.

 

Pilih-Pilih Klakson ‘Keong’

klaksonkeong-0

Saat ini sudah mudah ditemukan di toko asesoris mobil/motor klakson aftermarket untuk menggantikan klakson standar yang kurang keras atau kurang ‘sangar’.
Berbagai model, merek dan jenis kadang membuat kita bingung. Harga mahal tidak selalu merupakan yang terbaik.

Untuk mobil merek BMW, saran saya tidak perlu ganti dengan merek atau model lain, suara khas klakson BMW tidak perlu dirubah dengan warna suara yang lain, nanti serasa bukan klakson mobil BMW lagi deh. Klakson standar semua model mobil BMW bermerek ‘FER’ buatan Jerman. Harganya tidaklah mahal, yaitu sekitar 120ribu sepasang. Bicara umur pakai, tidak perlu diragukan, bisa mencapai lebih dari dua puluh tahun tidak bermasalah.

Yang pasti, seperti artikel sebelumnya yang pernah saya tulis, agar kerja klakson optimal terutama jenis keong dan terompet, gunakanlah bantuan Relay.

Gara-gara terbiasa dengan suara khas merek ‘FER’ diatas, ketika saya membeli sepeda motor benar-benar seperti langit dan bumi jika dibandingkan suara klaksonnya.
Ampun deh… sesama motor saja nyaris tidak diperhatikan jika saya membunyikan klakson.. apalagi untuk mengklakson metromini apalagi bus/truk besar!.. Bah!

Akhirnya saya berniat untuk menggantinya dengan klakson jenis keong ala suara ‘FER’ tadi. Namun sebelum memilih mana yang akan saya gunakan, saya coba satu persatu dan membandingkan kualitasnya.

Hella Twin Tone ‘Keong’ Merah

Hella sudah cukup terkenal dengan kualitas klaksonnya, suara yang dihasilkan cukup lantang dan keras. Pada katalog Hella Twin Tone Merah ini tertulis bisa menghasilkan suara sebesar 110dB.
Frekuensi yang digunakan adalah 400Hz dan 500Hz.

Hella asli dibuat di Jerman.

Stebel ‘Keong’

Stebel juga produsen klakson yang handal, kualitas cetak dan material yang digunakan bisa dikatakan diatas merek Hella.
Suara lebih spontan dibanding Hella Twin Tone ‘Keong’ Merah.
Frekuensi yang digunakan adalah 400Hz dan 500Hz

Stebel asli dibuat di Italy.

Kyoto ‘Keong’

Klakson dengan kemasan yang cukup sederhana. Terlihat kurang meyakinkan, namun suaranya cukup baik.
Frekuensi yang digunakan adalah 410Hz dan 510Hz.

Hella Twin Tone ‘Keong’ New Generation

Desain baru klakson Hella Twin Tone ini unik dan menarik.
Suara yang dihasilkan sama saja dengan suara Hella Twin Tone merah di atas.
Lubang keong pada desain baru ini terletak pada sisi samping klakson.

Frekuensi yang digunakan adalah 400Hz dan 500Hz.

Hella asli dibuat di Jerman.

FIAMM AM80

Banyak mobil eropa yang menggunakan klakson ini sebagai klakson standar mereka.
Suara yang dihasilkan mirip karakter suara merek FER yang digunakan BMW, namun sedikit lebih tajam.
Grillnya menarik, finishing produk dan materialnya sangat baik.

Stebel Nautilus

Begitu melihat desain dan konstruksinya saya langsung tertarik.
Karena penasaran, saya coba cari informasi melalui ‘google’.
Weleh-weleh… ternyata Stebel Nautilus bisa dibilang sedang digandrungi oleh berbagai klub otomotif mobil bahkan motor besar di berbagai negara seperti Amerika, Jerman, dan Italy.

Bahkan saya menemukan beberapa website klub motor besar yang menyediakan tips pemasangan Stebel Nautilus.
Pada katalog tertulis bahwa suara yang dihasilkan bisa mencapai 139dB!
Wow.. Penasaran juga.. Saya coba sendiri deh..

BAH!!… suaranya serasa suara truck trailer besar, begitu lantang, spontan dan keras!
Kunci keberhasilan klakson ini adalah desain yang unik, dan menggunakan motor kompresor tanpa tambahan selang sehingga sangat praktis.
Impressif!!!!! Akhirnya saya pasang klakson ini. Recommended banget deh!.

Kebayang ga seeh… ketika saya pasang ini di motor,… banyak tuh metromini dan truk apalagi mobil yang kaget,… dikiranya kendaraan besar yang lewat… taunya motor!…
Oh ya.. klakson standar motor yang ‘culun’ saya tetap pasang sebagai klakson seperti biasa, jadi Stebel Nautilus ini saya buatkan saklar tambahan untuk mengaktifkannya, mengingat suaranya yang begitu dahsyat, gak enak khan kalo dalam komplek untuk menyapa harus dengan suara yang begitu besar… hehehe.

Karena saya ingin motor saya tetap terlihat motor standard, maka saya ga mau pasang klakson tambahan yang terlihat langsung, umumnya khan pemasangan ditempatkan di depan. Sayang dibalik shield cover depan tidak muat untuk dipasang Stebel Nautilus disitu… akhirnya saya pilih di belakang Shock Breaker deh… tentunya buat dudukan yang kuat dan manteb dengan plat besi tebal 1.5mm ditekuk.. dibor… beres. Jadinya gini..

Pastikan arah klakson keong mengarah ke bawah. Dan tidak mendapat cipratan air hingga bisa masuk ke lubang terompetnya… Dengan arah dan posisi seperti yang saya pasang, setelah melalui test hujan deras dan jalan becek, ternyata aman dari air, sisi dalam terompet tetap kering.

Nah untuk saklar tambahan supaya tetap sopan di jalan, saya pasang saklar itu di tempat yang ergonomis, sehingga tinggal colek dengan telunjuk, Stebel siap mengaum!..
Terlihat dalam foto, saya juga menambahkan saklar untuk Hi-Pass Beam. Maklum, kebiasaan sering menggunakan Beam di mobil, begitu mendapat motor yang tidak ada hi-pass beam jadi repot.
Hi-Pass Beam penting sekali keberadaannya, jadi buat saya pribadi wajib ada di setiap kendaraan.

Akhirnya beres deh..
Klakson standard yang bersuara pas-pasan digunakan untuk menyapa teman di kompleks dan untuk sesama motor di depanku…
Klakson Stebel Nautilus khusus untuk yang cuek-cuek dan yang budeg-budeg…. hehehe.

128 Responses to Pilih-Pilih Klakson ‘Keong’

  1. keren klaksonnya om, cuma kalau cuci motor bagian kolongnya apa gak kemasukan air tuh om?

  2. karsim says:

    Mas saya mau tanya dong..
    Untuk mendapatkan klakson Stebel nautilus yg asli dimana yaa???..
    Saya di bekasi..
    Nih nomer hp saya 08989919914
    Mohon bantuannya yaa mas

  3. MTN Motor says:

    kalo butuh klakson fer ane jualan boz. silahkan mampir di : http://mtnmotor.blogspot.com/2012/06/klakson-keong-fer-germany.html

  4. Rezza says:

    kayanya mantep tuh klakson Stebel Nautilus,,
    waktu ente beli berpa harganya gan ?

    • saft says:

      wah.. sudah lama ga pantau harga klakson ini… coba cari di toko2 asesoris

      • hardy wijaya says:

        mas saftari…
        klakson bawaan mobil ada 2 pcs,brarti kabelnya ada 2 jalur, jd klu mau pasang stebel nautilus pd mobil nyambungnya ke salah satu jalur kabel aja atau kedua-duanya digabungkan?trims

  5. bendol says:

    gan klakson tropet ada ga?????
    yang pake 2 tabung

  6. idrus says:

    saya juga pake stebel nautilus,memang layak diacungin jempol deh untuk kualitas suaranya, lumayan buat ngegeser angkot yg pada ngetem sembarangan,,
    agak lucu juga pas ngetes ini klakson dijalan, ketika ada motor yg jalan seenaknya di depan saya, saya coba bunyikan alhasil itu motor kaget dan hampir jatuh,,, dalam hati bebicara,makanya naik motor hormati pengguna jalan yg lain pak,hehehehe…..

  7. Septian says:

    Pak Saft, ada rekomendasi toko/ bengkel yang menjual produk stebel nautilus ASLI dan bukan KW ga? Thx

  8. maRio says:

    saya juga sudah pasang stebel nautilus ini di Xeon ane, tapi masih nyari tempat yang pas biar ga terlalu mencolok letaknya di dek tengah…

    salam kenal ya

  9. aldo says:

    jadi yang paling kencang yang mana buat motor?
    saya sudah beli hella keong merah(standard dilepas) ,apa perlu diganti lagi?
    trus suarany th bisa dkncengi sndiri gk?

  10. Dnee says:

    Mas Kalo yg Keong Ma disc Type jauh ngga bedanya??? bagus yg mana??

  11. Edo Gautama Wysnuwardhana says:

    Tengkyu Om bwat informasi nya.. ;)
    Sukses slalu deh.. ;)
    Slamat juga bwat launching buku2 na.. bermanfaat banget.. :D

  12. R12XI says:

    om,ane barusan pasang Klakson keong nih di Mega Pro.Tapi Kagak pkek Relay
    klo kagak pkek relay bisa cepet tekor nggak akinya?

  13. dimas says:

    tanya,klakson stebel nautilus bisa d’psang d’vario g,trus klo d’bngkel-bengkel ad kg yg jual

    trus cara pemasanganya gmana

  14. tony chandra says:

    om saya mu bli kbel dta tuk injeksi dmna ya???saya pke laptop..

  15. sibocor says:

    Ijin copy paste om buat info temen2 ane… (sumber dilampirkan pastinya)
    nice info makasih banyak ya ^_^

  16. Denian says:

    Om Saft,
    Mo nanya neh, klo hrg klakson fer brapa y skrg,d jayapura mtr ada g y & bs d anter kan?
    Sy pke bajaj pulsar 200 perlu modif klistrikan g?dgr2 listrik y AC+DC 12V 9A

  17. Andy says:

    Om Saft,

    Kalo mau cari yg stebel 24 volt, kira2 dimana yah yg ada jual?Jayapura gak ada tuh.

    Saya sih tertarik dgn yg model natilus compact, tp katanya utk 24 umumnya yg type gas.

    Saya mau pasang di gerobak colt diesel saya,krn bawaan standart kurang masksimal suaranya…

    Thank’s

  18. dandan says:

    nah ini dia om saft,

    saya pake hella hitam twin tone.

    saya pakai PULSAR 180.
    ingin memasang klakson HELLA TWINTONE BLACK.

    pertanyaan:
    1. apa perlu relay? kalau ya, lebih baik yang mana, RELAY HELLA juga? tipe apa.
    2. dengar2 Pulsar pakai listrik AC. apa perlu modif kelistrikan?

    thank you

  19. Willy says:

    om saft, sy udah beli stebel nautilus nehh… tapi koq pada saat dipasang di grand livina teknisinya bilang kaga usah pake relay, aslinya mobil udah ada relaynya. test kaga ampe 5 detik sikring dah putus tuh.
    perlu ngak sih relaynya om saft ??

    Thanks,
    Best regards,
    Willy

  20. helmi says:

    berapa harga hella bmw’nya bos…………….asli bos..

  21. Saftari says:

    @om Imdad:
    Wah thanks..
    Hi-Pass Beam itu adalah Lampu jauh yang dipencet sebentar doang untuk minta ijin menyusul kendaraan di depan kita…. kalau Hi-Beam, lampu jauh yang dinyalain terus menerus….
    Telpon aja ke si susanto Jayapura Motor 021.72793675, dia bisa minta kirim kok… transfer BCA kalo ga salah bayarnya… bilang aja tau dari saft7.com

  22. imdad says:

    Maksih Boz…infone lengkap bener?Wah keren abis ngupas klakson keongnya…Luar biasa..
    a kebeneran wkt dijalan liat motor pake Stebel Nautilus, buset begitu bunyi kepincut langsung ne gw jadi pengen beli langsung, bunyinya sangar abizZZ…a mo tanya om:
    - yang dimaksud Hi-pass beam tu paan se?
    - Bisakah om memberi ptnjuk utk mendapatkan Stebel Nautilus di Purwokerto atau Bumiayu (Jawa Tengah),dan apkah harga bisa berubah dg yg om sampein diatas?
    -Kalau Mau pasang Stebel Nautilus di Supra X 125 paling Pas dimana Yah, sptnya mo pasang spt yang om Saft tunjukin susah pa yah kalau lagi nyuci kolong spatbor belakang motornya?
    Minta jawabannya ya Bos, Terimakasih banget atas artikel yang joss banget dan keren. Salam..

  23. hansen says:

    om saft,

    kalo klakson FER asli jerman (yg buat BMW) isa dipasang di toyota avanza ?

    beli dimana ya klakson FER asli jerman ?

  24. Andy says:

    Om Saft,

    Gimana kalo mobil bawaan dah ada relay bawaan utk HORN, seperti di Livina?

    Apa gak perlu dipasang relay tambahan lagi?

  25. ivan says:

    om saft, harga di jayapura itu udah termasuk pemasangan blum yah?

    trus kalo stebel nautilius sama yg compact beda apa yah, en perlu relay gak itu?

  26. oxa says:

    om saft,

    itu klakson ga kegencet kalau shockbreker naek turun ? apalagi banyak polisi yg tidurr..

    kalau saya di motor smash make klakson keong yang ada kontrol elektroniknya / tdk make relay , saya masukin ke dalam body/tebeng belakang , masih muat tanpa merusak body..

    untuk suara cukuplah, utk klakson in mobil / angkot..

    salam

  27. noy says:

    bener ga katanya kl klakson keong borosin ke aki (aki cepet soak)???
    mohon saran aku pengen pasang di motor thunder, yang cocok pakai klakson apa & yang suaranya ga terlalu kencang ??

  28. adi says:

    tambahin .. belinya sama yang di anjurin bang saft….[ gara2x baca artikel ini jg.... kompornya mantep langsung panas..] thxQ Om…

    Om saft, ulas Dong pemasangan lampu kabut buat motor tiger, dan pengaruh dari volt,amper,watt, accu, trus bagusnya pakai judul apa?? karna kalau pakai hella gak tahan di kantong, trus kalau cari second dmn?? .. thanxq ..pencerahannya… sorry nanyanya rentetan…

  29. adi says:

    mantaf om…. dah 3 tahun pakai sampai skarang mantaffff, tapi pernah ngedrop sekali…share lokasi benerin nih…

    kalau pas rusah atau suaranga ngeden, bawa aja ke daerah radar Auri Cibubur, posisi di depan makam / kuburan …. mak nyoss.. gak ada 5 menit di bersihin langsung toettttttteeetttttt..

  30. Saftari says:

    coba tanya ke Susanto Jayapura Motor 021.72793675 .. bilang dari pembaca saft7.com …

  31. Harga Stebel Nautilus Sekarang says:

    Saya di jakarta kalau sekarang harga Stebel Nautilus yang asli buatan italy berapa dan dapat di beli dimana , pls alamat penjual nya

  32. bayu says:

    mas tlg infoin yang jual stebel nautilus di daerah cilacap/purwokerto donk?susah crnya,ato daerah jogja jg blh.tq

  33. nowo says:

    om saft7,tolong ksh tips & infonya buat pasang stebel nautilus di jupiter mx donk? aq bingung mo pasang dmn.

  34. nowo says:

    Om,aq mo tanya,cara meletakkan klakson stebel nautilus pd jupiter mx tuh dimana ya? thanks.

  35. aan's says:

    Pak, bisa minta tips+info lanjutnya.
    klo pake st.nautilus yang terpisah (dengan 2 saklar). Klakson asli pemasangan normal(tanpa perubahan), trus pemasangan St. Nautilus apa langsung nyambung ke listrik(Accu), tanpa ada penambahan komponen lagi. trims…

  36. supra 125 X says:

    bos, minta info lbh lnjut dong ttg Hi-pass beam. trus harganya berapa?
    pemasangannya gampang pa rumit?thanks before

  37. kolay says:

    kalau mau lihat contoh produk air horn klik aja link berikut http://www.hornblasters.com ada juga klakson yang mirip dengan klakson punya kereta diesel di Indonesia. Ada juga contoh soundnya demgan format mp3.

  38. DeZiGH says:

    Sayangnya,
    angkot ndak peduli dengan budaya timur,
    pake budaya timur lawan angkot sih akan terus jadi obyek penderita

  39. rene m halim says:

    klakson FER apa ada setelan desibelnya ,pengen suara BMW tapi suara sekeras suara klakson sepeda motor,tx,biar berbudaya Timur tetap sopan di jalan raya,bukan penindas

  40. Eri says:

    om saft, sy boleh minta tolong di cariin klakson FER khas bmw ga? sy domisili di jogja, dah nyari sana-sini ga dapet2, di posting atas harganya sekitar 120rban ya? nanti + ongkirnya di total aja om, makasih banyak sebelumnya

  41. Harri says:

    btw, itu yg dipasang itu duank ? ga ada pemasangan tambahan laen gitu bro, biar awetan dikit dan ga mengganggu kelistrikan

  42. Harri says:

    kynya mo nautilus ok juga

  43. putra says:

    eh ktana klakson stebel tu suaranya cempreng yah? tadi saya browsing d google katanya suaranya mmg kras., but cempreng abis.. malah dsna d anjurkan pake hella yang kualitas suaranya lbih bgus.. pa bnr tu??
    ksi saran n msukan yah..
    coz w pgn bgt neh pke klakson tu k jupi mx w..

  44. putra says:

    by the way tu klakson stebel buat mobil ama buat motor sama gak?

    n tolong dijelasin masangya biar gak boros aki..

    thx sob..

  45. putra says:

    klakson stebel nautilus brarti kenceng bgt yah suaranya.. sbnrnya sya mw psang d jupi mx sya.. tp sblumnya sya pake toyota kijang kapsul dan saya cocok mnggunakan klakson keong hella merah., suaranya kenceng banget dibanding ma keong standart., sampe2 saya sndri masi kaget klo anak2 mainin klakson klo saya lg bongkar2 daerah mesin..
    wah gak kbayang klakson stebel nautilus kencengnya kya apa yah?

    hehe…

    eh., klo buat mtor pa gk habis2in aki om?
    coz sya msih bngung neh.. klo mobilkan lmyan bsar akinya..
    thx b4..

  46. Rio says:

    Saya ingin membeli stebel nautilus sebanyak 12 pcs, apakah ada potongan harga?
    Tolong beri kabar via sms di 0852.30.60.8999

    Thank you

  47. nugo says:

    gw mah mendingan klakson truck atau bis malam daah yg gedean dikit.. klakson ini mah buat ukuran mtor udah gede.. tpi ada yg lbh gede lg.. klakson kereta ama kapal laut..kagak ada yg ngalahin bro

  48. hendy says:

    kalo di otista hati-hati…carinya STEBEL NAUTILUS…jangan sampai dikasih STOBEL… palsu tuh, walaupun dus-nya meyakinkan..

  49. gesruk says:

    dmana saya bsa membeli klakson stebel TEGAL

  50. henry says:

    mas saft, motor saya karisma. bisa dipasang klakson stebel gak ya? Apakah ada aturan khusus, misalnya sepeti ukuran Watt ampere dll. Maunya sih yang stebel nautilus compact dan pasang switch seperti yang mas lakuin.Jadi, kalo lagi di gang-gang, bisa pake standar dan kalo lagi touring bisa pake stebel. Kira-kira budgetnya abis berapa yak? Atau ada yang punya bengkel khusus klason yang bisa direkomendasikan?
    Thanks.

  51. Erwin says:

    Saya mau dong pasang Hi-Pass Beam untuk motor, tolong kasih tau cara pasangnya, trus apa aja alat yang harus dibeli?

  52. Ryan says:

    klo ada yang mau ngasih info tolong japri aja di

    ive_been_in_hell@yahoo.com

  53. Ryan says:

    sekarang kira2 Stebel Nautilus harganya berapa yaa?? trus gw kan tinggal di daerah Ciledug, kira2 tempat yang Reccomended buat beli+masang yang rapih si Nautilus dimana yaa?? yang bagus tuh yang keongnya warna merah atau hitam?

  54. aa says:

    om baduy, di otista ada jg ya? gw pernah nanya2 stebel di sepanjang bonjer, eh dikasihnya stebol. trus yg kudu dibeli apa aja? kaya relay2, kabel, dll

  55. ixan says:

    Hari ini gw baru beli nautilus di jayapura motor ITC fatmawati. Abis gw udah agak2 mulai bosan ama klakson Hella twin tone gw. Btw tuh Hella gw pasang lebih dari 2 tahun tapi performanya tetap mantap!) Harga Nautilus per april08 185rebu, digoyang2 jatuhnya 175rebu. Ya sudahlah….
    Ada embossnya nautilus by stebel, tapi finishingnya agak2 kurang rapih, dus warna merah putih. stok warna tinggal hitam. Sempat di tes di sana, suaranya memang manafff, eh…mantappp!
    jadi penasaran pengen buru2 masang dimotor gw.
    NOTE: pakai rumah saklar kiri ninja + hella twin tone = tombol klakson jadi sensitif
    pencet dikit, tahan, suara dah keluar bersahut-sahutan macam pakai repeater
    makin dalam pencetnya, suaranya makin kenceng……. gw jg jadi bingung?
    -whatta lucky error-

  56. UKnowMe says:

    Om saft,,toko jayapura yg di fatmawati masi rekomended gak buat bli stebel nautilus compact??

    Abis artikel ini kan udah lama banget,,:D

  57. IcHaL says:

    Om Saft.. Ada gak toko t4 jualan klakson keong yg jenis NAUTILUS BRIO…

  58. baduy says:

    br beli stebel nautilus kmrn, 165K di cipete kolong.. dus merah putih..
    kykya skrg pasaran org jual 170K-an deh, naek kali ya..
    di toko2 variasi motor di otista byk jual jg rata2 nawarin 170-190K

  59. Iek says:

    Kang…. Ada info gak nyari stobel/stebel di bekasi barat ? Pengin Panther gw jd kaya “Mayasari Bhakti” neh…. Pliss infonya… Tks……

  60. adie says:

    bisa gak diberi info dmana dapatnya Stebel Nautilus, soalnya dimakassar lg kosong. klo memeng ada info email saja ke adietos@yahoo.co.id. thanks sebelumnya

  61. gajah_gendut says:

    Andri Says:
    March 27th, 2006 at 8:06 am

    Stebel ato stobel emang top abiz…… Semua mikrolet dan Metro mini pada minggir semua. Saya beli di Jayapura ITC Fatmawati (skr kardus nya merah putih, bkn spt kardus milik owner). Harga msh 140 rebu. Sayang warna hitam habis. Padahal mau di samain dgn warna Supra X.

    Saya pasang di Supra X. Pakai braket besi rakitan lebar 1 cm. Posisi di belakang plat nopol depan, tp resikonya plat nopol jd maju 10 Cm (sayang gak bs sharing gambar).

    Gak masalah, suara tetep nyaring kok, kabel 1mm di tarik dr aki langsung.

    Mo tanya sm owner:
    gmn caranya spy Stebel itu baru bs bunyi klo kunci kontak di on kan? Menghindari hal yg tdk di inginkan.

    —————————————————————

    Itu gampang bro, kalo pasang klaksonnya liwat relay, triggernya ngambil dari (+) kunci kontak aja. jadi kalo kontak on baru bisa nyala. jangan ngambil trigger dari aki :D

    kalo ambil trigger dari aki juga, kondisi kontak on ato off akan tetep nyala :D :D :D

  62. ixxxan says:

    wah ini yg saya cari2 stebel nautilus cuma belum dapat2 aja. Jadi penasaran nih. Saya selama ini pakai Hella twintone plus relaynya di motor saya, suaranya merdu dah gitu awet lagi, keujanan ama kecepretan abis-abisan juga masih tetep aja pffuuuuuuuuooooootthh. Tapi saya tertantang untuk segera memasang Nautilus secepatnya……….Thanx bos atas infonya!!!!

  63. gerry says:

    bro,,,kalo hella twin tone didaerah cibinong adanya ditoko apa ya?????
    gimana seh bedain yang asli ama yang palsu????????
    trus kalo sama pasang harganya berapa????berikut relaynya
    katanya relay yg bagus merknya bosch ya
    motor ane tiger

  64. Ari Lakso says:

    Bung Saft, akhirnya saya bisa pasang juga stebel nautilus di shogun saya.
    Alhasil sekarang saya punya suara klakson paling keras se-Batam, bahkan angkot-angkot yang biasa ngalangin jalan langsung pada minggir begitu denger suara klakson bianglala dari shogun saya.
    Yang saya khawatir sekarang adalah, orang mulai ngelirik motor saya, apa yang kira-kira di pasang di motor saya sampai bunyinya sekeras itu.
    Tips ini mungkin bisa temen-temen pake supaya stebel kesayangan kita enggak di gondol maling.
    Ganti baut standard M8 dari stebel dengan baut M8 yang punya kepala yang hanya dapat dibuka dengan kunci L (segi 6). Kalo emang mau pasang permanen, kepala bautnya bisa diisi dengan lem treebond supaya bener-bener paten dan aman dari orang yang mau nyolong stebel kesayangan kita.
    ==Selamat mencoba==

  65. Ari Lakso says:

    Bung Saft, saya baru aja beli Stebel Nautilus dan mau saya pasang di Shogun 125 saya. Tapi sayangnya di tempat saya gak ada yang ngerti wiring diagram nya. Selain itu saya juga mau pasang switch alternative seperti gbr diatas biar gak brisik kalo masuk kompleks. Mohon pencerahannya donk Bung, karena saya tinggal di batam neeh, jadi selera orang-orang sini belum setinggi anak-anak pulau jawa.
    Saya tunggu wiring diagramnya ya. Thanks.

  66. budi says:

    OOm saft, saya baru beli Stebel Nautilus. knapa ya klakson ga mau kluar suara waktu saya pasang di motor Mio? padahal waktu saya beli sudah dicoba dan mau kluar suara n mantab……
    mohon bantuannya.apa yang harus dilakukan? apa perlu ditambah aki?

  67. iskandar.sugandi says:

    bang saft kalo intermittentwiper ada jual enggak untuk kijang grand extra 94 tinggal plug aja dan berapa harganya mohon pencerahan.
    sama minta no yg bisa dihubungi dong thanks sebelumnya

  68. bambang santoso says:

    aduh denger cerita aku semakin penasaran n pingin ganti Nautilus Stebel habis angkot di jakarta kayak raja jalanan aja, berhenti dimana aja cuek lagi ama mobil lain. klo boleh tahu Jayapura motor ada teleponya nggak ya, tx

  69. Racer says:

    wahhhhh.,, nii klaksonn maha dahsyattt,, spertii suaraaaa tyranosaurusssss…heee. tp oks bangettt di pasanggg di ramainyaaaaa kotaaa yanggg padaaa resekkkk smuaaa pengendaranyaaaaaa,, hiiheeeeee

  70. EKO A.W says:

    Bro, Jayapura Motor dimana tuh? N gw tertarik sama hi pass beamnya juga..bisa minta tulung pasangin jga gak? hehehe

  71. alcaff says:

    Bung Saft, kapan kita bisa dapat penjelasan, mengenai sebuah ruangan atau gedung untuk sebuah bodyrepair dengan ukuan yang idel. lalu dimana aku bisa dapetin alamat mesin pengecatan yang baik, merknya apa? brapa harganya? trus merk cat apa aja yang paling baik untuk kendaraan. thanks ya

  72. Awaj says:

    Bung Saft, kalo keong yg merk lain (Fiamm/ Hella) ciri aslinya apa aja nih? Biar kalo mo beli gak ketuker ama yg abal2.
    Mohon pencerahannya ya..

  73. hamid says:

    bro….,bisa minta daftar harga tentang semua asesoris khususnya motor tiger.plisss

  74. oed says:

    mas halim tlg dunk,klo di semarang yg jual dmn ya?
    aku cari koq susah,plisssss
    japri aja ke oed_minoritas@yahoo.co.id
    thx alot bro

  75. subann says:

    bos..k’lo utk di motor.., bisa gak masangnya jgn diluar gt…maksudnya..penempatan toa-nya di dlm(di umpetin)..gw penunggang jupiter MX.

    mohon saran…

  76. Tiuz says:

    Koq beda yah stebelnya ma punya Bang Saft. Klo
    yg ane, bungkusnya kyk stebel keong, terus bentuk
    klaksonnya juga beda. Tapi bunyinya kayak asli :P
    Apa punya bang Saft model baru yah?

  77. Ivan Gunadi says:

    koh Saft, mau nanya nich Saya kan beli buku saft7 trus ada klakson keong stebel nautilus, kebetulan dibahas diletakkan di motor gt. Dan motor itu kan Shogun 125R, Kebetulan motorku juga sama persis sepeti miliknya koko. Dan Aku Suka dengan ide2 koko gt. Lha kalo Di Surabaya belinya di mana? berapa? kebetulan Saya kuliah di surabaya. Kan jauh klo harus ke jakarta gt. tolong di balas ya! Thank’s koh

  78. jumbul says:

    ada yg uda pasang di cbr150 belom ?
    gw tertarik nih buat pasang ini klakson
    kira2 di bengkelnya bisa pasangin sekalian gak ya ?
    trims atas pencerahannya…

  79. adith says:

    info dikit nih…
    buat yang penasaran sama suaranya stebel nautilus, klik aja web-nya : http://www.stebel.it, disitu macem2 klakson (ngga cuma nautilus aja) yang dikeluarin stebel bisa dites…turn on ur speaker and hear the sound!
    gue baru masang buat di macan 2 wheels gue…
    klakson stebel nautilusnya “juara” bgt om saft! :)

  80. Penunggang tiger says:

    Wah oom shaft,

    Ane salah beli nih, stebel yg ane beli kagak ada emboss stebel nautilusnya.
    Kyknya merk typeR deh.
    Ane ga begitu perhatiin lagi pas beli dan lsg pasang ditempat.
    Tp suaranya sih mantab, mdh2an ga cepet jebol deh tuh klakson.

  81. Wiku AA - ceper alami..... says:

    Saya sdh agak lama pasang ini klakson di mobil, berkat kompornya om Saft…. he. he… dahsyat….

    Kemarin pas ke bengkel motor, liat klakson yang bentuk klakson & kardusnya mirip banget sama foto di atas, tapi merknya Type-R….. di bagian plastiknya gak ada embossnya, alias polos. Di klaksonnya, kalo yg merk stebel bagian yang bertulis “PAT PEND MADE ITALY”, di klakson merk type-r ini kalau gak salah tulisannya “Nautilus technology by Italy”

    Jadi, hati-hati, biar gak salah beli…

  82. dasad says:

    jadi mau bedain yang asli dan yang palsu gimana nihs…….

    pemalsu emang bikin bete

  83. Dicky says:

    Hi all
    kemarin keliling di atrium
    hampir semua toko aksesoris punya klakson stebel nautilus tuhh
    dan harga terendah yg gw dapet 125 ribu belom tawar… jadi malah gak beli karena gak yakin asli apa palsu, kok mahal di jayapura ya, yap kardusnya merah putih, jadi lebih gak yakin lagi, gimana nih, apa itu asli ya, udah ada embos di kuping n di body nya sih, warna cuman merah aja yang ada

  84. Stefanus says:

    BRo,

    tanya dong kalo yang di Atrium nama toko nya apa? Contact person nya siapa?

  85. Andri says:

    Stebel ato stobel emang top abiz…… Semua mikrolet dan Metro mini pada minggir semua. Saya beli di Jayapura ITC Fatmawati (skr kardus nya merah putih, bkn spt kardus milik owner). Harga msh 140 rebu. Sayang warna hitam habis. Padahal mau di samain dgn warna Supra X.

    Saya pasang di Supra X. Pakai braket besi rakitan lebar 1 cm. Posisi di belakang plat nopol depan, tp resikonya plat nopol jd maju 10 Cm (sayang gak bs sharing gambar).

    Gak masalah, suara tetep nyaring kok, kabel 1mm di tarik dr aki langsung.

    Mo tanya sm owner:
    gmn caranya spy Stebel itu baru bs bunyi klo kunci kontak di on kan? Menghindari hal yg tdk di inginkan.

  86. Eko W says:

    Saya pernah liat stebel nautilus tapi box-nya tidak seperti yang di artikel ini. Box-nya warna merah, persis seprti box Stebel keong yang ada di artikel ini. Apakah itu produk palsu atau cuma kemasan lama saja?

  87. Merah Hitam says:

    P’ Apakah tidak ada masalah dengan Ampere Aki motor bebek yang kecil?
    atau haruskah di ganti kiproknya untuk hasil terbaik? mohon pencerahannya

  88. slamet says:

    P’ Saftari saya orang yg awam utk pasang seperti ini di motor, mungkin bisa inform ke saya dimana saya bisa pasang utk klakson tsb termasuk juga “hi-pass beam” di motor SUPRA saya.

    Thanks,

  89. Raden_kusumo says:

    kalo mau cari klakson yang bunnyinya lebih dari satu (ntint…..ntint…ntinit) kayak punya mobil tuh ada gak untuk motor kalo ada minta saran nih kirim infonya ke email gua ok….. tx…

  90. PermanaZ says:

    Stebel Nautilus emang Top dah…. Gw pasang di ruang mesin Avanza dengan dengan tombol tambahan di dashborad (Klakson asli tetap ada)…. Suaranya emang dahsyaaat….. Sampe kenek kopaja aja pernah loncat kaget gue klakson, dia pikir truk gede kali eh pas dia nengok cuma mobil kecil he he he he…… diomelin ibu2 di mobil sebelah aja pernah gara2 mencet kelamaan waktu taon baruan……:-) Cuma montir yang masang stebel tsb koq ngambil langsung strum-nya dari accu ya..?? Apakah emang kaya gitu…?? selama ini sih memang ga pernah ada masalah…!!

  91. d1ma5 says:

    Huahahahaha….. Akhirnya gara2 kompor mledug Saft7.com ane beli juga Stebel Nautilus. BTW, kok kalo tukang jualan taunya Strobel ya? (apa emang bacanya gitu kali??).

    Denger suaranya… sett dah.. toa sirine ane kalah gahar…. Sayangnya karena ruang di balik kap mesin ane udah gak muat ditaruh apa2 lagi, akhirnya ane membatalkan niat untuk menjadikan Nautilus sebagai klakson kedua (pake tombol tambahan), jadinya langsung gantiin klakson orsi.

    Hemmm… jadi mesti nahan nafsu buat pencet tombol klakson nih….

  92. aga says:

    Tolong di info, bagaimana cara merawat / membersihkan klakson keong / Stebel , sekarang musim hujan neh biasanya klakson keong suka bermasalah kl udah kena air.
    Tks be4 .. AGA JTC

  93. TRANS 4 YOU says:

    Kalau dipasang langsung ke tombol klakson tanpa menggunakan tombol klakson tambahan kira2 mengganggu orang lain gak ya?takutnya mau bangunin pembantu untuk buka pintu pagar malah satu komplek bisa bangun semua.

  94. dion says:

    kalo lagi nyuci motor tuh kanlpot digimanain? disiram aja ato gimana?

    sarannya pls?

  95. Supir Taksi says:

    Wuah, saya kaget banget tuh kalo diklakson pake stebel nautilus… tega banget yang nglakson… :( pernah mau naekin pemumpang ibu-ibu hamil di lobby Plaza Semanggi, ya namanya hamil wajar lah kalo naeknya lama krn pelan-pelan, dibelakang ada mobil pake Stebel Nautilus, nglakson mulu… padahal kayaknya ga perlu segitunya deh, kalo emang udah kebangetan kayak bus kota yg ugal-ugalan sih terserah. Btw, karena ngerasa “terlalu keras nadanya” saya lebih suka pake Hella Twin Tone New Generation. Harga di ps. Cipete sama ama yg ditulis Oom Saft, walaupun musti nawar dulu… Suara kenceng tapi nadanya lembut, tinggal maenin pulse-nya aja, kalo mau sopan yang pencet sebentar-sebentar (1-2x) kalo lagi emosi ya pencet terus ampe budek… hehehehe

  96. sunu says:

    omm saft,
    klo ente yang masangin oleh nggak..?
    soalnya klo ngeliat dari gambar, stebel nautilus yang ente pasang rapi..:)

  97. Halim says:

    wah.. ada palsunya juga??
    untung punya ane ada cetakan NAUTILUS by STEBEL di lingkaran kupingannya. berarti asli dong, aman..

  98. Ezha FR2 says:

    JAyapura Motor itu bisa masangin sekalian seperti yg diaplikasikan di motornya TheOwner gak? gw pengen banget diaplikasiin mirip spt motornya TheOwner, jadi klakson standar tetep nemplok.
    Tolong informasinya doooong…. plisss……
    TheOwner tolong jawab dongg…. Gaptek nih soalnya….

  99. Bagus says:

    om Saft..kalo ke Jayamotor ada contoh yang bisa dengerin suaranya ngga om..pengen juga nih tapi yang suaranya halus gitu yang ngga bikin telinga sakit tapi kenceng…jadi bingung….mo dipasang di motor nihh…

  100. TheOwner says:

    Hati-hati ya bro…

    Karena lagi the best on earth, Stebel Nautilus bentuknya dipalsu tuh..
    Ada 2 pemalsu rasanya..
    Pastikan ada emboss Nautilus by Stebel Made In Italy di bagian lingkarannya ya.

    Jangan kaget, harga yang palsu malah lebih mahal .. sekitar 150ribuan.. sementara yang aslinya 140rb.

  101. Halim says:

    Saya juga udah pasang Stebel Nautilus di Terrano saya. Dahsyat man, Mayasari Bakti aja sampe minggir (sopirnya sambil ngomel2)! Bagi yg gak doyan ribut di jalan jangan pasang deh. Tapi bagi yang muak dengan kelakuan angkutan umum, this is the best horn on earth! Cocok buanget buat memaksa mereka minggir.

    Gak cuma di Jayapura motor, di semua toko aksesori juga ada. Kemayoran, Atrium Senen, Fatmawati, bahkan di Semarang pun juga ada kok. Patokan harganya 140k. Mungkin di luar Jakarta akan sedikit lebih mahal. Udah termasuk relay dan bracket. Tinggal beli dudukan/tempat relay, fuse 20A + tempatnya, terminal2 (pakai utilux biar manteb) dan kabel yg bagus mengingat besarnya daya yang dibutuhkan (kira2 Rp2000 per meter).

    Hasilnya? Jadi raja jalanan! (jangan lupa bawa tongkat besi atau palu buat kalau diajak ribut sama angkot di jalan, jangan bawa pisau biar nggak kejaring razia). Fuck ‘em all!

  102. Ezha FR2 says:

    Bro, saya ini termasuk bikers yg tertarik untuk masang klakson keong ini. Saya juga pingin banget pengaplikasian klakson keong ini tetap mempertahankan klakson standar juga (buat jalan lewat lingkungan perumahan soalnya) jadi ada 2 saklar, saklar klakson standar dan klakson keongnya.
    TOlong dong bro rincikan berapa ongkos pemasangannya berikut ongkos komponen yg wajib di beli, soalnya saya termasuk orang yg gagap teknologi nih…. menghadapi kabel2 aja udah bikin panas dingin (tolong sekalian dipasangin maxutnya, hehehe…. serius nih), takut salah pasang. TOlong di jawab ya pertanyaannya. Butuh info banget nih….
    Saya tunggu jawabannya.

  103. TheOwner says:

    Oom Al Supey, tilpun aja si Susanto (Jayapura Motor), kemarenan denger2 ada yang minta kirim dari Surabaya dan Malang tuh.. Pastinya nambah ongkos kirim layaw…

  104. al supey says:

    om maksud gw
    kalo beli bisa gak di anterin gitu lho?
    pertanyaan sebelumnya

  105. TheOwner says:

    OOm Al Supey, relaynya sih dapet… tapi wiring perlu kita akalin sendiri tuh..
    liat skema di artikel pasang relay deh…

  106. al supey says:

    jawab pertanyaan gw dong broer saft/owner
    n relaynya dapet kan, jadi kita tinggal pasang aja kan (PNP kan)

  107. TheOwner says:

    Jayapura Motor yang tertulis di artikel tersebut ada di ITC Dutamas Fatmawati, Jakarta Selatan lantai dasar dan lantai satu.
    Atau di Atrium Senen.

  108. Kiki says:

    Bro..Jayapura motor tuh dimana? kalo beli relay itu ada jenisnya ga sih? misal relay utk lampu n klakson beda atw sama?
    thanx

  109. fanne says:

    om saft
    tombol hi pass beamnya, nyomot dari mana yah?
    part motor apa mobil?,
    (maklum, belum punya motor . . . )

  110. Rendi178 says:

    Omm SAFT memang mantab!!
    Sementara saya pake FER jg..tp suaranya udah saya stel lagi, hehehe.
    Kalo ada dana ntar beli Stebel Nautilus…
    BTW keren jg tuh tombol klaksonnya….bener kreatif!!!

  111. Hans says:

    Iniii diaaa yang gw cariiii!! :) , Dahsyatttttttt…
    Bro tolong alamtnya Jayapura Motor dong …?? gw telpon kesana gak diangkat. Plzz

  112. ryafan says:

    jadi pengen ….
    keliatannya asik juga kalo dipasang di motor, biar bus sama truk bisa denger ane kalo pas lagi disamping atau belakangnya …
    makasih infonya brur, inpormatip bianget geto loh …

  113. al supey says:

    Broer,

    kalo mo pesen di Jaya pura montor, bisa dianterin gak yax
    soale gw gak sempet kalo mo kesana
    gw di bantar gebang
    pls pencerahannya yax
    gw minta banget nih ama nih klakson
    pls help me dong

  114. Coen says:

    kang, aku nemu 3 jenis Nautilus STebel yg :
    1. cone warna merah & kuping item (marking tdk ada)
    2. cone merah & kuping merah (ada marking stebel)
    3. Cone Hitam & kuping hitam (pada kupingnya tdk ada marking).

    Yang asli yg mana ya…. dari suaranya Beda2 lho…..

    Coen

  115. Agung says:

    Kalo ngelihat ukurannya kok gedhe bener ya Bro, kalo saya mau pasang di CBR 150 ada yang pernah coba? Soalnya klakson CBR standar….aduuuuhh…lirih banget. Thanks

  116. Tomy S2W says:

    Bro, kalau boleh, tolong donk tampilin foto bracket pegangan Stebel-nya ke body samping Shogunnya :)

    Sekalian skema saklar selector Stebel – Klakson biasa.
    Thanks a lot ;)

  117. TheOwner says:

    Biaya pasang?… pasang sendiri dong aaah… hehehe
    supply accu biasa aja duh.. aku juga pake accu kering..
    Boros?.. khan pencet klakson ga pernah lebih dari 1 detik… kalo marah doang bisa sampe 5 detik… malu sendiri ama kerasnya suara si stebel kalo kelamaan mencetnya… hihi.

  118. whyou says:

    biaya pasang klakson + hi-beam + tombol tambahan utk klakson berapaan bro ??
    trus gimana dgn supply aki-nya boros tidak, requerement tegangan gimana ya ?
    gue pake aki kering apakah ada settingan lain ?

    thx bro

  119. TheOwner says:

    Wah ampuun…

    jangan langsung niat jelek dong… ojeker khan juga manusia…
    kakakakakakaka

  120. Edwin DG says:

    Wahhh asik neh, gue mau pasang Stebel Nautilus ahh..
    Gue sering sebel sama ojeker yg suka ngalingin jalan gak mau minggir kalo di klason..
    Biar Jungkir balik, nanti gue klason, dikira truck…

  121. rianto says:

    Kalo menurut gw dipasang dimana saja bisa, asal Power Supplynya 12V/minimal 5 Ampere ( jangan lupa pasang riley ). CMIIW

  122. nurzan says:

    kang mau tanya,

    1. jayapura motor itu dimana ya ?
    2. klakson Stebel Nautilus bisa dipasang juga ngga yah di starlet ? soalnya starlet gw klakson nya kayak klakson angkot. suaranya begitu kecil jd sopir2 bus itu pd ngga denger … thx

  123. Aan! says:

    Saya nemu Stebel di Mal Artha Gading, idr 175k, tapi stok warna trompetnya hitam, yg merah tinggal display.

  124. rianto says:

    Gw udeh beberapa kali ganti klakson dari yg harga 20rb sampai yg 100 rb tapi menurut gw Klakson stebel nautilus ok banget bro, kalo menurut gw lekukan suaranya kaya Biola spanyol, jadi gak cempreng gak juga sember, pokoknya salut sama produk yg satu ini bro.

  125. TheOwner says:

    Suara Stebel Nautilus kira-kira seperti suara klakson bus ‘Bianglala’ atau ‘Mayasari Bakti’ deh!..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 




Switch to our mobile site

Tips Otomotif saft7.com