.

 

Tips Memasang Kipas Pendingin

pasangkipas-00

Perangkat elektronik yang mengeluarkan panas berlebihan perlu dibantu Cooling Fan atau kipas pendingin untuk mempercepat proses pelepasan panas sehingga tidak cepat rusak atau overheating.
CPU komputer umumnya sudah dilengkapi kipas pendingin di dalam unit Power Supply dan pada Processor-nya.

Untuk penggemar pesawat radio komunikasi juga banyak yang memasang kipas pendingin di atas perangkatnya.
Namun ternyata cara pemasangan kipas pendingin memerlukan trik khusus agar dapat membantu proses pendinginan secara efektif.

Pada gambar di atas, terlihat penempatan kipas pendingin yang efektif adalah ketika angin berhembus ke arah luar. Dengan kata lain, kipas berfungsi menghisap panas untuk membuangnya keluar, sementara udara luar yang lebih dingin akan mengisi kekosongan ruang akibat hisapan tadi. Perangkat akan lebih cepat dingin.

Cara pemasangan kipas dengan arah meniup perangkat menghasilkan pendinginan yang kurang efektif ketimbang cara sebaliknya di atas.

Akan lebih baik jika diantara perangkat dengan kipas diberi jalur udara sehingga aliran udara akan berjalan dengan sempurna dan merata mendinginkan seluruh kisi-kisi/sirip pendingin perangkat.

Coba kita tengok kipas pendingin pada CPU komputer kita,.. pada kipas pendingin yang ada di PowerSupply unit, rasakan udaranya…. terasa meniup keluar, bukan menghisap ke dalam CPU.
Udara terhisap ke dalam CPU melalui lubang-lubang/kisi-kisi di depan atau samping CPU kemudian melalui unit Power Supply dan udara panas dibuang keluar (ke belakang).

Bahkan, pada CPU komputer bermerek (branded PC), ada yang menempelkan stiker peringatan yang mengatakan untuk tidak menyalakan CPU dalam keadaan casing CPU terbuka. Hal ini rupanya akan mengacaukan Air Flow yang sudah dirancang jalurnya di dalam casing CPU tersebut.

Perhatikan arah AIR FLOW pada body kipas pendingin. Umumnya tanda Air Flow ada pada body samping.

Nah, kalau pendinginan diterapkan dengan baik, perangkat akan siap dipakai walau untuk waktu yang panjang.

23 Responses to Tips Memasang Kipas Pendingin

  1. Eko Khrismasrianto says:

    Ada kemungkinan dari ALTERNATOR yang kurang bersih atau colbrush nya habis, atau kalau alternator masih pakai type lama cut out, ganti aja dengan yang sudah pakai IC, cara pasang wis bener itu. semoga bisa jadi alternatif ini

  2. ilham ajah says:

    apa resikonya klo Qt memasang kipas pendinginnya terbalik pd komputer Qt y?mav gan,ane agak kuper mslh kmptr!

  3. rizalica says:

    gua pake rakom Tm.271A…kagak bisa dengar suara orang dari frek:140.000-149.000 alias budeg itu pesawat..mungkin ada yg bsa ksh solusinya..thanks kwan.

  4. dipta says:

    tau’ ngak gimana cara pasang kipas elektrik ke radiator motor, dgn sensor termostad…???..
    ada yg bilang harus cangkok pke pompa elektrik untuk sirkulasi cooland radiator mobil… coz sensor suhu-nya ikut di pompa…gimana..?????
    kalo pke kipas dari Pc gimana, nyambung nya apakah langsung ke aki…???

  5. Bambang says:

    saya pasang rakom di mobil namun saat mesin bunyi, speker ada noise nya sehingga suara kurang clear. Mungkin apakah saya salah pasang atau memang ada rangkaian khusus. Power langsung saya ambil dari accu.rakom TM241

    thx

  6. jordan says:

    can someone explain it to me in english?

  7. muntaber says:

    break… break ….ikutan donk,…kipas yang digambar mah suaranya ribut banget, pas gue coba yang terjadi suara kipas masuk ke mic ..grotok.. .grotok…. gitu loh suaranya,….. ada kipas yang lebih lembut gak…. yang swing …..swing…. gitu loh suaranya….

  8. Awan says:

    wah..aku baru gabung nih disitus ini….aku slalu bawa alinco dj 196 kalo lagi riding pake motor…baru tau 494 untuk kalangan otomotif mania…boleh gabung gak nih…

  9. Blue Jenk-Q says:

    Yg pasti sterefoam itu utk dudukan sekaligus memeberi spare aja…agar hawa panas saat menguat klimaks disedot keluar oleh VAN…btw vannya DC kan ya!…and kl mo gabung dimilist…tinggal send email kosong aja ke 144….-subcribes@yahoogroups.com..nah setelah itu tergantung admin moderator milistnya di approve join atau tdk…

  10. PATKO1001 says:

    Permisi para senior, kalau saya mau gabung di 494, apa harus daftar agar dapat callsign untuk di 494 ? apa langsung gabung ? thanx!

  11. Cakra 494 says:

    jadi itu pasangnya harus pake tambahan stereoform ya, om?
    Apa kipas kagak boleh langsung menempel di perangkat?
    Trus power kipas dapet dari mana, ikut perangkat (dicolok disambungan power yg ada di perangkat) apa dicolok langsung ke power supply nih? Mana yang lebih bagus dari keduanya tsb?

    Yach maklum nih……kite bertanya supaya bisa 86, kalo ada info dan kembang-kembang lebih lanjut ya supaya di 87……TKA…..

    Sutenbai lagi aah….kabuuur….
    ROOGER (rondo seger kata om rommy…)
    =CAKRA=

  12. braey says:

    permisi mau gabung hahaha wah alinco keren juga tuh apalagi kalau TR 9130 kenwood wah tambah mantab tuh tampilannya lebih gagah hahahaha ya yg pasti salam kenal lah buat teman2 breaker kapan-kapan mau gabung ah di freqwensi 14.494.00 mhz boleh kan ya kalau bisa sekalian jadi member milis hahaha ok tnx salam radio..

    tnx 73 cerio

  13. TheOwner says:

    sugeng Says:
    kalau boleh tahu kira2 berapa harga pasaran rakom. Bos saft, gw dulu pernah dapat berita bahwa kalau memasang rakom di mobil bisa berpengaruh terhadap perangkat elektronik yang ada di mobil. cemana bos ?

    Jawab:
    ada perangkat murah meriah dan muanteb.. ALINCO DR135MKII, harga sekitar 1.2-1.3jutaan, tinggal nambah antena 100-300ribuan+bracketnya 50ribuan. Ga ngaruh kok ke alat elektronik lainnya… kalo bisa buat kabel direct ke accu + sikring,.. biar powernya muanteb. Jangan lupa antena di Tune biar efisien dan efektif. Abis itu, cari info buat gabung RAPI atau ORARI biar Cakap Berkomunikasi.

  14. sugeng says:

    kalau boleh tahu kira2 berapa harga pasaran rakom. Bos saft, gw dulu pernah dapat berita bahwa kalau memasang rakom di mobil bisa berpengaruh terhadap perangkat elektronik yang ada di mobil. cemana bos ?

  15. jack008id says:

    kalo mo punya rakom, “idealnya” kudu punya ijin dari rapi or orari.
    kalo ndak mau juga ndak apa apa asal bisa bisa aja “gerilya”.

    # edc Says:
    21 January, 2006 at 12:10 pm

    Wah oom Mod, bagus juga ya kalo pake radio komunikasi di mobil. BTW, harus tergabung dalam organisasi amatir radio dulu ga spt ORARI. Atau boleh punya aja dan manteng di freq itu untuk melakukan komunikasi.

    Thx.

    Salam,
    Edc

  16. edc says:

    Wah oom Mod, bagus juga ya kalo pake radio komunikasi di mobil. BTW, harus tergabung dalam organisasi amatir radio dulu ga spt ORARI. Atau boleh punya aja dan manteng di freq itu untuk melakukan komunikasi.

    Thx.

    Salam,
    Edc

  17. doraemon 494 says:

    Senang sekali foto alinco + yaesu 7800 bisa terpampang di sini.. thanks ya oom…

    Tapi kan sirip nya alinco seperti fin nya radiator yang harus disemprot udara dingin… makanya aku masih pakai cara tiup udara ke sirip pendingin… bukan kebalikannya…..

    Gimana ya oommm…

    Nanti saya sampai rumah mau cek lagi kipas standarnya yaesu 7800.. waktu beroperasi dia niup atau isap…

    Salam 494
    /dora/

  18. jack008id says:

    kalo di gerobak, bisa aja pake kipas DC yg lebih kecil. Pake fisher buat tembok, di selipin di kisi kisi heat sink. Kalo buat tx, jangan pake full power biar tuh rig ndak cepet panas. Kalo mo keren lage sih pake potensio supaya speed dari si fan bisa di setel.

    peace
    salam fan

    # Alinco Says:
    20 January, 2006 at 8:46 am

    Wah kalo buat di gerobak utk yg pake busa putih tsb, repot juga Om Saft masang-nya nih… soal-nya tempat-nya terbatas dan berdiri posisi-nya
    Tapi kalo dirumah boljug juga di-implement gitu …
    Mudah-mudahan perangkat-nya jadi AWET gitu yah
    Tks,

    SalamGuanteee

  19. Alinco says:

    Wah kalo buat di gerobak utk yg pake busa putih tsb, repot juga Om Saft masang-nya nih… soal-nya tempat-nya terbatas dan berdiri posisi-nya
    Tapi kalo dirumah boljug juga di-implement gitu …
    Mudah-mudahan perangkat-nya jadi AWET gitu yah
    Tks,

    SalamGuanteee

  20. TheOwner says:

    Oom Rommy,..
    Ga dua kok.. total ada 4 rig tuh.. tapi itu perangkatnya oom DoraEmon tuh yang aku foto… gitu roger… guanteeeey..

  21. ROMMY 494 says:

    Om Saft
    Tu perangkat bisa sampe dua!! Tapi yg di mobil kok malah pakai Hadiah Tante (TNT)..??
    Pindahin dong perangkat…, biar moncrotannya bisa jauuuh.., dan yg menerima juga nggak “kesusahan”.
    Kok jarang check ini report LaLin nih?
    RooGer
    (rondo seger)
    ROMMY 494

  22. TheOwner says:

    144.940Mhz yang tertera pada foto-foto di atas, … kita-kita dari berbagai klub otomotif banyak ngumpul disitu loh.

    Tiap pagi dan sore pastinya ramai buat saling tukar informasi lalu lintas dan menghilangkan jenuh. Juga untuk saling tolong-menolong jika ada keadaan darurat di jalan.

    Yang tertarik, bisa gabung di milis 144940@yahoogroups.com aja.. biar nambah teman tentunya!

    Gitttuuuu roger…. guanteeeiiii.

  23. deejay alit says:

    Kalo mo masang kipas pendingin tambahan di PS2 gimana caranya? katanya PS2 gue kepanasan.. dimainin 3-4 jam pasti hang.. abis itu ga mau startup lagi.. nunggu beberapa jam baru bisa lagi… hikz..

Leave a Reply





Switch to our mobile site

Tips Otomotif saft7.com