Menu

Setiap parkir di sini.. Remote Tidak berfungsi?

08/06/2009 - Articles, Mobil
Setiap parkir di sini.. Remote Tidak berfungsi?

Beberapa teman mengalami kejadian serupa, saat setiap parkir di tempat tertentu, remote mobilnya tidak berfungsi. Namun saat berpindah dari tempat tersebut, remote kembali normal. Mengapa demikian?

Remote kunci pintu atau alarm mobil ada yang bekerja dengan infra-red, bluetooth dan frekuensi radio. Paling umum adalah bekerja dengan frekuensi radio. Untuk meningkatkan keamanan, remote masa kini selalu dilengkapi dengan fitur Anti-Scan, yaitu frekuensi kerja yang berubah-ubah berdasarkan algoritma tertentu sehingga sulit untuk dilacak. Selain itu transmisi data juga dilindungi dengan Anti-Code Grabber atau Rolling-Code, yaitu setiap transmisi data, selalu disertai dengan algoritma kode/sandi yang berganti-ganti.

Remote yang sering mengalami kejadian diatas (tidak berfungsi di lokasi tertentu) adalah remote yang menggunakan frekuensi radio sebagai media transmisi. Umumnya remote masa kini yang beredar bekerja di frekuensi 210Mhz – 440Mhz. Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa dengan fitur Anti-Scan, maka frekuensi kerja remote akan berpindah-pindah berdasarkan pola algoritma tertentu, namun tetap dalam lingkup 210Mhz-440Mhz.

[ www.saft7.com – automotive tips and sharing ]

Frekuensi Harmonik

Dalam dunia telekomunikasi dengan transmisi radio, mengenal yang dinamakan Harmonic Frequency Interference. Yaitu gangguan interferensi dari suatu pancaran transmisi lain yang frekuensinya sama maupun harmoniknya. (kelipatannya).
Ringkasnya adalah, jika suatu pemancar bekerja di frekuensi 100Mhz, maka dia akan mengeluarkan transmisi harmonik pada frekuensi 200Mhz, 300Mhz, 400Mhz, dst. Jika sinyal pemancar tersebut cukup kuat, maka akan mengganggu frekuensi yang sama atau pada harmoniknya. Frekuensi 200Mhz, 300Mhz, 400Mhz, dst akan terganggu oleh pemancar 100Mhz tadi.

Frekuensi Remote

Saya coba untuk mengumpulkan berbagai remote mobil, kemudian dengan menggunakan Frequency Counter, dicatat pada frekuensi berapa remote tersebut bekerja… hasilnya sebagai berikut..

[ www.saft7.com – automotive tips and sharing ]

[ www.saft7.com – automotive tips and sharing ]

Dari kegiatan di atas, didapat tabel sebagai berikut

tabel di atas memperlihatkan bahwa terjadi interferensi / gangguan frekuensi harmonik yang berasal dari stasiun pemancar radio FM. Dimana lingkup frekuensi radio FM adalah 88Mhz – 108Mhz.
Terlihat bahwa remote yang bekerja di frekuensi 301.567Mhz akan terganggu oleh harmonik ke-3 dari Pemancar Radio FM yang bekerja di frekuensi 100.523Mhz,
Remote yang bekerja di frekuensi 321.753Mhz akan terganggu oleh harmonik ke-3 dari pemancar Radio FM yang bekerja di frekuensi 107.251Mhz, dan seterusnya.

KESIMPULAN:

1. Remote mobil dapat terganggu oleh transmisi pemancar radio FM yang berada di dekatnya.
2. Apabila terjadi pada kendaraan Anda, gunakan kunci manual untuk membuka pintu mobil.
3. Apabila sistem alarm ter-integrasi dengan sistem mesin sehingga mesin tidak dapat dinyalakan, kemungkinan mobil perlu dipindahkan menjauh dari pemancar radio tersebut, hingga remote dapat kembali bekerja dan mesin mobil dapat dinyalakan.

Demikian sharing ini dibuat, semoga bermanfaat sebagai referensi.

[ www.saft7.com – automotive tips and sharing ]

Referensi:
Tabel Frekuensi Televisi
Data Frekuensi Televisi di Indonesia
Data Frekuensi Radio di Jakarta
Data Frekuensi Radio di Indonesia

54 thoughts on “Setiap parkir di sini.. Remote Tidak berfungsi?

ssaptono

Hebat…hebat…ulasannya. Kang Saft ada issu katanya kalau remote mobil kita ketinggalan di rumah, bisa memfungsikannya dengan jalur sinyal Handphone..apa bener bisa bekerja?

Reply
saft

ssaptono says:
Hebat…hebat…ulasannya. Kang Saft ada issu katanya kalau remote mobil kita ketinggalan di rumah, bisa memfungsikannya dengan jalur sinyal Handphone..apa bener bisa bekerja?

Jawab:
Thanks oom… issue itu ga benar om.. alias HOAX.

Reply
blackaerio

bagus yah frequensi counternya…?
dapat dimana om saft fc nya?
thanks

Reply
meizon

tapi bukan gara2 remote, OM Saft nggak kedengeran lagi di Rakom kaannnn????
thanks untuk sharingnya.

Reply
iwan

mantep info nya om
lengkap
btw beli dimana freq counternya ?

Reply
pikofias

Pak, kalo kita harus secara manual buka pintu mobil, kan artinya me-non aktifkan sistem alaram, lalu bagaimana mengaktivasikan lagi?

Salam

Reply
Rio

oo..gue kira ada allien di sekitar situ, Sap.. 😀

Reply
saft

pikofias says:
Pak, kalo kita harus secara manual buka pintu mobil, kan artinya me-non aktifkan sistem alaram, lalu bagaimana mengaktivasikan lagi?

Jawab:
Pak Piko, kemungkinan alarm akan menyala tuh pak, (menyalak), karena pintu dibuka secara manual, sementara sistem alarm masih aktif. Umumnya alarm ada tombol RESET nya.

Reply
saft

UPDATE:
Frequency Counter, dulu belinya di Glodok Harco.. lupa euy toko apa.. selamat Hunting.. sekitar 350ribuan.

Reply
Oom Uban

Hmmm … akhirnya terjawab juga masalah saya … kalo lagi parkir di KPP PMB (Sudirman), sering alarm nggak berfungsi.

Reply
Andremagis

tenkiu infonya …
Punya sy malah aneh, dilokasi ttt di rumah yg dulu, kalo pas weekend (soale kalo hari kerja parkir di basement kantor).. parkir dihalaman rumah jam 9-10an .. hampir selalu alarm bunyi & harus di off untuk kemudian di ON lagi (buat ngunci). Meski kadang2 sesekali bunyi lagi.

Anehnya kalo parkir di tempat lain tidak terjadi hal begitu. Tadinya sempet kepikiran karena outdoor kena panas. Tapi di tempat lain, jam yg sama kena panas juga aman2 ajah.

Di tempat yg baru, sempet 1x kejadian, parkir dihalaman pas wiken di jam 9-10an juga

Reply
Foeng Tjay

ikutan bagi pengalaman neh Kang Saf.
hal ini juga saya alami ketika install remote pintu pagar di daerah dago bandung.
remote terhadap receiver cuma bisa connect sekitar 1 meter.
3 macam remote & receiver dicoba tetep gak hasil.
mabok dan nyerah. gak bisa ikutan saran Kang Saf untuk mindahin posisi rumahnya, tidah seperti mobil.
hehe……..