.

 

Putih Telur Penambal Tangguh

radiator_pecah1

Kejadian dua tahun yang lalu, ketika di sekitar Rindu Alam II – Puncak, tiba-tiba dari kap mesin keluar asap putih. Spontan liat temperature gauge di dashboard dan memang sedang merangkak naik hampir saja overheat.
Saat itu saya sedang bersama keluarga pulang dari Bandung menuju Jakarta sekitar jam 21.30.

Parkir mobil di pinggir dan tempat aman, kemudian dengan mencoba untuk tetap tenang membuka kap mesin.
Alamaak… ternyata radiatorku retak panjang sekitar 30cm pada bagian atasnya.
Sebagai informasi, bagian atas dan bawah radiator di mobilku terbuat dari jenis plastik Polycarbonate.

<!–nextpage–>

Wah duh.. sempet terpikir untuk derek ke Jakarta kalau liat kondisi radiator yang pecah sepanjang itu.. Bagaimana menambalnya??? BAH.
Lagi-lagi mencoba tetap tenang, terlintas untuk menambal dengan lem super (PowerGlue), tetapi dimana jam segitu yang jual lem seperti itu di daerah Puncak pula.

Entah bagaimana tiba-tiba terlintas putih telur, seperti pernah baca di mana lupa bahwa bisa buat menambal. Hmm… kenapa gak dicoba.
Akhirnya kutenangkan keluargaku.. minta ijin buat cari telur dengan naik angkot.

Telur didapat dari tukang mie rebus… beli 4 butir sekaligus.

Kemudian sampai di mobilku, ku oles dengan jari sepanjang retak tadi sambil dikipas-kipas agar cepat kering.
Karena mesin masih panas, si putih telur langsung mengembang memutih.
Saat itu saya habiskan dua butir telur.

Dibiarkan setengah jam, kemudian saya coba isi air sambil berdoa tentunya..
Ternyata sukses air tidak langsung terbuang seperti sebelumnya… dengan kata lain, celah tersebut telah tertambal dengan baik.

Nyalakan mesin.. dan mulai berjalan…. wah.. mata setiap beberapa detik melirik ke temperature gauge… tetap stabil tuh di suhu normal.
Di TOL Jagorawi, speed tetap dijaga sekitar 120-140km/h … sampailah di rumah.. tanpa hambatan… Alhamdulillah… SUKSESS!!

<!–nextpage–>

Besoknya sebelum ke kantor ku oles lagi putih telurnya,.. kemudian beli part Top Radiator Cover seharga 255ribu kemudian ke tukang radiator untuk menggantikan dengan yang baru.

Mari kita cermati,.. kenapa putih telur bisa menambal sebegitu kuat.

Rupanya, sifat putih telur yang kalau dipanaskan akan mengembang dan mengering membuat celah retak tersebut terdorong sehingga secara konstruksi tidak hanya menambal, tetapi juga membuat ‘kuda-kuda’ yang kuat sehingga tahan terhadap tekanan radiator yang cukup kuat.


Terbukti, ketika tambalan putih telur itu dibersihkan… celah tersebut terlihat menganga selebar hampir 3mm akibat tekanan dari putih telur yang mengembang.

Putih telur sang penyelamat!
Allah Maha Pencipta!

13 Responses to Putih Telur Penambal Tangguh

  1. haka says:

    Nice info…btw,putih telur berlaku bt radiator yg terbuat dr bhan plastik tdk?lebih bagus mana di tambal dgn putih telur atau sealer?trima ksh

  2. jaav says:

    Salut buat si putih telur & pengalamannya deh !!!

  3. alhafied says:

    pa maaf dalam pemakaian telur putih ini kuat berapaaaaaa lama…….?
    tapi perfect banget tuh….
    kenapa mobil – mobil baru jaman sekarang cor radiator terbuat dari almunium…..?
    dan tenk uper dan lower nya ternuat dari fiber ?
    padahal kan kita benua asia pwwwaling panas beda dengan eropa pada musim panas disana kita merasakan panas hanya 2 jam kurang lebih

  4. Buddy says:

    Kang Saft,
    Oli transmisi mobil saya ada netes dikit, setelah dilihat celah sambungan antar blok seal nya rontok. Bisa pakai cara “P3K” apa ya? trims

  5. enakans says:

    kalo buat nambal tangki motor yg bocor bisa gak ya….???

  6. Liauw Khau Khan says:

    bagus juga untuk nambal laper….wa kakaka..

  7. DJ Winz says:

    Saya malah lebih parah, berbulan-bulan saya pake telur ke dalam radiator, soalnya lower tank radiator retak parah, air sampe ngocor deras kalau udah panas (bukan ngucur lagi, tapi ngocooooorr…. kayak orang pipis).

    Berhubung kantong cekak saya masukin sebutir telur (putihnya aja) ke dalam radiator, hasilnya mantaap… air gak ngocor lagi, mampet semampet2nya. Alhamdulillah suhu tetap stabil ga pernah overheat lagi (indikator di tengah kurang dikit).

    Untuk perawatannya 2 minggu sekali saya kuras radiator, ganti coolant (pake air biasa), terus masukin lagi sebutir telur. Kenapa saya kuras ? Untuk meminimalkan potensi kerak akibat telur. Syukur Alhamdulillah trik ini berhasil baik selama 6 bulan sampai akhirnya saya ada rejeki buat ngeganti lower tank radiator saya.

    Catatan : Masuk di bulan ke-6 bocor tambah parah, sebutir telur gak mumpuni lagi, air tetap merembes. Mau pake 2 telur takut nanti airnya malah bikin mampet saluran air dimesin dan ngerusak water pump. Langsung ganti baru deh…

  8. ichwanto says:

    om saftari, untung aja dah baca trik putih telur penambal radiator. Kejadiaanya tadi malam sekitar pukul 22, mau ke sukabumi pake eterna 91, pas keluar tol ciawi ngerasa ada yg gak beres (jarum suhu bergerak ke tengah, biasa gak pernah sampe tengah) eh ternyata radiator bag bawah bocor, coolant keluar lewat 2 atau 3 lubang kecil. Untung tetep tenang akhirnya cari toko utk beli telur, buang coolant biar cepet dingin dan selanjutnya ikutin trik dr om saft deh. Hasilnya? sampe sukabumi dan kembali ke jakarta (PP) dengan selamat. Thanks ya om.

  9. ansori says:

    >kalo radiatornya dari kuningan bisa ngga di ambel pake putih telur…..

  10. Iek says:

    Putih Telur ???? bisa untuk tambal ban ???….

  11. [...] Putih Telur Penambal Tangguh [...]

  12. si ansol says:

    gooooood wah boleh juga tuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 




Switch to our mobile site

Tips Otomotif saft7.com