Menu

Perbaiki Sendiri: Flash Hot-Shoe Goyang..

11/06/2009 - Ide-Ide, Mac Gyver
Perbaiki Sendiri: Flash Hot-Shoe Goyang..

Hampir 3 tahun kamera ini digunakan untuk berbagai kegiatan termasuk kontribusinya yang sangat besar menyajikan foto-foto untuk website saft7.com ini. Flash tambahan (External Flash) yang hampir selalu digunakan setiap pemotretan, ternyata membuat dudukan flash (Flash Hot-Shoe / FHS ) menjadi goyang.

[ www.saft7.com – automotive tips and sharing ]

Akibat dari goyangnya FHS, membuat Flash kadang hidup kadang tidak. Wah sangat merepotkan dan bikin kesal, karena pemotretan menjadi harus berkali2 diulang. Mau perbaiki sendiri.. kok ga pede.. sudah tanya kiri kanan untuk rencana servis kamera ini ke ahlinya.
Suatu saat teman baik saya menunjukkan website blog yang punya masalah hampir sama, dan menjelaskan bagaimana cara membuka FHS tersebut dari kamera.

PERBAIKI SENDIRI DEH…!

Yang harus disiapkan adalah obeng kecil Minus dan Plus yang berkualitas baik. Jika kualitas obeng tidak baik, akan membuat baut pada kamera menjadi rusak, sangat disayangkan karena pastinya susah mencari baut yang sangat kecil tersebut.

Dengan penerangan yang cukup, dan bekerja di meja kerja, saya mulai perbaikan dengan sangat hati-hati dan cermat.

[ www.saft7.com – automotive tips and sharing ]

Dengan menggunakan obeng minus yang sangat kecil dan tajam, kita congkel bagian pangkal plat penutup, hingga terdorong keluar rel.

Kemudian tarik plat penutup tersebut keluar rel.

Setelah plat penutup dilepas, akan terlihat ada 4 baut yang mengikat rel FHS dengan body kamera.

Kencangkan 4 baut tersebut dengan obeng Plus yang kecil (Obeng Philips (+) ukuran “0” atau “00”).

[ www.saft7.com – automotive tips and sharing ]

Apabila rel FHS dibuka dengan maksud untuk sekalian dibersihkan atau di cat ulang agar tampak seperti baru, maka komponen yang terlepas antara lain sebagai berikut…

Komponen yang terlepas sebagai berikut…

SUKSES !!!

Cihuy.. sekarang Flash dapat dipasang dengan mantab di body kamera. Semua fungsi kembali normal.
Tidak rumit khan?…

.
.

referensi: How to Repair Canon 20D flash hot shoe.

[ www.saft7.com – automotive tips and sharing ]

11 thoughts on “Perbaiki Sendiri: Flash Hot-Shoe Goyang..

Farrel

Xiiii..xxiixx..xxiii
Adddaaaa… aja bahan buat sharing!
Mantap banget Boss, ringan tapi bermanfaat banget… thx for tips
LANJUTKAN !

Reply
edo

mantebss gannnnn…

thx for sharing

Reply
yuwono

potret2nya pakai kamera lain yak om Safitry… grainy…he.he.

mantaf sharingnya.

Reply
Riefa

mantab dah…jadi pengen bersiin hotshoe..:D

Reply
satriyo pranoto

Muantaappppppphhhh sharing-nya …uhuyyyyyy………jadi merasa tenang…kayaknya sebaiknya biarkan kang saft alami semua masalah dulu…baru kita2 ngikut heheheh(pemalas nih)

Reply
Hadi

Hmmm…saingan ama Macgiver… hehehehehe

Reply
Hadi

Oh iya kang saft…. sekalian tanya deh punya pengalaman dengan camera Poket yg batrenya ngedrop mulu gak kang?

Reply
saft

Hadi says:
Oh iya kang saft…. sekalian tanya deh punya pengalaman dengan camera Poket yg batrenya ngedrop mulu gak kang?

Jawab:
Kalau batere itu memang ada umurnya, pengalaman saya, beli batere baru deh.

Reply
Hadi

Punten td pertanyaan sy gak lengkap…hehehe
Masalah Batre dan charger sudah sy gantai baru sesuai bawaanya, merk Sanyo.cameranya berisi 4 batre AAA. sebenernya camera poket ini cukup bagus hasil bidikanya. gak kalah sama camera profesional. tp karena ngedrop terus akhirnya di pensiunkan. Punten ya kang sharingnya jd panjang…

Reply
Hary

wah, mantap nih sharingnya..
baru pagi ini buka dan pas banget, udah lama hot shoe saya goyang, jadi kalo mo motret flash harus dipegangin keras2..xi..xi..xi..

o ya, om.. ada satu lagi masalah nih : sekarang flash internal di kamera 450D saya gak mau naik lagi, alias gak bisa pop up lagi..
mohon infonya dong..kira2 apa yg harus dibongkar?
terima kasih.

Reply
joelnaen

syukur nemuin site ini… akhirnya bisa jeprat jepret lagi dengan flash kesayangan ane.. thanks om saft7..

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>