Tips Melepas Kabel Accu

Hampir disemua buku manual perbaikan dan perawatan kendaraan mengharuskan kita mengikuti aturan melepas dan memasang kabel accu yang benar.
Aturan yang benar adalah, Selalu mendahulukan melepas kabel negatif, dan memasang kabel negatif paling akhir.

Mengapa demikian?

Kabel negatif accu selalu dihubungkan ke chasis atau body dan juga komponen-komponen mesin, termasuk besi pengikat accu itu sendiri.

Apabila kabel negatif dilepas dari accu, maka chasis/body dan komponen mesin tersebut tidak lagi terhubung ke negatif accu.

Pada saat melepas kabel positif dengan menggunakan kunci ring/pas untuk membuka terminal jepitnya, kunci ring/pas tersebut tentunya akan bermuatan positif. Terkadang tanpa disengaja pada saat membuka baut terminal accu, kunci ring/pas tersebut menyentuh besi pengikat atau komponen mesin lainnya.

Apabila kabel negatif accu sudah dicabut sebelumnya, hal ini tidak bermasalah.
Namun apabila kabel negatif masih terpasang, maka akan terjadi percikan api yang bisa membahayakan.

jadi selalu diingat ya…

Catatan:
Ada beberapa mobil yang tidak bisa sembarangan melepas kabel accu. Bahkan ada yang harus dengan ritual prosedur khusus.  Jadi ini tips untuk mobil/motor pada umumnya.

Share This Post On

14 Comments

  1. Apakah tdk ada resiko u mbil yg ecu nya d lengkapi imobiliser u bongkar pasang terminal aki? Idealnya perlu wktu brpa detik stlh mlepas terminal aki trus blh d pasang? Trksh.

    Post a Reply
    • Ada beberapa mobil yang tidak bisa sembarangan melepas kabel accu. Bahkan ada yang harus dengan ritual prosedur khusus.
      Jadi ini tips untuk mobil/motor pada umumnya.

      Post a Reply
  2. Kalo saya mobil nya jarang dipake, jadi setiap ditinggalkan selalu cabut kabel yg positifnya, dan jika mau dipakai dipasang lagi kabel yg positifnya.
    Apakah ini tidak apa2 atau justru salah ???
    Mohon pencerahannya.

    Post a Reply
  3. Kang Saft,

    Ajarin juga dong cara jumper aki yang benar

    Post a Reply
  4. Kenapa harus begitu, dan apa akibatnya jika terbalik?

    Post a Reply
  5. lah…baru bilang sekarang :) alrm ku dah koit hehehe thank juragan.

    Post a Reply
  6. hati2 melepas accu, sebagian merk mobil pakai cpu bakal reset.alarm bisa mati dan tdk berfungsi accu dipasang kembali.

    Post a Reply
  7. nice article..!

    Post a Reply
  8. temen kerja saya pernah mengalami hal ini sehingga menyebabkan luka bakar ditangan yang lumayan parah…tips ini sangat bermanfaat buat kita lho….

    Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + two =