kaset, alat musik, alat kesehatan, perangkat pengujian, otomotif, dan lain-lain, sebagai lampu isyarat atau indikator.

LED mempunyai banyak keunggulan ketimbang lampu lainnya seperti: Mempunyai umur pakai yang sangat panjang, membutuhkan daya listrik yang sangat kecil (hemat energi), respon kerja yang sangat cepat dan baik.

Pada tahun 1999 Philips Lumileds Lighting Company menemukan LED yang diharapkan dapat menggantikan fungsi lampu yang biasa digunakan untuk penerangan. LED tersebut mengeluarkan cahaya yang sangat terang dengan warna putih. LED tersebut dinamakan LUXEON. Kantor R&D Lumileds berlokasi di San Jose dan Penang (Malaysia).

Kehadiran LUXEON ini membuat berbagai peluang baru dalam aplikasi yang membutuhkan cahaya terang dengan ukuran yang kompak. Sudah dapat kita temukan yaitu pada Lampu Flash Handphone Camera, terlihat pada saat flash padam, akan terlihat berwarna kuning. Saat ini Philips sedang terus mengembangkan LUXEON untuk menggantikan lampu rumah tangga dan perkantoran. Bisa dibayangkan terangnya.

Saya sempat menemukan LUXEON yang berdaya 1 watt, bentuknya menempel pada Base berbentuk seperti bintang, atau sering disebut LUXEON Star, saat ini (10/2006) dijual dengan harga sekitar rp.75.000 per buahnya.


Baru-baru ini saya mendapatkan bingkisan dari sahabat saya, LUXEON dengan daya 3 watt, sering disebut sebagai LUXEON Emitter.

Dikarenakan dayanya yang besar, LUXEON memerlukan pendingin (HeatSink) yang ditempelkan pada bagian belakang LED tersebut. Jika temperatur berlebihan, maka LED tersebut akan cepat mati/rusak.

Terlihat pada bagian bawah LUXEON Emitter terdapat plat besi sebagai penyalur panas untuk ditempelkan pada Pendingin (HeatSink).

Sayang sekali, LUXEON membutuhkan masukan tegangan dan daya yang cukup kritis.
Dibutuhkan tegangan masukan sebesar 3,2volt dan daya konstan sebesar maksimum hingga 350mA (untuk 1watt) , 700mA (untuk 3watt).

Aplikasi yang hanya menggunakan resistor sebagai pembatas tegangan seperti LED pada umumnya tidak disarankan untuk LUXEON ini, ketika mendapatkan daya yang sangat besar, membuat LUXEON rusak.

Foto di atas adalah aplikasi LUXEON dengan hanya menggunakan resistor, dan terbukti ketika dihubungkan dengan masukan arus yang terlalu besar membuat salah satu LUXEON mati seketika.
LUXEON DRIVER

Saya teringat IC regulator yang dapat berfungsi ganda, sebagai Pengatur Tegangan juga bisa digunakan sebagai Pengarus Arus konstan, yaitu IC LM317.
IC ini cukup murah, berkisar Rp 2.000 – Rp 4.000,- dan beberapa komponen pendukung lainnya yang jumlahnya tidak lebih dari Rp 20.000,-

Skemanya saya coba desain sebagai berikut:

Dengan Trimmer Potensiometer, dibantu Volt Meter, kita set hingga mempunyai tengangan output 3,2volt.
Arus yang keluar dari rangkaian ini adalah 560mA.

LUXEON Emitter saya rekatkan pada pendingin (Heatsink) bekas pendingin Prosesor komputer.

Jadilah rangkaian uji coba ini sebagai berikut.

Nah saatnya melihat cahaya LUXEON berdaya 3Watt ini..

Hasil yang saya cermati, cahaya sangat terang untuk sebuah led, bahkan bisa dikatakan cahayanya seperti penggunakan lampu neon putih.
Sempat terpikir, bagus juga untuk menggantikan lampu kabin mobil, lampu belajar, dan lain-lain.

Ternyata tidak sepanas yang dikira… Jadi Heatsink yang digunakan terlalu besar untuk LED tersebut. Walau tidak begitu panas, Tetap memerlukan Pendingin.

Nah, silahkan kembangkan sendiri ide Anda dari artikel ini.

Selamat berkreasi.
Sumber Referensi:
www.lumileds.com
www.luxeon.com
www.lumiledsfuture.com
www.futureelectronics.com

129 thoughts on “LED Berdaya Besar

bayu aji

kang saft,

ide bagus untuk ganti lampu kabin, lampu dashboard, tapi.. heatsinknya yang gak nahan….

perbandingannya dong lampu 1 watt dengan yang 3 watt..

thanks.
Bayu

Reply
** GusSur **

Om Saft,

terang sih terang..
walau daya-nya kecil..
tapi kok bisa panas banget yaaa..

Reply
Saftari

Maaf lupa dikoreksi…

Ternyata tidak sepanas yang dikira… Jadi Heatsink yang digunakan terlalu besar untuk LED tersebut. Walau tidak begitu panas, Tetap memerlukan Pendingin.

Thanks!

Reply
Abdillah Hakim

Wow.. ide yang menarik sekali..

pernah ukur nggak berapa lumens daya cahayanya..?

dan berapa jauh kemampuan sorot..?

serta rata2 panas yang dihasilkan..?

thanks
====

Reply
TheOwner

Silahkan download dokumen (PDF) dari website sumber referensi di atas..
banyak penjelasan mengenai pancaran cahaya, kuat cahaya, penentuan besar pendingin, dan sebagainya.

Reply
Robert

Belinya dimana ya bos?

Reply
Bambang

Bung Saft,

Bila tegangan yang di-supply ke LED kurang dari 3.7V (max) maka panas bisa berkurang dan pada tegangan tertentu bahkan sudah tidak diperlukan “pendingin” lagi ?

Dan, (sama dengan Robert), beli dimana ?

TQ

Bambang

Reply
christ

Wah bisa dipakai menggantikan lampu senja gak ya bos?

Reply
SG

Tambahan info nih:

Keuntungan Luxeon: (1) sangat awet (50,000 jam), (2) eficacy tinggi (2x halogen) (3) warna bisa dipilih menurut keperluan, (4) tahan banting (karena tidak ada filamen).

Kekurangannya: (1) MuaHaL (2) perlu Current Source untuk driver (3) perlu heatsink.

Kang GusSur, dissipasi panas Luxeon 3W = bohlam 3W biasa. Bedanya 3W dari Luxeon HaRuS dibuang lewat heatsink sedangkan bohlam dibuang lewat pancaran/radiasi cahaya (terutama infra merah).

Eficacy (efisiensi lumen/W) Luxeon sekitar 34 lm/W. Angka ini kira-kira 2x bohlam halogen atau 3x bohlam biasa (misalnya lampu kabin, etc.). Luxeon 3W outputnya berkisar 80 s/d 100 lm; setara dengan bohlam kabin 10W. Bedanya adalah warnanya bisa dipilih (merah – kuning – putih – biru – hijau dst).

Menggantikan lampu senja bisa aja, tapi harus membuat dudukan yang pas serta rangkaian elektroniknya untuk men-drive Luxeon tsb.

SG

Reply
christ

@Bang SG: tapi kalau harus selalu pakai heatsink sepertinya cukup sulit. aplikasi untuk lampu interior saja dulu kayaknya ya

di bandung ada yg jual gak ya?

Reply
Rochim

Klo mo beli LED LUXEON di Jakarta dimana Bozz ? Trus kaki-kaki 1,2 dan 3 untuk IC LM317 diurut dari sisi mana ? maaf … dah lama nggak utak-atik PCB neh …

Reply
Saftari

Rochim Says:
Klo mo beli LED LUXEON di Jakarta dimana Bozz ? Trus kaki-kaki 1,2 dan 3 untuk IC LM317 diurut dari sisi mana ? maaf … dah lama nggak utak-atik PCB neh …

JAWAB:
Dilihat dari depan IC, dari kiri ke kanan 1.2.3
gitu oom.

Reply
Ambar Wahyu

Belinya dimana nih,

sepertinya proyek yg tertunda dulu bakal jadi nih.
mengganti semua bohlam ke led kecuali lampu utama.
biar dayanya bisa dipakai untuk yg lain.

Reply
Saftari

LUXEON – LUMILEDS bisa dibeli di…

Universal Electronics
Glodok Baru (Harco)
Blok C II no.95 (lt.2)
Jl. Hayam Wuruk – Jakarta
021.6295140

(sampaikan kalau dapat info toko ini dari website saft7.com)

Reply
roy

Boss Saft,

Saya pernah menemukan lampu ini di senter merk Energizer
Waktu beli kaget juga kok senter muahal buanget ( 100 rebu ukuran 2 batere kecil ) setelah sampe rumah ternyata lampunya pake LED dan sangat terang dan sinarnya putih padat.
Dan tertulis Garansi Seumur Hidup, senter itu Made In USA
Mungkin LED itu sama dgn Boss tulis ini …

Tks

Reply
Marsani Sutejo

bang Saft …. klo untuk Luxeon Star yg butuh arus 350mA skemanya gimana bozz? apanya yg mesti diganti di skema tsb ? apakah bisa diparalel aja ?

Reply
albert

bung saft mau nanya power supplynya kok pake LM317 2 biji padahal 1 biji aja cukup???LM 317 kan 0-30 volt adjustable regulator 1 A max sedangkan dilampu led ini hanya butuh 560ma

setau saya arus sifatnya tidak memberi hanya steady state (siap) kalau tegangan sifatnya memberi, jadi led yg menyedot arus berapa arus yg dia sedot suka2 bebannya

regads

Reply
Sandi

Wah idenya bagus sekali bung Saft
tapi menurut saya drivernya cukup dengan pengatur Sumber arus saja, tidak perlu Pengatur tegangan,
karena bila kita sudah atur arus yang masuk maka tegangan akan mengikuti.
Untuk head sink menurut saya juga belum perlu selama kita masih bisa menjaga suhu LED tidak melebihi batas Maksimal.

Salam,

Reply
utrid

Ada men-temen di di mod.com yg bikin proyek lampu kabin pakai led.
( http://www.modifikasi.com/forum/viewtopic.php?t=31105&postdays=0&postorder=asc&start=20 )

Silahken mencoba.

Reply
Arief

Kang Saft,
Cuma mo berbagi info, saya pesen led LXK2-PW14-U00 White Luxeon K2 ini dari http://www.luxeonstar.com barangnya datang sekitar 2 minggu, harganya: @$5.99
Yang K2 ini terangnya bisa mencapai 120 lumens dengan arus maksimum 1500mA
Udah coba dan lumayan terang dipakai buat pengganti bohlam senter, cuma belom coba kalo utk pakai sebagai headlamp (mungkin 4 atau 6 cukup terang kali yah) tapi kalo dilihat harganya rasanya masih terlalu mahal..

Cheers,
Arief

Reply
ben

kang saft,

mo tanya kalo yang jual lampu LED 2 warna dmn yaa? buat aplikasi lampu belakang LED sekaligus sein gt…,

hatur nuhun kang

Reply
Azu

Bung Saft,
mau nanya, kalo lampu LED untuk lampu belakang sepeda motor, cocoknya pakai LED tipe apa untuk yang dari Lumileds.
Makasih

Reply
koerni

bung saft,
saya baru membuka situs ini dan langsung tertarik dengan rubrik tentang lampu luxeon ini. Idenya sangat bagus buat penghematan pemakaian listrik. lewat forum ini saya mo tanya sama bang arief kalo Led K2 ini kira2 di jakarta / bandung sudah ada yang jual ? Kalo pesan langsung gimana caranya?
Trim.

Reply
budidatsun

Bang Saft7,

Tolong donk bahas juga tentang LED untuk Headlamp. Selain HID, ternyata ada juga yang memakai LED sebagai ganti bohlam. Disamping tinggal plug and play (tinggal tancep aja, adaptop sudah disediakan dalam paket), juga menjanjikan daya yg rendah.

Gw pengen jg pake, cuma kurang yakin dengan kekuatan dan intensitasnya dibanding dengan bohlam (H4) biasa, apalagi dibanding HID. Utamanya bagi yg pengen nembus kabut jalur Puncak.

Thanks yah.

Reply
Ranma nibunnoichi

Sekarang sudah ada yg lebih terang dari Luxeon, yaitu Cree :-)

Reply
Steve

Wah, keren abiss!!!
Belinya dimana, ni?
ada referensi ga?

Reply
Ryan

Wahhhh, aku pingin beli, tapi di semarang ada nggak ya, ada yg bisa bantu ? aku telp yg glodok itu katanya nggak bisa dikirim

Reply
setiawan

apa ada LED yng lebih ekonomis terutama untuk tail lamp motor/ senter.Yg efficacy 2x h4/bhlm juga gapapa.mohon direply

Reply
syuria

keren banget idenya boss..kebetulan aku memang sedang mencari lampu yang terang tapi hemat energi, aku mau pakai untuk lampu emergency karena di daerahku tiap 2 hari bisa dibilang mati lampu dan mendadak, jadi mau mau aplikasikan untk emergency lamp di rumahku.

Reply
ipul

wah … LED yang bagus di SEMARANG belinya dimana………….????????
kasih info ke aku ya sobat2 se indonesia.
trim’s

Reply
robby

bang saft, kalo mau minta dibikinin bisa gak tuh? hubungin kemana tuh? makasih bgt kalo boleh… alamat email ku : robby_khen@yahoo.com

Reply
Riki

Kang Saft, gimana cara bikin lampu belakang, rem dan sen, pake LED kayak mobil baru gitu..
Mobil jadul ku pengen pake lampu rem dan Sen LED..
LEDnya sama kayak yang untuk di elektronik rumah apa ada khusus otomotif..?
Kalo ada cara yang udah kang saft pernah bikin, sharing dunk..

Reply
siferdy99

kayaknya buat ganti hedlamp bagus juga tapi perbandingan led LUXEON dengan h4 90/100w gimana?

Reply
Alex

Bang saft, ada solusi untuk saya pasang sebagai pengganti lampu flashhlight saya??

Reply
budi

dimana nih saya bisa pesan Led 3 watt ini
dan juga led putih yg biasa serta harga berapa kalu pesan banyak ..minimal berapa dan apa bisa dikirim ke luar jawa

Reply
budi

Tolong info apakah led Putih tersebut tidak memancarkan sinar UV (ultra Violet) yg sangat berbahaya untuk kulit dan terutama mata kita ??? !!!!!!!

Reply
IRKANDA

kira-kira berapa harganya dan belinya dimana?

Reply
TheOwner

IRKANDA Says:
kira-kira berapa harganya dan belinya dimana?

Jawab:
bisa hubungi TULUS ELECTRONIC di Jaya Plasa – Bandung – 022. 7271707

Reply
TheOwner

budi Says:
Tolong info apakah led Putih tersebut tidak memancarkan sinar UV (ultra Violet) yg sangat berbahaya untuk kulit dan terutama mata kita ??? !!!!!!!

Jawab:
Seandainya ada, mestinya sangaaat kecil.

Reply
Bupalow

Ada yang tau kalo beli di Surabaya dimana ya ?

Reply
paijo

75 rebu mahal bgt nih….mending coba2 dulu pake LED putih superbright dulu 1 biji cuma 1000-1500 perak (lihat di ide-ide) ada rangkaian LED buat camera flash

Reply
Ghosh...

Waa… keren bgt tu..
kalo lihat harganya…
Rp 75.000,- :-(
Bright led = Rp 1.000,-
kalo di bandingkan harganya
75:1
apa intens cahayanya 75x bright led?
yakin deh masih lebih terang 75 biji bright led dinyalain bareng. =p
but, it is so interesting.

Reply
gajah_gendut

beli aja led kotak kaki 4. dayanya lumayan @50mA. harganya sebiji 1000.
saya sudah mengaplikasikan ke motor. lampu rem saya lampu sein. nyalanya terang banget 😀

udah berjalan 4 bulan ini. tetep terang. dan motorpun keliatan lebih asik lagi. tiap berenti di lampu merah selalu diliatin orang2. banyak yg tanya beli di mana.. saya jawab bikin sendiri 😀

beli komponen di pasar genteng surabaya.. heheheheh ….
semua lampu di motor saya ganti led, kecuali headlamp. lampu panel spiro, sein, lampu rem.. semua pake led. ngirit listrik 😀 😀 😀

Reply
zdickyova

Kang Saft,
Untuk spek teknis nya Lumileds ini seperti apa ya ?
Karena belum lama ini saya membuat led bar dengan spek :
led dia 5 mm, Volt di led 3,2 V, arus di led (i) 20 mA dan Arus tegangan dc/mobil/motor (V) 12 v.
Kemudian di susun seri dan pararel berdasarkan perhitungan dari
http://led.linear1.org/led.wiz
untuk 30 butir ketemu
3 butir di rangkai serie dengan tahanan 120 ohm dan dipararel untuk 10 set.
Karena saya sbenernya ga begitu paham elektronik, apakah untuk rangkaian lumileds juga dapat disederhanakan seperti itu saja ?

Juga untuk kang gajah_gendut,
kalau kaki di lednya ada empat gimana yah cara nyambungin rangkaian itu untuk arus DC kendaraan kita.
Kalau dibolehkan untuk berkonsultasi dengan kang gajah_gendut mohon kirim ke zdickyova@yahoo.com

Terima kasih dan salam
Diki

Reply
Jauhari

Mantep Mantep mas.. ini bisa di usulkan untuk mengurangi daya listrik PLN ndak ya?

Reply
gajah_gendut

———————–cut————————-
Juga untuk kang gajah_gendut,
kalau kaki di lednya ada empat gimana yah cara nyambungin rangkaian itu untuk arus DC kendaraan kita.
Kalau dibolehkan untuk berkonsultasi dengan kang gajah_gendut mohon kirim ke zdickyova@yahoo.com

Terima kasih dan salam
Diki
———————–cut————————-

LED kaki 4 kan tetep aja ada katoda ada anoda. sepasang anoda dan sepasang katoda. gampang liatnya. tiap pasang terhubung kok.
kalo mo liat bisa main2 ke thread kelistrikan yg ane bikin di kaskus.
linknya >>> http://kaskus.us/showthread.php?t=751704
bang saft… nitip masang link. kalo gak berkenan diapus aja gpp.
Trims.

Reply
uya.medan

minta petunjuk dunk cara membuat lampu sein standard dibuah dari lampu LED untuk motor tiger, seperti bahan2nya, installasi, dan lain2nya?

thanks

Reply
Arief

Bravo kang Saft.
Selama ini saya selalu mngikuti perkembangan led yang satu ini.
Juga saya rasa ini bagus buat produsen lampu untuk segera mengaplikasikannya.
Mungkin bila diproduksi secara masal akan lebih murah biaya produksi dan harga lampunya.
Sehingga akan banyak penghematan pemakaian listrik dan mungkin dapat mengurangi krisis energi dinegeri ini.

Reply
Raven

mas ko hasilnya nga sempurna sih nyalanya nga terang banget padahal saya sudah merakit nya sesuai kaya di gambar ampenya terlalu kecil nga nyampe 560 mA hasilnya pake led biasa aja redup kenapa yaa

Reply
Nasrullah

Pak di mana saya bisa beli lampu led yg pakai hitzing seperti yg tampak di gamabar cahayanya cukup terang
dan berapa harganya. Rencana buat pakai di rumah waktu mati lampu.
Thanks

Nasrullah

Reply
Agung M

OM ..saya mau tanya kalau untuk wilayah semarang bisa dibeli dimana yaaa……trims

Reply
Coen

boss.. ada 10 watt nih…:D

butuh arus brp mA ya…?

Reply
Pandu

I love your article….

Tapi bung,,,kemaren ane dah coba cari di ACE Hardware dan Hypermart,,, ga ada tuh yg jual LUXEON atau LED Star atau sejenisnya… dimana ya bisa gw beli itu… text me if u dont mind at 0817754943.

Thx berat booo…

Reply
Coen

Kang Saftari… ni ada LED 10 Watt,… Buat tambahan REVIEW bagus neh… daku ada 8 biji..

. klo butuh LED 10 Watt hubungi saya ya… ada kelebihan Order neh..:D
Coen
021 92370484

Reply
Wawan

Kang saft saya sudah coba,koq hasilnya gak seterang seperti yang di gambar ya?saya pakai yg 3 watt,kira2 apa yang perlu koreksi lagi ya?trims

Reply
Kuncoro

sangat mencengangkan memang ketika melihat hasil dari sebuah LED yang hanya berdaya 3 wat bisa bersinar seterang itu. terpikir oleh saya kenapa negara indonesia tidak mengembangkan lampu 2 semacam ini. Disaat krisis energi sekarang ini sangatlah cocok untuk mengembangkan lampu hemat energi yang tetap terang seperti LED diatas. Saya begitu tertarik atas percobaan anda, yang saya tanyakan, bisa didapatkan dimanakah LED jenis tersebut? apakah di toko2 elektronik sudah tersedia? sekali lagi saya sangat tertarik dan akan mengikuti saudara seandainya bisa saya dapatkan LED tersebut

Reply
TheOwner

Wawan Says:
Kang saft saya sudah coba,koq hasilnya gak seterang seperti yang di gambar ya?saya pakai yg 3 watt,kira2 apa yang perlu koreksi lagi ya?trims

Jawab:
Sudah pakai LED Driver yang skemanya saya sertakan di atas? Arus Ampere dan Voltage harus tepat,.. jika kurang, ya kurang terang.. jika terlalu besar, panas dan putus.

Reply
TheOwner

Kuncoro Says:
sangat mencengangkan memang ketika melihat hasil dari sebuah LED yang hanya berdaya 3 wat bisa bersinar seterang itu. terpikir oleh saya kenapa negara indonesia tidak mengembangkan lampu 2 semacam ini. Disaat krisis energi sekarang ini sangatlah cocok untuk mengembangkan lampu hemat energi yang tetap terang seperti LED diatas. Saya begitu tertarik atas percobaan anda, yang saya tanyakan, bisa didapatkan dimanakah LED jenis tersebut? apakah di toko2 elektronik sudah tersedia? sekali lagi saya sangat tertarik dan akan mengikuti saudara seandainya bisa saya dapatkan LED tersebut

Jawab:
Bisa kontak boss Coen tuh di salah satu komentar di atas..
atau kalau ke Bandung, bisa beli di TULUS ELECTRONIC – 022.7271707 disana ada yang 1watt dan 3watt kalau tidak salah.

Reply
Djeli Toding

Pak Saft7.com,

Dimana ya saya bisa beli LED berdaya besar dan berapa harganya?
Apakah bisa dilayani pengiriman antar pulau, soalnya saya berada di Sulawesi Selatan.
Mohon informasinya,
Terima kasih dan Salam….
Djeli T

Reply
Yusuf Ibrahim

Sorry, tolong dong, motorku smash sr 2005 ditambah variasi lampu led 4 buah @3 v, dengan arus 12 v, kira2 biar ga pengarus/boros aki ditambah relay yang berapa tegangannya?, n kalau ada skema pcb saya amau rakit sendiri relaynya.

Reply
Iwan Salim

yth para pakar

mohon tanya, kalau LED saya menurut info adalah 3W, maka daya yg di butuhkan menurut keterangan adalah 700mA, apakah arus 560mA mencukupi?
kalau tidak, komponen apa yg di rubah?
mohon tanya juga, apakah penambahan reflector utk LED ini efektik menambah terang dan fokus?
banyak terima kasih sebelumnya
sukses selalu

Reply
budi nite rider

wah…ok banget tuh lampu…saya dapet di glodok 30 ribu/biji ( lux. star 1 Watt)
tinggal nambahin lensa or reflektor sinarnya mak nyusss(reflektor pake bekas senter kecil,tinggal di lem,housingnya pake aluminium holow 1″ skalian buat pendingin )…jangan lupa buat sumber tenaga nya mesti pake pembatas arus ( current reg.) seperti ygn om shaft7 kasih…mak nyus , utk ngatur arus yg dibutuhin tu lampu kita tinggal merubah nilai resistor di output IC 1 ( 2,2 ohm utk arus 560 mA)…biasanya nilai resistor berbanding terbalik dengan arus yg melewatinya ( kira2 gitu rumus nyari arus yg kita butuhin bro) saya pake 3 biji..tinggal kaliin aja arusnya ( sebiji yg 1 wat kira2 350 mA)
kebetulan saya bikin lampu utk sepedaan malem gitu….untuk desain dan cara bikin nya tinggal search di google atow di http://yojimg.net/bike/equipment/lights/led_lights.php#designgoals

Reply
Yudi W

Dijaman yang semakin mahal ini, senang sekali bila ada solusi yang bisa menghemat energi dengan biaya yang rendah, bagaimana saya dapat bentuk rangkaiannya untuk lampu penerangan (senter) di waktu PLN mati baik untuk LED LUXEON maupun LED biasa. Trimakasih

Reply
Subiyakto Surodibroto

Ada teman yang menyarankan agar lampu dashboard (speedo meter, tachometer dll.) mobil Taft saya (tahun 1989) diganti dengan lampu LED biar menjadi lebih terang dan bisa terbaca pada waktu malam. Mohon info yang detail, tentang lampu LED untuk dashboard mobil tersebut. Apa perlu tambahan rangkaian dsb.?

Reply
cecep

Saat ini saya lagi mencari senter dengan lampu LED, tetapi agak susah…karena yang saya temui senter LED yang biasa suka dijual dibis-bis, mungkin wattnya terlalu kecil dan jenis led yang jg berbeda jadi kurang begitu terang. yang saya cari seperti mogel MAGLITE, tapi sayang saat ini qt kesulitan untuk pessan langsung ke maglite. Selain maglite ada yang tau merk lain g y…?boleh dong infonya…Thanks

Reply
budi

gw selalu menghubungkan led biasa dengan resistor. trus kata si bos saft, luxeon plus resistor = luxeon mati. saya agak gak ngerti. lalu saya k glodok, dapetnya luxeon 3w putih kebiruan seharga 50rb. langsung gw beli. di rumah gw test dengan menserikan nya dengan resistor 22 ohm 5w. Hasil nya, intesitasnya terang, membuat mata sakit dan luxeonnya tidak rusak. Dengan ini saya membuktikan luxeon dapat di aplikasikan hanya dengan resitor. kesalahan si bos saft adalah salah dalam memilih resistor. resistor yang si bos gunakan adalah yg rating daya 1 atau 2 watt. sedangkan saya menggunakan yg resistor 5w. yg penting kita tahu tegangan ama arus maks, kita ambil 75% dari maks, hitung dech berapa ohm dan daya resitor yg dibutuhkan. satu lagi, katanya luxeon tidak perlu heatsink tambahan selain star-nya kalo arus nya di bawah 200mA.

untuk bos cecep, gw pernah beli senter philips metaflash meggunakan luxeon 1w. dulu gw beli di hypermarket seharga 129rb plus dapet bonus lampu philips deco led. sekarang kayaknya harga nya udah naek menjadi 165rb.

Reply
TheOwner

budi Says:
gw selalu menghubungkan led biasa dengan resistor. trus kata si bos saft, luxeon plus resistor = luxeon mati. saya agak gak ngerti. lalu saya k glodok, dapetnya luxeon 3w putih kebiruan seharga 50rb. langsung gw beli. di rumah gw test dengan menserikan nya dengan resistor 22 ohm 5w. Hasil nya, intesitasnya terang, membuat mata sakit dan luxeonnya tidak rusak. Dengan ini saya membuktikan luxeon dapat di aplikasikan hanya dengan resitor. kesalahan si bos saft adalah salah dalam memilih resistor. resistor yang si bos gunakan adalah yg rating daya 1 atau 2 watt. sedangkan saya menggunakan yg resistor 5w. yg penting kita tahu tegangan ama arus maks, kita ambil 75% dari maks, hitung dech berapa ohm dan daya resitor yg dibutuhkan. satu lagi, katanya luxeon tidak perlu heatsink tambahan selain star-nya kalo arus nya di bawah 200mA.

JAWAB:
Mas Budi…
Rangkaian diatas adalah VOLTAGE & CURRENT Regulator…
berfungsi untuk mensupply tegangan dan arus yang stabil untuk Luxeon (Luxeon Driver).
Dan ini sangat direkomen oleh pabrikan Luxeon sendiri.
Jika Mas Budi pakai resistor di pasang seri, memang bisa mendrive Luxeon.. namun Resistor tidak dapat menjaga arus agar tetap konstan, apabila terjadi kenaikan voltage, maka arus juga akan naik, sehingga untuk jangka panjang umur Luxeon tidak akan lama. (cepat putus).
Itu makanya digunakan rangkaian yang menjaga tegangan dan arus agar Luxeon menyala dengan stabil dan OPTIMAL 100% power keluar.. (itu sebabnya juga perlu pakai heatsink).

Jika Mas Budi mengambil langkah aman dengan mensupply hanya 75% dari arus maksimal, maka jelas Luxeon tidak akan bekerja optimal sebagai mana seharusnya, dan memang mungkin tidak perlu heatsink.

Jangan lupa.. pelistrikan di mobil tidaklah stabil… pelistrikan mobil apalagi motor, berfluktuasi dari 10.8 – 14.4volt,
semoga membantu,

Thanks
saftari

Reply
budi

o iya bos, gw baru inget ama sadar. pas gw ganti aki kering di SHOP&DRIVE, kan d test tu aki di motor. pas mesin nyala di rpm tinggi, tegangan-nya bisa ampe 14 volt. trus pas nyala-in klakson langsung turun ke 11 volt. wah berarti rangkaian led gw mesti di pasang regulator 7809 plus kapasitor plus heatsink, biar keluaran nya manteng di 9 – 9,18 volt .

Reply
TheOwner

budi Says:
o iya bos, gw baru inget ama sadar. pas gw ganti aki kering di SHOP&DRIVE, kan d test tu aki di motor. pas mesin nyala di rpm tinggi, tegangan-nya bisa ampe 14 volt. trus pas nyala-in klakson langsung turun ke 11 volt. wah berarti rangkaian led gw mesti di pasang regulator 7809 plus kapasitor plus heatsink, biar keluaran nya manteng di 9 – 9,18 volt .

Jawab:
hehehe…
akan lebih bagus dan awet buat si LUXEON, pakai LM317T saja.. toh IC nya murah cuma 3000an, butuh 2 biji untuk atur Voltase dan Arusnya… jadi LUXEON bisa menyala FULL terang.. tanpa takut putus.

Reply
budi

budi nite rider Says:
wah…ok banget tuh lampu…saya dapet di glodok 30 ribu/biji ( lux. star 1 Watt)
tinggal nambahin lensa or reflektor sinarnya mak nyusss(reflektor pake bekas senter kecil,tinggal di lem,housingnya pake aluminium holow 1″ skalian buat pendingin )…jangan lupa buat sumber tenaga nya mesti pake pembatas arus ( current reg.) seperti ygn om shaft7 kasih…mak nyus , utk ngatur arus yg dibutuhin tu lampu kita tinggal merubah nilai resistor di output IC 1 ( 2,2 ohm utk arus 560 mA)…biasanya nilai resistor berbanding terbalik dengan arus yg melewatinya ( kira2 gitu rumus nyari arus yg kita butuhin bro) saya pake 3 biji..tinggal kaliin aja arusnya ( sebiji yg 1 wat kira2 350 mA)
kebetulan saya bikin lampu utk sepedaan malem gitu….untuk desain dan cara bikin nya tinggal search di google atow di http://yojimg.net/bike/equipment/lights/led_lights.php#designgoals

jawab (ngikutin yang punya, heeee):
rangkaian om shaft itu untuk ic 1 berfungsi untuk mengatur arus. cara nya tinggal ubah nilai hambatannya. Rumus nya R= ( 1,25/I (mA) ) x 1000. Misalkan pengen 1050 mA maka R nya 1,2 ohm (pembulatan).

Reply
rakhmat

kl diaplikasi untuk lampu sepeda bisa ga yah om, kan powernya cuma dari batere aja 4 biji, ga pake aki.thx

Reply
resta

rakhmat says:
24/2/2009 at 13:46

kl diaplikasi untuk lampu sepeda bisa ga yah om, kan powernya cuma dari batere aja 4 biji, ga pake aki.thx

jawab:
gw pernah beli senter philips luxeon 1w. cuma pake batre AAA 3 biji. Kayaknya luxeon 1w langsung d sambung ama batre. soalnya gw buka, kgk ada apa2. cuma heatsink ama pasta doank.

Reply
prayudi

Mas jika menggunakan batere 9v atau 1.5v berapa lama dia akan bertahan dengan lampu 1watt?

Reply
herman

askum, aq mo gbng ya. aq mo tany, klo aki 12 v. led hanya berdaya 4,5 volt. resistor yg dibutuhkan brapa ohm. dan spy stabil pakai apa lg? tolong bantuanny ya om? klo bisa kirimin aq emailny ya om? terima kasih…

Reply
Hermawan

Tolong diberikan no telpnya suaya saya bisa telp situ thx

Reply
Mr. Andri

Bos kalo lampu led bisa dipakai dengan tegangan listrik rumahan gak?
atau harus ditambahkan sesuatu y?

Reply
Saftari

Mr. Andri says:
Bos kalo lampu led bisa dipakai dengan tegangan listrik rumahan gak?
atau harus ditambahkan sesuatu y?

Jawab:
Om Andri, perlu regulator tegangan dan arus seperti skema di atas tuh oom.

Reply
edi candra

saya kurang paham pak dena lampu di atas, tolong jlaskan lebih detil lagi…

Reply
sugiman

saya tertarik rangaian lamu ini dan sekarang baru menemukan ..rekans minta info tempat beli lampu nya

terimakasih

Reply
oland

Pak saftari terima kasih atas denah driver LEDnya.
saya rencana bikin rangkaian LED ini.
Apakah adaptor biasa cukup untuk input? ( apa yang perlu dilihat )
Untuk mengeluarkan 700mA bagian mana yang harus dirubah ya?
Berapa buah LED yang bisa di SERI dalam 1 rangkaian pak?

Terima kasih

Reply
cahyono

saya baru beli di jogja senter kecil bodi almunium hitam marek STE USA (kayaknya produk cina)pakai batre 1xAA 1,5V sudah pakai Luxeon 5 Watt! ternyata didalam senter ada cip+spull penaik tegangan. harganyamurah cuma 55ribu.

Reply
parjo

mas cahyono, mohon pencerahan, beli senternya di jogja di toko apa dan alamatnya… nuwun

Reply
cahyono

waduh malu saya belinya gak ditoko… ada di klitikan pakuncen. tapi barang2 nya baru pakai dos dan bentuknya macam2.masuk pakuncen standnya sebelah kiri(selatan)orangnya juga jualan alat2 pecinta alam.kalo mau beli bawa batre sendiri aja, yang baru untuk cek.segera kesana sebelum habis, hari senin saya dah kesana beli lagi 2 buah.Hi3..

Reply
Rully RHITEC

kang Saft,

mohon bantuan nya untuk skema pemasangan lampu sein kiri kanan di lampu HONDA Tiger. Lampu sein yg sekarang terlalu boros kalu di pakai touring (21 watt). jadi seandainya bisa gunakan lampu jenis LED bisa hemat energy aki montor ane, hehehe…

trims kang Saft,

from Rully RHITEC
Rhinoceros TIGER Club
Muara Badak KALTIM

Reply
edi

saya dijogja jika beli led nya dimana ya mohon alamat tokoya tengsya

Reply
edi

kalo mau beli lednya dijogja ada dak tolong alamat tokonya tengsya

Reply
Agus setiyawan

Salam kenal mas Saft7,
waktu ke glodok kemarin saya lihat luxeon di coba,nyalanya terang sekali cuma harganya 140 ribu.
kepikiran buat ganti lampu utama motor RX-S yang nyalanya seperti lilin, masalahnya arus dari aki 6 volt. kira-kira bisa gak diaplikasi ke motor pakai converter 6 volt ke 12 volt? komponen apa yang perlu saya tambah biar bisa dipasang. terima kasih.

Reply
saft

Agus setiyawan says:
Salam kenal mas Saft7,
waktu ke glodok kemarin saya lihat luxeon di coba,nyalanya terang sekali cuma harganya 140 ribu.
kepikiran buat ganti lampu utama motor RX-S yang nyalanya seperti lilin, masalahnya arus dari aki 6 volt. kira-kira bisa gak diaplikasi ke motor pakai converter 6 volt ke 12 volt? komponen apa yang perlu saya tambah biar bisa dipasang. terima kasih.

Jawab:
LED Luxeon yang beredar belum bisa menggantikan lampu utama untuk mobil dan motor… jadi sebaiknya tetap menggunakan lampu pijar, jangan LED>

Reply
mas mu

bingung, maklum ga pernah sekolah elektronik. jangan kan baca skema.. sikring dirumah ajah kemaren diganti ampe kesetrum 2 kali… ada yang edisi jadi ga yah…. maksudnya yang ga ngerakit gitu…

Reply
andri

pak, ini gambar rangkaian untuk 1 led, bagaimana untuk pengaplikasian 100 led dan lebih,dimana saya bisa membeli led ini, apakah di glodok ada?
terima kasih

Reply
budi

Luxeon bisa di aplikasikan sebagai lampu utama motor. gw uda coba 2 set luxeon 3w+reflektor+heatsink di motor honda supercub 800 (masih 6 volt). yang dibutuhkan hanya regulator tegangan (tegangan di turun kan menjadi sekitar 3,2volt). hasilnya sinar fokus tapi intesitas cahaya kurang terang. kalo mo terang mesti d tambah lagi, luxeon nya. tapi lagi bokek.

Reply
abuayyub

ada yg tau, cara bgmn spy driver utk luxeon d atas dibikin variable arusnya (dg variable resistor)? jadi arusnya bs diatur sesuai kbutuhan lednya. tinggal puter aja VR nya tanpa hrs bongkar pasang…

Reply
budi

to abuayyub

ganti aja resistor 2R2 dengan variable resistor.

Reply
abuayyub

mas budi beli led nya dimana dan brp rp per biji?

Reply
Julius

bos…mau tanya dong..
kalo pake batere AA pake rangkaian yg ditunjukin diatas bisa ngak ? atau harus ada yg diganti, soalnya biasa LED kan berkisar 3-4Volt.
thanx

Reply
aa fajar

sadis om LEDnya…
jadi ngiler buat dipasang di motor hehehe…

Reply
Ihsan Prawoto

bagus juga tuh om buat proyek yang saya kerjakan buat mobil..

Reply
budi

to julius

kalo batre AA bisa langsung k led. contoh kalo luxeon dengan tegangan kerja 3,5V bisa d hubungkan kangsung dengan 3 batre rechargeable. total tegangan batre adalah 3,6V. kelebihan 0,1V saya rasa gak apa2.

Reply
phiti

om Saft, itu 2R2 2 ohm, brp ya?
maksudnya 2R2 itu.
2200 ohm kah?

maklum nubi.

thx.

Reply
catur supriadi

maaf mas aku sih punya led luxeon 5 watt, sangat terang sekali, kalau emang ada yg berminat aku jual murah kok….call aku ke 031-70452437 atau sms aja entar tak bales kok

Reply
budi

to phiti

2R2 2W maksudnya resistor 2,2ohm dengan rating daya 2W

Reply
phiti

@budi : thx ya, saya kira 2200 ohm.

Reply
Benny

Mas, saya mau coba merangkai sendiri LED Driver. Masalahnya, Kaki IC LM317 nya yang mana kaki 1, kaki 2 dan kaki 3 nya Mas? Trims

Reply
resta

to benny

lihat foto tepat di bawah gambar rangkaian.
no 1 –> kaki paling kiri, di lanjutkan kaki 2 dan kaki 3

Reply
budhi

mas, kalau mau buat rangkaian dengan led yang banyak apa bisa dengan 1 rangkaian saja lalu lednya di pasang paralel? atau memang 1 rangkaian dikuhususkan untuk 1 led. jika ada rangkaian untuk beberapa led mohon di share.
trims

Reply
bayu

Om Saft,
saya mo bikin lampu kabin pakai 2-3 led luxeon, mo pakai driver seperti yg Om saft buat, tp klo pakai 3 led secara seri atau pararel mana yg perlu diubah? atas bantuannya saya ucapkan banyak terimkasih

Reply
budi

to bayu

u lampu kabin beli aja luxeon 1W 2 biji dengan spek 3.5V 350mA. 2 luxeon tersebut dihubungkan secara seri. yg di ganti: resistor 2R2(2W)–> 3R6(2W), 100R –> 220R(1W) dan potensio 1K diganti resistor 1K(0.5W)

to budhi
diseri aja (seperti bayu). kalo pake dua luxeon 3W, ikutin rangkaian u bayu tapi resistor 2R2(2W) diganti 1R8(2W)

Reply
bayu

Om saya sudah baca spek ic LM317,
ternyata maxs output arusnya 1,5A,
kalo aku mau pasang luxeon 5watt secara pararel ga bisa yah meskipun 2R2 diubah…kan mentok cuman 1.5A?
sedangkan 2 luxeon 5watt pararel butuh 2,4A….mohon pencerahannnya

Reply
budi dokter

Saft, 1 driver bisa buat lebih dari 1 LED ga..??

Reply
budhi

mas, Berarti pergantian resistor ini ada rumusnya ya? boleh tau?

kalau misalkan butuh 12 volt dengan arus 1,4 A berapa ya resistor yang harus terpasang?

apakah rumusnya linear untuk semua arus & tegangan yang dibutuhkan?
trims

Reply
bayu_priority

brader saft7,
cari luxeon 5watt dmn y?
saya kesusahan cari ni led
posisi saya d solo
ad toko online yg jual g?thx

Reply
bayu_priority

brader2, klo mo pasang 2 luxeon 10 watt
sebaiknya pkk 2 driver unt masing2 luxeon ato 1 driver untuk 2 luxeon

lalu spec untuk driver luxeon 10watt ap yg harus d ganti dr rangkaian d atas? tolong d bantu, thx

Reply
abuayyoob

siapa yg tau rumus utk menghitung arus output driver led diatas? misal: kalo arus output yg saya inginkan 300mA, bagian mana saja yg berubah dan menjadi brp nilainya? thank’s

please reply to abiayyub@gmail.com

Reply
abuayyub

ada yg tau rumus cara ngitung besar arus output driver led diatas? misal saya ingin arus outputnya 300mA, apa saja yg hrs dirubah?

Reply
abuayyub

@bayu_priority
coba hbgngi pak catur supriadi di 031-70452437 katanya beliau punya. tapi saya sms belum dibalas. nanti kalo sdh tau harganya kbri saya yah…

Reply
bayu_priority

@abuayyub::
sy sdh dpt bro tp cm 5watt
yg 10watt harganya g kuat hehe

Reply
gajah_gendut

@Raven

tegangan kerja led brapa ?
Pake LED jenis apa ?
ada beberapa high power led yg tegangan kerjanya 7V (misal LED 5 watt), dg arus max 700mA.

Reply
alfareifaldy

artikel yang bagus om, oia mau nanya kemarin saya dah beli LUMILEDS 10 WATT, nah klo LED yang itu harus peke driver ga om, soalnya kemarin jadi beli dua kali dikarenakan LED yang satu kelebihan voltase jadinya putus sebelah, nah biar awet minta solusinya ya om
terima kasih

Reply
arditay

artikel yang sangat bermanfaat om untuk berkreasi.
ane mau nanya kalau 5 biji luxeon bintang 3w diparalel, bgm dengan pembuatan driver, kasih saran dong ??
sama mau nanya kalau buat driver, input 12volt, outputnya juga 12volt untuk 4 led putih biasa yang diseri ??
rencananya mau buat lampu kolong mobil ane yang jadul niih…..
trim om saft

Reply
Hady Pranoto

artikelnya bagus, bisa minta alamat emailnya untuk saya tanya-tanya

Reply
istana senter

maaf pak saya menampilkan artikel ini di web saya
tapi kalau bapak keberatan akan saya hapus…
saya merasa artikel bapak ini sangat berbobot dan bermanfaat buat pembaca saya
makasih

Reply
istana senter

maaf pak ..ini saya baru baca …sekarang artikelnya udah saya hapus pak..
gak enak ..ternyata ada hak ciptanya
ok thanks buat info saya privbadi deh

Reply
Nroe

Yg mau tanya tentang High Power LED atau dikenal Luxeon Star..

Boleh Kontak Kami di 022-91156958 / 0817206010 ( Excel Lighting )

Atau Bisa ke Lokasi langsung di :

Jl. Inhoftank Komplek Jati Permai Ruko no72
Bandung

Kami Bisa Membantu untuk masalah LED. karena kita sudah bergerak di bidang LED sekitar 10taun.. Thx

Reply
wido

ijin copas gan…

Reply
haldis

mantap nh rangkaiany, minta ijin ya disave,, tp mw tnya donk om tuh skemay ma yg dah jd di pcb letaky spt itu ga coz ane ga ngerti mslh elektronik n rangkaian tsb bs ga untuk yg 1watt coz klo beli yg dah jd mahal bgt,,tx

Reply
awang

om saft ;klu buat 1.watt 350mA yg di ganti R yg mana?efektif di seri apa tdk luxe nya om?

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>