Menu

Rekondisi Air Flow Meter (AFM)

15/12/2004 - Elektronik, Ide-Ide, Mac Gyver, Mobil
Rekondisi Air Flow Meter (AFM)

From: Dudung
langsung aja mau tanya :
1. ada mobil2 yg pengaturan udaranya pake AFM (air flow meter) spt. mazda, ford cham, crown (?). Ada juga yg non AFM spt. honda, great/all new (?). Keuntungan/kelemahan masing2 system itu apa ya? krn harga AFM (kalo rusak) setahu saya jutaan, beda dgn sistem non AFM yg pake idle control yg harganya masih di bawah 1Jt.

2. apa penyebab utama rusaknya AFM ? apakah krn cuman faktor umur ?
wassalam.

Saftari:
Biasanya AFM itu kalau dibilang rusak, yang rusak adalah Carbon Film nya yang pada kekikis.
Gejala yang terasa adalah pada saat gas di injak, mobil seperti ngajak disko, alias tidak halus kenaikan RPM nya berbanding dengan pijakan pedal gas.
Tiba2 di RPM tertentu bisa ngedrop, dan begitu seterusnya.

Namun… Masih bisa sih di rekondisi kok…

Termasuk saya sendiri sudah merekondisi si Carbon Film AFM.

Berpegangan pada nara sumber di website http://frwilk.com/944dme/afm.htm

Kalau dilihat secara fisik kira-kira seperti gambar ini

<!–nextpage–>

Terkikisnya Carbon Film membuat sinyal yang masuk ke ECU tidak berjalan halus, kira2 seperti ilustrasi garis merah pada gambar di atas.

Untuk itu mulailah gagasan untuk membuat jalur baru pada Carbon Film yang ada.
Perhatikan gambar di bawah.

<!–nextpage–>

Sebelum membuka apapun beri tanda dulu posisi Contact Wipernya…
jadi nanti pas pasang kudu tepat pada posisi semula. Langkah selanjutnya melepas Contact Wiper dari porosnya.

Tekuk seperti gambar di atas… tujuannya adalah untuk membuat jarak antara Contact Wiper dengan poros pusat menjadi lebih rapat, dengan kata lain akan membuat jalur/track baru pada Carbon Film yang masih belum terkikis.



Setelah beres…
Jangan lupa bersihkan Carbon Film dan semua komponen lain dari minyak atau lemak atau kotoran debu.

<!–nextpage–>


Mobil sekarang jadi lebih stabil dan ga disco lagi….

Kalau Board Carbon Film nya yang sampai tergores memutus… ya wassallam.

Jadi kalo dibilang faktor umur? .. YA!

Regards,

Saftari

38 thoughts on “Rekondisi Air Flow Meter (AFM)

Ito

Bos Saft, kalo CB4 masuk catagory yang menggunakan AFM gak? CB4 saya pernah mengalami beberapa kali drop RPM nya, tapi saya coba mainkan gas ke RPM tinggi, baru normal kembali, apakah ini ada hubungan nya dengan hal yang dibahas disini, saya masih baru banget mengenai mesin dan asesoris nya, karena selama ini selalu dibawa ke bengkel, tanpa ngerti yang lain, dan yang saya mau tanyakan lagi, kalo memang karena masalah AFM, dimana yang bisa merekondisi carbon film nya, terima kasih…website ini sangat membantu sekali isi bahasannya, terutama buat saya yang ‘new comer’

Reply
Yudi

Bang Saft anda memang Jenius, saya bangga sama website ini Top banget……..

Mobil saya Peugeot 405 SRI th 91, selama ini RPM sering ngedrop pada saat deselerasi apakah pengaruh ausnya AFM atau TPS sensornya ?

Reply
risaf

BMW saya AFMnya sudah tergores tp bisa saya akalin yaitu saya sudah berhasil membuat cairan
karbon film jadi saya tinggal oleskan saja sesuai jalur AFMnya dan mobil saya normal lagi tuh
dan cairannya murah cuma 12000 rupiah daripada saya harus ganti baru AFMnya 5200000 mahhhal kan

Reply
Iskandar

Pak Risaf,
Dimana bisa saya beli Cairan karbon Filmnya? dan Bisa tolong sharing gimana cara-cara untuk mempebaikinya, apa hanya di oleskan sesuai jalur karbonnya saja? sampai sekatang apa masih normal & tidak ada gangguan lagi?

terima kasih.

Reply
arya

Mas…dimana bengkel yang bisa rekondisi airflow seperti ini ? kalau bisa dekat-dekat Jakarta Pusat.tks

Reply
dandung

Mas… mohon bantuannya, saya punya Honda Prestage Th 89, ke tiga thermo valve tidak berfungsi semua dan saya meragukan jalur selang vacumnya ada yang salah. apabila mempunyai diagram selang yg menghubungkan ke tiga thermo valve ke arah manipol dan karburatorkami mohon untuk dikirimi atau mohon informasi bagaimana caranya mendapatkan diagram tsb.
Apakah dg tidak berfungsinya themo valve tsb bisa menyebabkan bahanbakar boros?
Atas bantuan dan sarannya kami ucapkan terimakasih.

trims
Dandung.

Reply
Hino

Pak Saft, maaf nih, mobilku khan Mazda Familia 97, kayanya udah boros gitu, apakah itu ada pengaruh dari AFM nya? Kalau benar, bengkel mana yang jago merekondisi AFM ini ya?
Terimakasih banyak atas masukkannya.

Reply
mugent

nama cairannya carbon potensio tersedia di toko2 elektronik yang komplit, kalau yang lokal Rp. 5.000, tapi kalau yang import rp. 15.000,- sy sdh coba ok juga thanks pak risaf dan saft7.com

Reply
joeni

pak mobil mazda familia 1800cc thn 2000 bila hidup AC ngedrop /turn sebentar terus naik tidak stabil dan RPM disetel 1100 boleh saya diberi informasi gangguan mesin ini , kalau perlu diperbaiki spare part apa yang perlu diganti dan bengkel yang bisa pasang +stel (tuning mesin ) menjadi normal .
terima kasih bantuannya pak

Reply
Orips

Pak Saft , mau nanya nih , kemarin mobil saya Carens I th.2000 saya bawa ke bengkel KIA Mobil dengan keluhan mesin tidak stabil , mesin ngdrop kalo ac dihidupkan , oleh tehnisi bengkel divonis bahwa Meter air flow nya sudah tidak bisa berfungsi dan harus diganti , yang saya tanyakan apakah sparepart tersebut bisa di rekondisi ? berhubung harganya cukup mahal. Tolong ya pak dijawab , terima kasih.

Reply
mugent

mas orip, kalau soal air flow biasanya hanya carbon filmnya saja yang bermasalah coba cek dulu bagian carbon filmnya bisa dibuka atau tdk kalau bisa tinggal oles saja lagi bagian tersebut dengan liquid carbon (carbon potensio) tunggu sebentar sampai kering setelah itu coba lagi deh…….selamat mencoba

Reply
Orips

Thanks banget responnya , saya akan coba mudah2an bisa.

Reply
RizaL@Surabaya

beberapa hari ini saya eksperimen, dengan pena carbon…
hanya bertahan beberapa hari, lalu ngaco lagi di e36/m43 saya punya….

lalu coba dengan tips dari temen…
ambil pensil 2B, lalu kerik carbonnya dengan cutter, lalutaruh wadah, semprot dengan cat semprot sedikit dan aduk.
lalu lukis ulang bagian yg tergores…
keringkan…
ulangi lagi hingga bener2 tertutup…
lalu ratakan dengan mengamplas (kertas gosok air nomor 1500)…sampe halus/rata…

nah, ini dah hari ke – 2…
masih lancar…
saya akan trial sampe 3 – 4 hari…
klo gagal, bahan carbon mo coba dengan inti carbon pada battere AAA lalu dikerik…

mungkin ada rekan lain juga sudah ber eksperiment?

.

Reply
hervien

pak risaf, saya sudah mencoba cari cairan karbon di toko elektronik dan di glodok kok tidak ada ya, bahkan mereka terheran heran dengan apa yang saya sebutkan tadi, bisa di rekomendasikan dimana beli cairan karbon yang dimaksud? tempat atau nama tokonya sekalian no telponnya terimaksih sekali pak

Reply
zulfikar

Pak Saftari, sama seperti pak hervien. minta alamat toko yang jualnya pak. Mobil saya carbon filmnya sudah tipis jadi sering mati kalo pake ac.

Reply
arief

Pak Saftari, sama seperti pak hervien. minta alamat toko yang jualnya pak. Mobil saya carbon filmnya sudah tipis jadi sering mati kalo pake ac.

Reply
Jovly

bpk2 skalian,, coba aja dulu wiper yg ada di airflow ditekuk dpindahin ke jalur yg lainnya. saya udh eksperimen hasilnya udh tahan lama ampe skrg. trs jgn lupa dbersihin komponennya.
slamat mencoba!!

Reply
mugent

Salam, sekedar informasi apabila ada masalah dengan air flow BMW M40 dan M20, saya terima service air flow silahkan telp. atau sms ke 0812-1388012 untuk janjian terlebih dahulu……..thanks mugent

Reply
mugent

salam< sekedar informasi apabila ada masalah dengan air flow BMW M40 dan M20< saya terima service air flow silahkan telp. atau sms ke 0816-1388012untuk janjian terlebih dahulu………thanks mugent(maaf no. hp yang kemarin salah ketik harusnya 0816)

Reply
tommy wahyu hidayat

bapak-bapak sekalian, tolong diinfo dong bagaimana cara memberikan cairan carbon potensio tersebut apakah perlu dibuka semua parts yang ada di airflownya. trus dimana belinya ? terimakasih.

Reply
ary

Pak, mau nanya klo servis AFM volvo bisa ga? Kira2 harga brp? Tmpnya daerah mana nih? Minta alamat lengkap dong. Tks

Reply
yudi

pak saya mau tanya!apa nama umumnya cairan carbon tersebut sebab saya sudah mencrinya tidak ada,dan yang ada itu carbon aktiv itu pun dalam bebtuk serbuk dan tidak bisa menempel. terus apakah cairan tersebut bisa langsung menempel ke dicarbon PCB air flow tersebut tanpa harus memberi lem,soalnya bila memakai lem,lem tersebut berubah menjadi isolator! tolong pak informasinya terima kasih, saya tunggu balasannya

Reply
pandu

Bagi pengalaman aja Om. Kalo saya sudah praktek di Peugeot 505 GTi dan berhasil baik. Caranya : kendorkan 4 baut PCB, lalu geser PCB ke arah poros (atau sebaliknya)- di AFM saya masih ada space di lobang baut, masih bisa digeser posisi PCB-nya. Lebih mudah dan cepat daripada menekuk contact wiper. Semoga bermanfaat.

Reply
dayat

mugent kasi alat jelas dong. saya mau rekondisi AFM M40 neh. kalo bs asay pesen carbon potensio lewat Paaket ntar saya transfer

Reply
fikry

boss.. ? beli carbon potensio dimana bos? mohon pencerahannya

Reply
Jofault

saya masih ada stok carbonpotensio tuh, tapi blom diparaktekin.. kynya mw coba geser posisi poros wiper dlu aja… anyway setau saya, carbon potensio tidak bisa menempel dgn baik, bukanya malah gampang terkikis ..? mohon pencerahan….

Reply
galih

minta bantuannya bos.. saya lagi nyari air flow mass Hitachi, merk dagangnya AFH45-34, moga ja da yg bs kasih rekomendasi.. thanks

Reply
dark_phoenix

om saft, saya mau tanya kalau untuk mazda familia sepertinya bentuknya beda.
itu rekondisinya gmana y?

Reply
zainudin

505 saya sudah diganti karbu, skr airflownya masih sangat bagus.. numpang serius hub 08115204634

Reply
nawin

Sy punya 520i manual thn 93 divonis air flow nya rsk shg mbl gak bs di stater..mhn info dmn bs diservice…tx..

Reply
Jibar

Pak Saft, mau nanya nih, sdh hampir 1 bulan ini mobil saya Cressida 1986/ matic/ GLX, kalo saya lg bawa mesin mobilnya tidak stabil, mesin kadang-kadang ngdrop/ mati, apalagi kalo AC dihidupkan. Awalnya diagnosa ke pompa bensin (lemah), sehingga akhirnya diganti dengan yang baru. Selang bensin juga sdh diganti dengan yg baru, karena msh nge-drop, kemudian meter air flownya (kira-kira bentuknya seperti gambar diatas, yang Bapak sajikan) oleh tehnisi bengkel juga dicoba diperbaiki. Yang saya tanyakan apakah sparepart tersebut bisa direkondisi ? Kalo nyari yang cabutan/ yang baru untuk cressida, kira-kira dimana ya, Pak? Berapa kira-kira harga meter airflow tsb?? ataukah ada jalan lain yang bisa ditempuh untuk kembali menyehatkan mobil saya??? terima kasih.

Reply
harry

om lam kenal…saya mo service airflow bmw 318 m40 e36 th 92…mobil gw disko om…kira2 kena biaya brapa ya om….sms ke saya ya om 081322320039..makasi om

Reply
DICKY FERDOSALINO

salam kenal sebelumnya…
Nama saya Dicky dan memiliki masalah dengan airflow BMW M40, apa anda bisa membantu saya untuk menservicenya atau refrensi lain. Jika tidak berkeberatan, mohon hubungi saya by sms di no 08158830652

Reply
mugent

bagi rekan-rekan yang mempunyai masalah dengan air flow meter (bukan mass air flow/air mas) khususnya bmw m20,m40,m43 dll, insyaalah sy bisa menservicenya silahkan hub. atau sms di 0816-1388012……

Reply
    tons

    om mugent posisi dimana ? di JKT kah

    Reply
mbah kung

Oom saft,ikut copy buat di bmwcci yah?
trims
salam mbah kung

Reply
roni wijaya

pak..mohon pencerahan kalau merekondisi carbon film nya itu gimana caranya ya pak?…terima kasih

Reply
dian

Ini gejala sm dng mobil mazda familia pnya sy,tp gambar td airflow di familia berbeda. Tolong minta bantuan nya untk memberikan info untk yg mazda familia,cara memperbaikinya gmn? Sedangkan tutup atas dari airflow nya paten

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>